Contoh Drama Cerita Rakyat Australia dan Timur Tengah

Dongeng anak yang kakak ceritakan malam hari ini bisa dijadikan contoh drama cerita rakyat yang bisa adik-adik pentaskan di sekolah. Agar menjadi sebuah drama tentu saja cerita rakyat ini harus dikembangkan menjadi beberapa adegan. Kakak yakin kalian bisa melakukannya.

Contoh Drama Cerita Rakyat Australia Buah Atas Kejujuran

Suatu hari ada seorang anak gadis yang sedang bersedih. Ia duduk sambil meneteskan air mata. Ia ingin sekali membelikan buah apel untuk ibunya yang sedang sakit. Tetapi, gadis itu tak memiliki uang sama sekali.

"Andaikan aku bisa membelikan ibu buah kesukaannya, pasti ibu akan sangat senang," isak gadis kecil itu.

Ia lalu berjalan di sepanjang jalanan kota. Saat sedang berjalan, tiba-tiba matanya tertuju pada salah satu benda. Ya! Dompet. Sepertinya dompet itu jatuh dari saku pemiliknya. Gadis kecil itu segera mengambil dompet itu. Matanya berbinar-binar.

"Aha! Aku bisa membeli buah apel untuk ibuku dengan uang yang ada di dompet ini," seru gadis kecil itu.

Tetapi kemudian ia berpikir. Ibunya pasti akan sedih jika mengetahui hal itu. Ah! harus bagaimana ia saat ini. Gadis kecil itu kembali membuka dompet itu. Selain ada uang yang banyak, di sana juga ada identitas pemilik dompet. Kebetulan sekali, alamat pemilik dompet itu tak jauh dari situ.

"Lebih baik aku mengembalikan dompet ini kepada pemiliknya," ucap si gadis kecil. Kemudian ia pun berjalan menuju rumah si pemilik dompet.

Contoh Drama Cerita Rakyat Australia

Contoh Drama Cerita Rakyat Australia

Sungguh senang si pemilik dompet begitu ia mendapati dompetnya kembali. Si pemilik dompet sangat berterima kasih kepada gadis kecil itu. Kemudian ia pun memberikan beberapa lembar uang kepada sang gadis kecil. Gadis kecil itu nyaris tak percaya. Ia bisa membeli beberapa buah apel tuk ibunya. Gadis kecil itu bergegas pergi ke toko buah. Ia membeli beberapa buah apel untuk ibunya di sana. Sang ibu sangat bangga mendengar cerita gadis kecil itu. Sang ibu bahagia karena memiliki anak yang jujur dan berbakti. Kini gadis kecil dan ibunya itu pun bisa menikmati apel tersebut dengan riang gembira.

Pesan moral dari Contoh Drama Cerita Rakyat Australia Buah Atas Kejujuran adalah kejujuran akan selalu membawa kebaikan. Yuk, kita tiru sifat gadis kecil yang jujur itu!

Contoh Drama Dongeng Timur Tengah : Kisah Tas Butut

Pada suatu pagi yang indah, tampak seorang anak muda berjalan dengan lesu. Wajahnya terlihat tak bahagia. Ia terus saja berjalan menyusuri kota. Tiba tiba, ia bertemu dengan orangtua yang bijaksana.

Orangtua itu bertanya kepada si pemuda, "Kenapa wajahmu terlihat sangat lesu, wahai pemuda?"

"Aku terlihat lesu karena aku adalah orang miskin. Aku tak memiliki harta apa pun selain tas butut yang jelek ini," jawab si pemuda.

Lelaki bijak hanya menggeleng-geleng. Rupanya pemuda itu kurang menghargai tas yang dimilikinya."Aku akan membuat tas itu menjadi berarti bagi si pemuda," batin si lelaki bijak.

"Hai pemuda, coba kau lihat ujung jalan sana. Sepertinya ada uang yang terjatuh dari saku seseorang. Apakah uang itu milikmu?" seru lelaki bijak.

Pemuda itu langsung menoleh ke seberang jalan. Ia berlari menuju tempat yang ditunjukkan oleh si lelaki bijak. Pemuda itu meninggalkan tasnya. Ah! rupanya tak ada apa pun di seberang jalan. Lelaki bijak telah membohongi pemuda itu.

Olala... tas butut milik pemuda itu dibawa lari oleh si lelaki bijak. Dengan cepat pemuda itu mengejar si lelaki bijak.

"Hey, kembalikan tasku! Tas itu sangat berharga bagiku." seru si pemuda.

Contoh Drama Dongeng Timur Tengah

Contoh Drama Dongeng Timur Tengah

Mendengar jawaban si pemuda, lelaki bijak tersenyum, lantas melempar tas butut itu ke pinggir jalan. Pemuda itu langsung menghampiri tas miliknya. Sementara si lelaki bijak bersembunyi di balik tembok.

"Syukurlah tas ini masih menjadi milikku," ucap si pemuda.

Di balik tembok, si lelaki bijak tersenyum senang. Akhirnya ia berhasil membuat pemuda itu mensyukuri apa yang dia miliki, meskipun hanya sebatas tas butut. Tetapi, walaupun butut, tas itu tetaplah berguna bagi si pemuda.

Hikmah yang bisa diambil dari Contoh Drama Cerita Rakyat Timur Tengah : Kisah Tas Butut adalah belajarlah menghargai apa yang kita miliki, sesederhana apa pun itu. Sebab, suatu saat nanti, kita pasti akan membutuhkan apa yang kita miliki itu.

Banyak dongeng yang ada di blog ini bisa dijadikan naskah drama cerita rakyat beberapa diantaranya dapat kalian lihat pada posting berikut ini contoh naskah drama cerita rakyat

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.