Cerita Sang Kancil Yang Tidak Suka Hujan (Dongeng Fabel Anak)

Dongeng cerita sang kancil memang selalu menjadi fabel yang paling disukai anak-anak. Kali ini kami akan bercerita tentang kancil yang sangat tidak suka dengan hujan. Mau tahu apa yang akan terjadi dengan si Kancil? Yuk kita ikuti ceritanya sampai selesai.

Fabel Cerita Sang Kancil Yang Tidak Suka Hujan

Suatu hari, musim hujan telah tiba. Hujan turun setiap hari, udara berubah menjadi dingin dan banyak binatang yang menghabiskan hari-harinya hanya di dalam rumah. Namun, ada satu binatang yang sama sekali tidak suka dengan hujan. Binatang tersebut adalah Kancil.

‘’ Hujan turun setiap hari, udara sangat dingin. Aku sama sekali tidak dapat keluar untuk mencari makanan. Akhirnya, aku harus menahan lapar sepanjang hari.’’ Keluh Kancil.

Pada hari tersebut. seluruh penghuni hutan di undang Bibi Beruang untuk makan bersama dirumahnya termasuk Kancil. Hujan turun dengan sangat lebat pada saat Kancil sudah setengah perjalanan menuju Bibi Beruang. Kancil pun marah-marah pada saat sampai dirumah bibi Beruang. Badanya pun basah semua.

‘’ Cil, kenapa kamu selalu marah-marah ketika hujan turun?’’ Tanya bibi Beruang.

‘’ Lihatlah bi, karena hujan ini. Kita tidak bias pergi ke mana-mana. Karena hujan juga tubuhku jadi basah seperti ini. Lihatlah bi, banyak sekali tamu yang tidak datang. Mereka pasti malas untuk pergi keluar rumah pada saat hujan seperti ini.’’ Kata Kancil.

Bibi Beruang hanya tersenyum menanggapi keluhan Kancil.

Cerita Sang Kancil Yang Tidak Suka Hujan

Cerita Sang Kancil Yang Tidak Suka Hujan

‘’ Kancil, janganlah kamu jadi binatang yang sombong.’’ Ujar bibi Beruang.

Sementara, Kancil kebingungan dengan yang di ucapkan oleh bibi Beruang.

‘’ Sombong? Bagaimana mungkin bibi bilang aku sombong?’’ Tanya KAncil.

‘’ Kancil, tanpa hujan kita semua tidak akan bisa hidup. Karena hujan memberikan kita air yang sangat melimpah tanpa harus kita minta. Dengan air itu pohon-pohon akan tumbuh dan mendapatkan air yang cukup. Sehingga, dapat tumbuh dan berbuah. Buah tersebut dapat kita makan dam kita nikmati. Karena hujan juga hutan kita tidak kekeringan.’’ Ujar bibi beruang menjelaskan.

Kancil pun mendengarkan apa yang di katakan bibi Beruang. Ia pun merasa sangat malu. Benar apa yang dikatakan bibi Beruang, ia tidak pernah menyadari manfaat hujan. Sejak saat itulah, ia tidak pernah mengeluh pada saat hujan turun. Justru, ia selalu berdoa dan bersykur karena sudah di berikan hujan. Ia selalu berdoa, semoga hujan tersebut dapat bermanfaat untuk seluruh penghuni hutan dan tumbuhan lainnya yang membutuhkan air.

Baca juga fabel kancil lainnya pada posting kami sebelumnya yaitu Kumpulan Cerita Dongeng Kancil dan Binatang Aneh dan Cerita Dongeng Kancil dan Buaya

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.