Dongeng Rakyat Ramadhan : Kura-Kura dan Kelinci

86 views

Dongeng rakyat ramadhan yang akan kami ceritakan kali ini berkirah mengenai kelinci dan kura-kura. Cerita anak Ramadhan ini dapat kalian baca sambil menunggu berbuka. Jangan lupa petik hikmah yang ada didalamnya yah. Tanyakan pada orangtuamu apa makna dibalik kisah ini. Jangan lupa subscribe channel kami dan follow kami di facebook yah.

Dongeng Rakyat Ramadhan : Kisah Kura-Kura dan Kelinci

Suatu hari, di sebuah hutan, kelinci hutan, kura-kura, dan rubah sedang mengobrol. "Mengapa jalanmu pelan sekali?" tanya kelinci hutan pada kura-kura.

"Kau pikir aku lamban, ya?" jawab kura-kura.

"Ayo kita adu lari. Aku yakin aku bisa mengalahkanmu," tantang kura-kura pada kelinci hutan.

"Kau dengar itu?" kata kelinci pada rubah.

"Binatang bodoh mana yang berpikir seekor kura-kura bisa mengalahkan kelinci?" kata kelinci sombong.

"Hehehe, lucu sekali jika kura-kura bisa mengalahkanmu adu lari," kata rubah.

"Bagaimana, kalian mau adu lari? Aku siap jadi jurinya," kata rubah.

"Boleh saja," kata kelinci.

"Ayo, siapa takut," timpal kura-kura.

Kelinci dan kura-kura berdiri bersebelahan siap adu lari. Rubah memberi aba-aba. "Siap, mulai!"

Kelinci melesat cepat. Sementara, kura-kura merayap pelan. Tidak lama, kelinci sudah jauh berada di depan kura-kura.

"Aku rasa, aku bisa tidur dulu di sini. Kura-kura tidak akan dapat menyusulku dalam waktu dekat," pikir kelinci. Ia lantas berbaring dan tidur lelap.

dongeng rakyat Ramadhan

dongeng rakyat Ramadhan

Sementara itu, meskipun perlahan, kura-kura terus merayap tanpa henti. Lama-lama, ia mulai menyusul kelinci yang sedang tidur. Ia terus merayap tanpa henti hingga akhirnya mencapai garis finish (akhir).

Setelah beberapa lama, kelinci pun terbangun. Secepat kilat, ia berlari ke garis finish. Alangkah kagetnya ia ketika melihat kura-kura telah berada di garis finish terlebih dahulu.

"Bagaimana bisa kau mencapai garis finish lebih dulu?" tanya kelinci.

"Aku hanya terus berlari tanpa henti," jawab kura-kura tenang. Tinggallah kelinci yang menyesal karena menganggap remeh kura-kura.

Pesan moral yang dapat dipetik dari Dongeng Rakyat Ramadhan : Kura-Kura dan Kelinci adalah Jangan menjadi orang yang sombong dan menganggap remek orang lain. Kamu harus serius saat melakukan sesuatu. Jangan menunda-nunda pekerjaan. Kalau sudah terlambat, nanti kamu akan menyesal sendiri.

Temukan dan baca juga kisah islami terbaik yaitu Sejarah Mukjizat Cerita Kisah Nabi Ibrahim AS dan Kisah Nabi Adam AS Dan Siti Hawa

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.