Cerita Rakyat Ramadhan : Rubah yang Licik

140 views

Cerita Rakyat Ramadhan akan selalu kami posting di bulan suci ini. Hal ini agar adik-adik dapat memetik pelajaran berharga dari kisah-kisah dongeng yang kami posting. Yuk kita ikuti ceritanya sampai selesai.

Cerita Rakyat Ramadhan : Dongeng Rubah yang Licik

Suatu hari, rubah jatuh ke dalam sumur. Untunglah ia bisa berpegangan pada akar yang tumbuh di dinding sumur. Jika tidak, rubah pasti tenggelam dalam air sumur. Tidak lama kemudian, serigala lewat di dekat sumur itu dan melihat rubah di dalamnya. "Hei, rubah. Bagaimana bisa kau jatuh dalam sumur?" tanya serigala.

"Ah tidak, aku sengaja masuk dalam sumur," jawab rubah.

"Apa maksudmu." tanya serigala lagi.

"Saat ini, seluruh negeri sedang dilanda kekeringan. Sumur ini adalah satu-satunya sumber air yang bisa mengobati rasa haus ribuan binatang di sekitar sini. Para binatang telah mengadakan pertemuan. Mereka memintaku untuk menahan air sumur agar tidak turun ke bawah. Jadi, aku kini sedang melakukan tugas," kata rubah panjang lebar.

"Apa hadiah yang engkau dapatkan?" tanya serigala.

"Mereka akan memenuhi seluruh kebutuhanku. Aku tidak lagi harus berburu. Mereka akan memberiku persediaan daging yang banyak, terutama untuk musim dingin. Lagipula, aku hanya melakukan tugas ini sebentar. Para binatang sedang membuat tanggul untuk menahan air sumur. Sebentar lagi mereka datang," jawab rubah.

"Hei rubah, bolehkah aku menggantikan tugasmu? Aku juga ingin dapat hadiah daging," kata serigala yang sudah tertipu kata-kata rubah.

"Tentu saja," kata rubah. "Tapi, kau harus ambil tali untuk mengeluarkanku, baru kau bisa menggantikanku," kata rubah.

Setelah itu, serigala mengambil tali dan mengeluarkan rubah dari dalam sumur. Lalu, ia pun masuk ke dalam sumur dan bergantungan di akar.

Cerita Rakyat Ramadhan

Cerita Rakyat Ramadhan

Sesampainya di atas sumur, rubah membuang talinya dan tertawa, "Tuan serigala yang baik, kau bisa tinggal di sana sampai kiamat." Rubah pun pergi dan serigala hanya bisa marah karena sudah ditipu rubah.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Ramadhan ini adalah Jangan mudah terpengaruhi oleh rayuan dan janji yang berlebihan dari orang lain. Jadi, berhati-hatilah. Sebab, orang yang jahat bisa membahayakan kita. Jadilah anak yang rajin belajar agar kamu menjadi pintar dan tidak mudah diperdayai oleh orang lain.

Baca juga Dongeng Anak Islami Ramadhan Ali Baba dan 40 Pencuri serta cerita rakyat terbaik lainnya yaitu Kumpulan Cerita Hewan Fabel Pendek Terbaru

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.