Kumpulan Cerita Rakyat Dunia dari Rumah Dongeng

1289 views

Banyak sekali koleksi cerita rakyat dunia yang ada di rumah dongeng. Dua diantaranya adalah dongeng anak yang akan kakak ceritakan malam hari ini. Dua dongeng terbaik yang akan diposting malam hari ini berasal dari  Spanyol dan India yang memang sangat terkenal memiliki cerita rakyat yang menarik. Yuk kita baca bersama-sama.

Koleksi Rumah Dongeng Spanyol : Kebaikan Kupu-Kupu

Semut bernyanyi riang. Ia yakin pada hari yang cerah ini pasti akan mendapatkan banyak makanan. Saat sedang berjalan, semut melewati kepompong.

"Duh, sungguh malang nasibmu, kepompong. Kau tak bisa ke mana-mana. Hanya diam di wadahmu. Coba kau lihat aku, aku bisa pergi ke mana pun aku mau," ejek semut, sombong.

Mendengar hal itu, kepompong hanya diam. Ia tak membalas perkataan semut. Sementara itu, semut pun melanjutkan perjalanannya mencari makanan. Begitu yang terjadi setiap harinya.

Beberapa hari berlalu, semut kembali melewati kepompong. Tetapi, tak ditemukan kepompong di tempat biasa.

"Kemana perginya si kepompong?" batin semut, heran. Ia ingin kembali meledek kepompong. Tetapi rupanya kepompong sudah tak ada.

Semalam habis turun hujan sehingga jalanan jadi berlumpur. Semut tak menyadari itu. Ia melewati jalan berlumpur tersebut. Semut terjebak di lumpur itu! Ia tak bisa bergerak. Bahkan lumpur itu seakan mau menelannya.

"Tolong... tolong aku." teriak semut.

Seekor kupu-kupu mendengar teriakan semut. Ia langsung menghampiri semut dan menolong si semut. Semut pun akhirnya selamat.

"Terima kasih... kau baik sekali telah menolongku. Tetapi siapa kau, sepertinya baru kali ini aku melihatmu," kata semut.

Koleksi Rumah Dongeng Spanyol

Koleksi Rumah Dongeng Spanyol

"Aku adalah kepompong yang selama ini kau ejek. Sekarang aku telah berubah menjadi kupu-kupu. Aku bisa pergi kemana pun aku mau. Bahkan aku memiliki sayap dan bisa menolongmu," ucap kupu-kupu.

Sungguh, semut merasa malu dan bersalah. Rupanya kepompong yang selama ini ia ejek memiliki hati yang baik. Semut segera meminta maaf kepada kupu-kupu. Ia berjanji tidak akan mengulangi perbuatan buruknya lagi kepada siapa pun. Sejak saat itu, semut dan kupu-kupu menjadi teman baik.

Pesan moral dari Koleksi Rumah Dongeng Spanyol : Kebaikan Kupu-Kupu adalah jangan balas keburukan dengan keburukan. Balaslah keburukan dengan kebaikan. Maka, kau akan memperoleh sesuatu yang lebih indah.

Cerita Dongeng Anak dari India : Raja Yang Bertobat

Dahulu kala, India dipimpin oleh seorang raja yang kejam. Raja itu selalu memeras rakyatnya. Rakyat selalu dibebani pajak yang sangat mahal sehingga kehidupan rakyat menjadi sangat sulit. Raja juga tak segan-segan memberikan hukuman kepada setiap rakyat yang berbuat salah. Hal itu membuat raja sangat dibenci oleh rakyatnya.

Hingga suatu hari, saat raja sedang berkeliling memeriksa keadaan rakyatnya, raja melihat seorang pemuda yang sedang memukul seekor kucing. Kucing itu terus mengeong, tetapi pemuda itu tak juga berhenti memukulnya. Hingga kaki kucing itu berdarah dan patah. Akibatnya, kucing itu jadi tak bisa berjalan.

Setelah menyiksa seekor kucing, pemuda itu langsung menaiki kudanya. Tetapi, entah apa yang terjadi. Kuda yang dinaiki oleh pemuda itu terlihat sangat liar dan marah sehingga pemuda itu tak bisa mengendalikan kudanya. Ia terpelanting, jatuh, hingga kakinya patah.

Melihat kejadian itu, raja sadar bahwa selama ini ia telah menindas rakyatnya. Kemudian ia langsung mengganti semua peraturan yang ada di kerajaan. Kini, pajak tidak lagi mahal. Rakyat membayar pajak dengan sangat murah. Kepada rakyat yang miskin, raja memberikan santunan. Hal itu membuat rakyat menjadi makmur dan sejahtera.

Kini, semua rakyatnya berubah mencintai raja. Tetapi, mereka juga bertanya-tanya, kenapa tiba-tiba perilaku raja berubah. Raja yang sebelumnya begitu kejam dan zalim, kini berubah menjadi arif dan bijaksana.

"Maafkan hamba, raja. Hamba hanya ingin tahu. Apa gerangan yang membuat raja berubah menjadi begitu baik?" tanya salah satu rakyat, memberanikan diri bertanya kepada raja saat raja sedang mengunjungi sebuah perkampungan miskin.

Raja pun menceritakan kisahnya. Tentang seorang pemuda yang ia lihat dulu. Tentang kucing yang disiksa oleh si pemuda, serta tentang kuda yang marah akibat perlakuan si pemuda.

Cerita Dongeng Anak dari India

Cerita Dongeng Anak dari India

"Sejak saat itu, aku menyadari bahwa jika kita berbuat buruk, maka kita pun akan mendapatkannya balasannya, yakni berupa keburukan pula," ucap raja.

Kini raja hidup bahagia dengan rakyat yang mencintainya. Ia takkan bertindak kejam lagi. Kerajaan pun akhirnya semakin makmur dan sejahtera.

Pesan moral dari Cerita Rumah Dongeng dari India : Raja Yang Bertobat adalah kebaikan akan selalu berbuah kebaikan, dan begitu pula sebaliknya. Karena itu, berbuat baiklah agar kamu mendapatkan kebaikan juga.

Temukan juga Cerita Rakyat Dunia terbaik lainnya pada artikel kami sebelumnya yaitu Contoh Judul Cerita Legenda – Dongeng Mesir dan Yunani dan Ringkasan Dongeng Cerita Rakyat Yunani dan Cina

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.