Dongeng Luar Negri Dari Skotlandia dan Bulgaria

2316 views

Bagi adik-adik yang menyukai dongeng luar negri, berkunjung ke blog dongengceritarakyat.com adalah langkah yang sangat tepat. Banyak sekali cerita dongeng rakyat dunia terpopuler sudah diposting di blog ini. Komitmen kami sebagai admin dari blog dongengceritarakyat.com adalah memberikan kumpulan dongeng anak bergambar

terbaik dari seluruh negeri.

Pada kesempatan kali ini kakak akan menceritakan cerita dongeng anak dari Skotlandia dan Bulgaria. Kakak berharap Adik-adik suka dengan kumpulan dongeng yang kakak ceritakan. Selamat membaca

Dongeng Luar Negri Dari Skotlandia : Angsa Pembawa Keberuntungan

Pada suatu hari, seorang ibu muda yang baik sedang mencari tanaman obat untuk anaknya di sebuah padang rumput.

Dongeng Luar Negri Dari Skotlandia

Dongeng Luar Negri Dari Skotlandia

Saat sibuk menyibak-nyibakkan rumput, ia mendengar bunyi gemerisik.

Ia mendekati suara itu dan menemukan seekor angsa terbaring Iemah di tanah. Mata angsa itu mengedip perlahan-lahan dan paruhnya sesekali terbuka.

"Ah, angsa yang malang. Kasihan sekali," katanya sambil membawa pulang angsa dengan hati-hati.

Di rumah, ibu muda menaruh angsa dekat perapian agar hangat. la memeriksa angsa dan menemukan salah satu sayapnya terluka. Selain itu, angsa juga kelaparan. Sejak saat itu, ibu muda merawat angsa di rumahnya dengan penuh perhatian.

Semakin hari, kesehatan angsa semakin membaik. Ajaibnya, saat angsa semakin membaik, anaknya yang sakit juga ikut membaik.

Suatu hari, angsa akhirnya sembuh sepenuhnya. la bisa berjalan-jalan di dalam rumah dan mulai mengepak-ngepakkan sayapnya yang lebar.

Esoknya, angsa sudah siap untuk terbang lagi. ibu muda membukakan pintu rumah dan mempersilakan angsa itu terbang.

Saat angsa terbang ke angkasa. Ibu muda dikagetkan sapaan seseorang, "Ibu, aku lapar!"

Ternyata anaknya telah bangun dari tidurnya. Ia telah sehat sepenuhnya. Ibu muda sangat gembira mendengar suara anaknya. Ternyata, angsa telah memberi keberuntungan kepada ibu muda itu, yaitu anaknya sembuh. Sampai kini, orang Skotlandia menganggap angsa sebagai burung yang membawa keberuntungan.

Pesan Moral dari Dongeng Luar Negri Dari Skotlandia : Angsa Pembawa Keberuntungan adalah Berbuatlah baiklah kepada semua makhluk Tuhan. Orang yang herbuat baik akan mendapatkan kebahagiaan.

Dongeng Luar Negeri Bulgaria : Mengapa Ada 31 Hari Pada Bulan Maret?

Di Bulgaria, bulan Maret digambarkan sebagai seorang nenek bungkuk yang pemarah bernama Baba Marta (Nenek Maret). Sikapnya yang sulit ditebak, sama seperti perubahan cuaca pada bulan Maret.

Dongeng Luar Negeri Bulgaria

Dongeng Luar Negeri Bulgaria

Baba Marta suka bertengkar dengan kakak laki- Iakinya yang suka mabuk bernama Sechko Kecil (Februari). Biasanya, musim semi datang pada tanggal 1 Maret. Namun, tahun ini musim semi datang lebih awal pada bulan Februari. Saat itu, nenek penggembala memutuskan akan membawa dombanya ke padang rumput di atas bukit.

"Baba Marta tidak akan keberatan. Lagipula, dia kan seorang nenek seperti aku. Dia tidak akan mencelakaiku," kata nenek penggembala.

Baba Marta mendengar ocehan nenek penggembala. la marah sekali dan segera pergi menemui Sechko Kecil. "Kakak, pinjami aku tiga harimu agar bisa membunuh nenek penggembala yang sombong itu," kata Baba Marta.

Sechko Kecil tidak bisa menolak. la meminjamkan tiga hari terakhirnya. Tidak menunggu lama, Baba Marta langsung meniup dengan keras sehingga terjadi badai yang maha dahsyat di padang rumput. Anginnya dingin sekali sampai membuat nenek penggembala membeku seperti batu.

Selama tiga hari, Baba Marta mengamuk. Tapi, akhirnya amarahnya mereda. Cuaca kembali tenang dan matahari tersenyum di balik gunung menyambut musim semi.

Marta tertawa girang telah memberi pelajaran kepada nenek penggembala yang meremehkan perubahan cuaca. Itulah mengapa sampai sekarang Baba Marta (Maret) mempunyai 31 hari, sedangkan Sechko Kecil (Februari) hanya punya 28 hari.

Pesan Moral dari Dongeng Luar Negeri Bulgaria : Mengapa Ada 31 Hari Pada Bulan Maret? adalah jangan pernah menganggap remeh sesuatu ataupun orang lain. Sikap sombong dan menyepelekan orang lain akan membuat orang tidak suka dengan kita. Sehingga kita akan sulit mendapatkan kebahagiaan.

Ikuti dan baca kumpulan cerita anak seru dengan pesan moral lainnya pada posting-posting kakak sebelumnya yaitu Kumpulan Dongeng Luar Negeri Paling Populer dan Cerita Dongeng Luar Negeri Terbaik Untuk Anak.

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.