Cerita Pendek Tentang Hewan : Singa dan Androles

Advertisements

Banyak sekali cerita pendek tentang hewan yang sudah pernah kami posting. Semuanya dapat adik-adik temukan pada kategory Fabel. Kali ini kembali kami ceritakan cerpen tentang hewan yang pastinya akan kalian sukai. Selamat membaca.

Cerita Pendek Tentang Hewan : Persahabatan Androcles dan Singa

Androcles adalah seorang penyayang binatang. Dia tinggal di sebuah Kerajaan Romawi. Karena ingin bertualang, Androcles memutuskan untuk pergi ke sebuah hutan.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang, akhirnya Androcles beristirahat di bawah pohon beringin. Namun, sebenarnya dia merasa tidak tenang. Di dalam hutan sangat gelap dan tidak ada satu pun cahaya yang terlihat.

"Auuu... Auuu.,." terdengar suara lolongan Singa. Seketika, Androcles menjadi panik.

"Bagaimana aku bisa pergi dari sini? Sementara aku sudah sangat lelah, dan rasanya tak mampu lagi untuk berjalan," rintih Androcles.

Advertisements

Dengan ketakutan yang teramat sangat, Androcles berusaha berlari meninggalkan hutan. Tetapi, tiba-tiba kakinya tersandung kayu yang besar. Saat dia hendak bangun, muncul seekor singa di hadapannya.

Untunglah, singa itutidak memakannya. Ia justru meminta pertolongan kepada Androcles.

"Maukah engkau menolongku? Kakiku terluka, sehingga aku tak bisa berjalan pulang," erang si Singa.

"Coba kulihat lukamu," ucap Androcles sambil memegang kaki Singa.

"Sekarang aku akan membersihkan luka di kakimu. Bersabarlah, singa tampan," ujar Androcles sambil mengelus kaki Singa.

Keesokan harinya, luka di kaki Singa sudah sembuh. Singa langsung mencari rusa untuk dipanggang. Setelah mendapatkan rusa, Singa membangunkan Androcles yang masih tidur pulas. Androcles sangat senang dengan kebaikan Singa. Mereka pun bersahabat baik.

Advertisements

Suatu ketika, beberapa prajurit Romawi diutus oleh Raja untuk berburu di hutan. Prajurit Romawi itu lalu mendapati Androcles dan Singa yang sedang makan bersama. Para prajurit pun segera membawa Androcles ke Raja untuk dihukum. Olala, Androcles dituduh telah menculik Singa.

Akhirnya, Androcles dibawa ke arena adu singa. Dia hanya terdiam dan tidak bisa berbuat apa pun. Dia pasrah jika nanti ada singa yang memangsanya.

Cerita Rakyat Yunani Persahabatan Androcles dan Singa
Cerita Rakyat Yunani Persahabatan Androcles dan Singa

Saat Singa masuk ke arena, terjadi peristiwa aneh. Ternyata Singa tidak memangsa Androcles, justru mereka terlihat sangat akrab. Keakraban itu membuat sang Raja terheran-heran.

Raja lalu menanyakan hal tersebut kepada Androcles. Androcles pun menceritakan pertemuannya dengan si Singa di hutan malam itu. Raja tersenyum bahagia, dan mengizinkan Androcles untuk hidup di kerajaan.

Pesan moral dari Cerita Pendek Tentang Hewan ini adalah Siapa pun yang menanam kebaikan, dia akan menuai kebaikan pula.

Baca juga Kumpulan Cerita Hewan Fabel Pendek Terbaru lainnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.