Cerita Rakyat Special Ramadhan : Kisah Tikus Menolong Singa

Cerita rakyat special Ramadhan kami posting di bulan suci ini untuk menemani adik-adik yang sedang berpuasa. Baca cerita anak Ramdhan di blog ini dan petik hikmah didalamnya. Yuk jangan lupa subscribe channel kami dan follow kami di facebook.

Cerita Rakyat Special Ramadhan : Dongeng Tikus Menolong Singa

Singa tidur nyenyak di bawah sebuah pohon rindang. Tikus berlari melewati muka singa. Singa kaget dan terbangun. Ia marah sekali karena tikus telah mengganggu tidurnya. Ia menangkap tikus dengan cakarnya.

“Mengapa kau berjalan di wajahku dan mengganggu tidurku? Kau akan menerima akibatnya,” kata singa sambil membuka cakarnya dan menginjak ekor tikus.

“Oh, jangan bunuh aku, Tuan Singa!” mohon tikus. “Aku tidak bermaksud mengganggu tidurmu. Lepaskan aku. Aku janji tak akan mengganggumu lagi,” kata tikus.

Cerita Rakyat Special Ramadhan
Advertising
Advertising

“Tidak, aku tidak akan melepaskanmu,” kata singa masih marah karena tidurnya terganggu.

“Aku mohon lepaskan aku,” teriak tikus yang ketakutan. “Jika engkau melepasku, aku akan menolongmu suatu saat,” kata tikus.

Singa tertawa terbahak-bahak dan berkata, “Kau menolongku. Lucu sekali. Bagaimana binatang sekecil kau bisa menolong raja hutan seperti aku? Tapi baiklah, engkau cuma makhluk kecil. Memakanmu juga tidak membuatku kenyang. Aku lepaskan kau. Tapi, jangan sampai aku melihatmu lagi di sini.” Tikus pun dilepaskan.

“Terima kasih, Singa yang baik. Aku tidak akan melupakan kebaikanmu,” kata tikus.

Suatu hari, singa terjebak dalam perangkap pemburu. Pemburu mengikat singa di sebuah pohon. Setelah itu, ia pergi mengambil gerobak untuk mengangkut singa.

Singa mengaum keras sekali hingga menggetarkan bumi. Tikus kecil pun mendengar auman singa. “Singa pasti dalam kesulitan. Aku akan menolongnya,” kata tikus.

Tikus mendapati singa terikat di sebuah pohon. “Tenang, Tuan Singa. Aku akan menolongmu. Aku sudah berjanji akan menolongmu,” kata tikus.

Tikus mengerat (menggigit) tali yang mengikat singa. Lama sekali tikus melakukan itu. Akhirnya, singa terbebas sebelum si pemburu kembali. Benar saja, tikus yang kecil bisa juga menolong singa yang besar.

Pesan moral yang dapat diambil dari Cerita Rakyat Special Ramadhan adalah tolonglah orang yang membutuhkan pertolongan maka kamu akan dibantu saat menghadapi kesulitan. Makhluk yang kecil, belum tentu tidak berguna dan jangan pernah sepelekan dan menghina orang lain. Kemudian tepatilah janji yang sudah kau ucapkan.

Baca juga cerita terbaik lainnya pada posting kami berikut ini Dongeng Anak Islami Ramadhan Ali Baba dan 40 Pencuri dan Kumpulan Cerita Rakyat Legenda Nusantara Terpopuler