Dongeng Bergambar Untuk Anak TK : Rubah dan Kuda

Advertisements

Brothers Grimm memiliki banyak sekali Dongeng Bergambar Untuk Anak TK dan SD. Salah satunya adalah dongeng fabel yang kami posting di malam hari ini. Dongeng ini pernah kami posting dengan versi lain sebelumnya, kalian bisa menemukannya di menu pencarian. Selamat membaca.

Dongeng Bergambar Untuk Anak TK dari Brothers Grimm : Rubah dan Kuda

Seekor kuda yang selalu setia menemani petani majikannya itu kini dibiarkan pergi begitu saja. Hal itu karena kuda tersebut sudah tua dan tak dapat bekerja dengan cepat.

Apalagi si petani tidak tahu bagaimana bisa memberi makan si kuda tua, sementara pendapatannya sekarang hanya cukup untuk makan sehari-hari.

"Maafkan aku, kuda tua. Aku terpaksa membiarkanmu pergi, karena aku tak dapat memberimu makan lagi," ujar sang petani.

"Apakah engkau tak kasihan denganku, Tuan? Aku harus pergi ke mana?" rengek si kuda.

Advertisements

"Pergilah ke hutan. Jika kamu ingin tinggal bersamaku lagi, kamu harus membawa singa ke hadapanku," kata sang petani.

Kuda tua pun pergi dengan perasaan sedih. Ia sudah banyak membantu pekerjaan petani selama bertahun-tahun, namun kini ia ditelantarkan.

Di hutan, si kuda tua bertemu dengan seekor rubah. Mereka lalu saling bercerita.

"Mengapa kamu terlihat sangat bersedih? Apa yang sedang kamu pikirkan, kuda?" tanya rubah kepada si kuda yang sedari tadi menangis.

"Aku bersedih karena majikanku melupakan jasaku selama ini. Ia lupa dengan pelayananku ketika bertani di sawahnya hingga ia mendapatkan hasil panen yang banyak," jawab si kuda yang masih menangis.

"Benarkah yang kau katakan itu? Lalu, apa yang dia mau" tanya rubah.

Advertisements

"Dia memberiku persyaratan jika aku ingin dipetiharanya lagi. Syaratnya yaitu membawa singa ke hadapannya," ucap si kuda.

Sesaat kemudian, si rubah yang pintar itu mempunyai sebuah rencana. Dia akan membantu kuda tua itu dengan senang hati.

"Kau harus bersabar, kuda. Aku akan membantumu. Sekarang, berbaringlah di sini seperti seekor binatang yang tetah mati. Aku akan datang menemuimu kembali," ujar si rubah, meyakinkan dan menenangkan kuda.

Keesokan harinya, si rubah menuju ke sarang singa. Terlihat singa-singa sedang asyik bermain. Rubah lalu mendekati salah satu singa yang sedang duduk sendirian.

"Hai singa. aku memiliki kabar gembira untukmu," sapa rubah.

Advertisements

"Benarkah? Kabar apa itu, rubah?" tanya singa, penasaran.

"Aku tadi melihat seekor kuda yang sudah tidak bernyawa lagi di seberang sana. Kamu bisa memangsanya dengan mudah. Ayo, ikut bersamaku sekarang." ajak rubah sembari menarik tangan si singa.

Singa pun ikut pergi bersama rubah yang pintar. Sesampainya di tempat kuda berada, si rubah memberikan usulan kepada singa.

"Aku punya usulan untukmu. Agar kau mudah memangsa si kuda, kau harus mengikat tubuhnya dengan tubuhmu dan menariknya ke sarang," usul rubah.

Dongeng Bergambar Untuk Anak TK Rubah dan Kuda
Dongeng Bergambar Untuk Anak TK Rubah dan Kuda

Singa pun mengangguk setuju. Kemudian ia pun berbaring di dekat kuda. Kemudian rubah mengikatkan ekor kuda ke keempat kaki singa, bukan ke badannya. Akibatnya, singa tidak bisa bergerak.

"Kuda, banguntah. Tarik ia sekuat tenagamu, dan bawa dia ke majikanmu," kata rubah sembari menepuk punggung kuda.

Kuda tua pun segera berdiri dan menarik si singa. Singa yang menyadari bahwa ia ditipu, seketika merasa marah dan terus mengaum sepanjang perjalanan. Tetapi, kuda tua tak menghiraukannya. Kuda tua terus berjalan dengan cepat menuju tempat majikannya.

Tibalah si kuda tua di rumah majikannya, kuda berkata kepada tuannya, "Aku pulang membawa singa, Tuan. Aku bisa mengalahkan singa. Itu berarti aku lebih kuat daripada singa."

Petani terkagum-kagum dengan kehebatan kuda. Ia menyesal sekali karena sempat mengusir kuda yang dulu telah begitu berjasa.

Majikannya pun sangat senang dan berterima kasih atas kesungguhan si kuda tua. Ternyata selama ini ia telah salah menilai si kuda. "Mulai sekarang, aku akan terus merawatmu dan memberimu makan," ujar si petani yang tersenyum bangga kepada si kuda tua.

Pesan moral dari Dongeng Bergambar Untuk Anak TK : Rubah dan Kuda adalah

Jangan lupakan kebaikan orang lain kepadamu. Balaslah kebaikan dengan kebaikan juga.
Jadilah anak yang pintar sehingga bisa menyelesaikan berbagai masalah
Bantulah temamu yang sedang kesusahan.

Baca juga dongeng bergambar terbaik lainnya yaitu

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.