Koleksi Cerita Rakyat Dunia Terpopuler

906 views

Hai apa kabar? Kakak ingin member ucapan selamat menunaikan ibadab puasa bagi adik-adik yang beragama islam. Untuk adik-adik yang beragama lain, kalian harus menghormati teman-teman muslim yang besok akan berpuasa yah. Spesial untuk kalian adik-adik tersayang, kakak akan menceritakan 2 koleksi cerita rakyat dunia yang kakak miliki. Selamat mambaca.

Koleksi Cerita Rakyat Dunia : Rachel Dan Batu Sakti (Afrika Selatan)

Dahulu kala, di ujung jalan OrchardLane, berderet tiga buah pondok. Rachel Green menghuni pondok mungil yang di tengah. Pondok itu diapit dua pondok menyeramkan milik dua penyihir kakak¬beradik.

Koleksi Cerita Rakyat

Rachel benci tinggal di situ. Sebab, kedua tetangganya itu selalu bertengkar. Snatch, sang kakak, bertubuh tinggi dan kurus. Hidungnya lancip dan matanya hitam seperti manik-manik. la selalu memakai lipstik warna ungu dan sepasang anting jamrud berukuran besar. Kadang-kadang, ia juga mengenakan topi sangat besar dengan kembang-kembang liar.

Grab, si adik, gendut seperti terbuat dari tomat. la memakai rompi abu-abu dan rok hitam. Stoking tebalnya yang berwarna kelabu selalu memiliki beberapa lubang. Wajahnya bulat dan berbintik-bintik. Kemudian, rambutnya berwarna kelabu dan ikal.

Dahulu, seorang penyihir agung memberi kakak beradik ini sebuah batu sakti terbuat dari tanduk unicorn (kuda bercula satu) dan sayap naga. Batu itu bisa untuk mengobati segala jenis penyakit dan untuk mengutuk.

Kakak beradik itu masing-masing ingin memilikinya sendiri. Jika sedang bertengkar, keduanya menciptakan hujan. Sudah dua tahun hujan turun terus-menerus di tempat itu.

Namun, itu masih belum seberapa. Yang membuat ibu Rachel kesal adalah jika mereka saling melempar kilatan petir. Snatch dan Grab begitu sibuk bertengkar sehingga lupa di mana mereka meletakkan batu itu.

Suatu hari, ibu dan ayah Rachel duduk di beranda belakang. Rachel bermain-main sendiri di kebun depan. Tiba-tiba, Rachel melihat sebuah benda berkilauan bagai genangan air teronggok di samping pintu pagar.

ltulah batu sakti. Kilaunya begitu dalam dan biru bagai air danau. Ketika Rachel sedang mengamatinya, batu itu berkata, "Selama bertahun-tahun mereka bertengkar memperebutkanku. Kemudian, mereka menjatuhkanku dan bahkan tidak peduli kalau aku hilang. Sungguh konyol! Gara-gara memperebutkan aku, mereka sudah menyusahkan keluargamu," batu itu menarik napas dalam. Begitu juga Rachel.

"Mereka berdua sangat kasar. Kita harus memberi mereka pelajaran," ketus Rachel.

“aku tak bisa. Kekuatan ajaibku hampir habis. Kalau kukerahkan kekuatanku untuk melerai mereka, aku akan menjadi batu biasa. Tapi baiklah, aku tak peduli lagi jika aku menjadi batu biasa. Kedua penyihir ini sudah keterlaluan," kata batu sakti.

Batu sakti lalu berseru, "Penyihir-penyihir jahat, hentikan pertikaian kalian!" Kemudian, nampak cahaya berkilatan serta suara benturan keras. Lalu, batu itu berubah warna menjadi biru suram.

Bagaimana nasib Snatch dan Grab? Luar biasa! Terjadi perubahan besar. Grab keluar rumah dan berjalan menghampiri Snacth. "Hai, senang bertemu denganmu," sapa Grab.

Snatch menjawab hangat, "Hai, apa kabarmu?"

Rachel memanggil mereka,"Hai,aku telah temukan batu sakti kalian."

Mereka berdua berpandangan. Lalu, menjawab serempak, "Batu? Batu apa?" Rachel memperlihatkan batu sakti yang kini berwarna biru suram.

"Oh, batu itu. Simpan sajalah!" ujar merek.

Lalu, Rachel menyimpan batu yang kini tidak punya kekuatan lagi. Namun, yang penting, Grab dan Snatch tak pernah lagi bertengkar. Pondok Rachel pun tak lagi kena guyuran hujan pada musim panas.

Pesan Moral dari Koleksi Cerita Rakyat Dunia Rachel dan Batu Sakti adalah jangan bertengkar dengan saudaramu. Ikatan persaudaraan sangat penting, merekalah yang akan membantumu disaat kamu menghadapi kesusahan. Sayangilah saudaramu. Hiduplah rukun dan saling menyayangi.

Contoh Cerita Rakyat Austria : Petualangan Tikus Ladang

Pada suatu ketika pada masa lampau, hiduplah seekor tikus ladang kecil berwarna cokelat. Suatu hari, si tikus ladang sedang ke luar ladang mencari-cari makanan, la lari ke sana-kemarl mencium-ciumkan hidungnya ke segala benda yang ia lihat di ladang.

Tiba-tiba, tikus ladang melihat sebuah biji seperti biji buah ek yang bulat dan bersinar. Tikus ladang berpikir itu pasti makanan yang lezat. la ingin membawa biji itu pulang. la menyentuhnya dengan tangannya.Tapi, sialnya biji itu justru menggelinding menjauh.

Tikus ladang berlari mengejar biji yang terus menggelinding ke arah sebuah pohon ek dan masuk ke bawah akar pohon yang besar. Tikus ladang mencoba meraih biji itu, tapi biji itu telah menggelinding ke bawah tanah melalui sebuah lubang,

Tikus ladang masuk ke dalam lubang dan menemukan tangga menuju bawah tanah yang gelap. Karena penasaran dengan biji ek yang masuk ke dalam lubang itu, tikus ladang terus mengikuti tangga menuju ke bawah.

Tidak lama kemudian, tikus ladang bertemu sebuah pintu. Pintu itu terbuka karena benturan keras biji ek. Saat tikus ladang masuk untuk mengambil biji itu, tiba-tiba pintunya tertutup dengan keras.

Tikus ladang terkejut dan berbalik. la lebih terkejut lagi saat melihat manusia mini berwarna merah sudah berdiri di depannya. Manusia mini itu memakai baju merah dan sepatu boot merah seperti tentara.

"Kau tawananku," kata manusia mini kepada tikus ladang.

"Apa salahku?" tanya tikus ladang.

"Kau telah mencoba mencuri bijiku," kata manusia mini.

"Itu bijiku. Aku yang menemukannya," kata tikus ladang.

"Tidak, tidak begitu. Biji itu milikku. Titik!" sanggah manusia mini.

Tikus ladang memandang berkeliling mencari jalan keluar. Tapi, satu-satunya jalan keluar adalah pintu awal dia masuk yang kini telah dikunci oleh  manusia mini. Jadi, sia-sia saja jika ia mencoba melarikan diri.

"Mulai saat ini, kau akan menjadi pelayanku. Kau harus membenahi ranjangku, menyapu kamarku,dan memasak untukku," perintah manusia mini.

Sejak saat itu, Tikus Ladang menjadi pelayan manusia mini. la memasak dan menyapu kamar. Namun demikian, tikus ladang terus mencari cara untuk melarikan diri. Setiap hari, manusia mini pergi dan mengunci kamarnya dari luar. la baru kembali jika hari sudah sore.

Akhirnya, suatu hari, manusia mini terburu-buru dan lupa mengunci pintu. Tikus ladang melihat itu sebagai kesempatan untuk melarikan diri. Tapi, dia tidak mau pulang tanpa biji ek yang telah membawanya ke tempat itu.

la mencari-cari biji itu dan menemukannya diatas lemari pakaian manusia mini. Dengan cepat,tikus ladang menggigit biji itu dan menahannya dengan sebelah tangannya.

Kemudian, ia mendorong pintu yang tidak dikunci manusia mini dan berlari menaiki tangga menuju lubang di bawah pohon ek. Lalu, keuar menuju ladang. Setibanya di rumah, istri tikus ladang menangis meraung-raung karena mengira suaminya telah meninggal.

Setelah tenang, tikus ladang membelah biji hasil buruannya. Ternyata, di dalamnya terdapat sebuah kalung permata kecil yang indah.

Tikus Ladang senang sekali dan memakaikan kalung itu di leher istrinya. Istrinya tertawa riang dan bersolek Iayaknya putri raja.

Pesan Moral dari kumpulan cerita legenda : Petualangan Tikus Ladang adalah jangan cepat menyerah dan putus asa. Jadilah anak yang cerdik dan selesaikan masalah yang kamu hadapi tanpa menggunakan kekerasan.

Blog ini banyak sekali memposting cerita rakyat nusantara serta posting terbaik dari koleksi cerita rakyat Indonesia, kalian bisa membacanya untuk menemani melaksanakan ibadah puasa. Selamat membaca

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.