Dongeng Tentang Hewan: Si Kancil Yang Mati

No comment 5147 views

Dongeng si Kancil yang cerdik adalah dongeng tentang hewan yang paling banyak disukai oleh pengunjung di blog dongengceritarakyat.com. Oleh karena itu hari ini kakak kembali memposting Kumpulan Cerita Hewan Fabel Pendek Terbaru untuk adik-adik semua. Jika adik-adik suka dengan dongeng kancil, adik-adik bisa mencari cerita dongeng kancil di blog ini. Salah satu yang paling banyak dicari adalah dongeng kancil dan buaya, jika suka adik-adik bisa mendapatkannya di link berikut ini Cerita Rakyat Fabel : Kancil Menipu Buaya.

Kumpulan Dongeng Tentang Hewan : Si Kancil Yang Mati

Suatu hari. Penduduk lereng Gunung Merapi sangat cemas, karena puncak gunung itu mengeluarkan awan panas. Mereka sangat khawatir jika gunung akan meletus. Para penduduk langsung pergi ke Juru Kunci Gunung Merapi.

‘’ Mbah, apakah gunung akan segera meletus dan kita semua harus mengungsi?’’ Tanya penduduk.

‘’ Tidak, janga khawatir. Aku belum melihat tanda-tanda gunung akan meletus.!’’ Jawab sang juru kunci

Dongeng Tentang Hewan Si Kancil Yang Mati

Dongeng Tentang Hewan Si Kancil Yang Mati

Lama kelamaan situasi semakin gawat. Gunung mulai mengeluarkan asap dan lava panas. Udara di lereng gunung pun berubah menjadi sangat panas, banyak hewan yang turubn gunung. Mereka berlarian mencari udara segar termasuk Kancil. Penduduk langsung mendatangi Juru Kunci.

‘’ Bagaimana sekarang Mbah?’’

‘’ Sekarang kalian boleh mengungsi ke tempat yang aman. Sebenarnya gunung ini hanya mengeluarkan letusan-letusan kecil.’’

Penduduk berbondong-bondong mulai mengungsi. Kancil pun turun dari gunung untuk menyelamatkan diri dari lahar pana. Kancil terus berjalan menjahi gunung. Kancil masuk ke perkampungan penduduk, dan seorang anak kecil melihat Kancil.

‘’ Pak. Sepertinya itu Kancil! ayo kita tangkap.’’

Anak kecil memberitahukan Pak Tani dan mengajak kawan-kawannya menangkapnya. Jika mereka dapat menangkap Kancil, mereka akan jadikan gulai.

Fabel Cerita Rakyat si kancil sedang asik menyantap mentimun

Fabel Cerita Rakyat si kancil sedang asik menyantap mentimun

Kancil yang cerdik mulai berlari kesana-kemari. Anak-anak dan Pak Tani mengejarnya sambil berteriak-teriak. Kancil sangat panik dan ketakutan. Semakin banyak anak-anak yang mengejarnya. Ia sangat bingung, akhirnya Kancil masuk ke dalam rumah kosong.

Anak-anak dan Pak Tani langsung masuk kerumah itu dan mereka langsung mengepung Kancil. Kancil tidak bisa meloloskan diri.

‘’ Bagaimana aku bisa melarikan diri, sepertinya kali ini mereka akan berhasil membuat gulai.’’ Desisnya putus asa dan pasrah.

Mereka pun langsung menangkap dan Kancil di ikat di belakang rumah Pak Tani. Kancil berusaha untuk meloloskan diri. Namun, ikatannya sangat kuat. Kancil terus mencari akal. Sementara Pak Tani sibuk mengasah pisau dan merebus air. Ia sangat senang karena aka makan gulai Kancil.

Tapi entah apa yang terjadi. Tiba-tiba Kancil tergeletak dan banyak Lalat yang mengerubutinya. Anak-anak dan Pak Petani sangat terkejut melihat kancil tergeletak.

‘’ Apakah Kancil mati pak?’’ Tanya salah satu anak.

‘’ Sepertinya iya.’’ Jawab Pak Tani

Pak Tani dan Anak-anak merasa sangat kecewa melihat Kancil mati dan di kerubuti lalat. Karena mereka tidak boleh meyembelih dan memakan hewan yang sudah mati atau menjadi bangkai

Akhirnya, mereka membawa Kancil ke tepi sungai. Binatang cerdas itu langsung di lempar ke tengah sungai. Anak-anak yang ikut membuang bangkai Kancil mulai menggerutu..

‘’ Gagal deh makan gulai,padahal aku ingin sekali memakannya. Pasti rasanya enak sekali.’’

Setelah Kancil hanyut agak jauh terbawa arus sungai. Kancil mulai menggeliat dan berenang ke tepi. Ternyata Kancil tadi hanya pura-pura mati, untuk meloloskan diri. Agar aksinya berhasil, ia sengaja mengundang para Lalat agar mengerubutin tubuhnya.

Kancil memang hewan yang sangat cerdik. Dengan akalnya dia berhasil menyelamatkan diri.

Pesan moral dari Dongeng Tentang Hewan : Si Kancil Yang Mati adalah selalu gunakan akal dan pikiran disetiap saat. Pada saat suasana yang genting jangan panik dan gunakan akal pikiran dengan tenang untuk menyelamatkan diri.

Baca kumpulan dongeng tentang hewan lainnya di blog ini yaitu Fabel Cerita Rakyat : Kisah si Kancil Mencuri Mentimun dan Cerita Anak Indonesia : Petualangan Si Kancil Yang Cerdik.

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.