Kumpulan Macam Macam Cerita Rakyat dari Amerika Serikat dan Filipina

Banyak sekali macam macam cerita rakyat yang sudah kami posting di blog ini. Untuk hari ini kami akan memposting dua dongeng fabel yang berasal dari Amerika Serikat dan Filipina. Semoga semua pengunjung setiap posting yang ada di blog ini. Selamat membaca.

Macam Macam Cerita Rakyat : Kisah Anjing Dan Kucing (Amerika Serikat)

Dahulu anjing dan kucing adalah sahabat baik. Mereka tinggal satu rumah. Anjing sangat rajin membersihkan rumah, dan kucing pun membantunya.

Mereka mencari makan bersama-sama. Kadang-kadang sampai sore. Anjing dan kucing mengumpulkan makanan itu bersama-sama. Suatu hari, saat hendak memasak, kucing merasa lelah.Tubuhnya pegal-pegal.

Macam Macam Cerita Rakyat dari Amerika

Macam Macam Cerita Rakyat dari Amerika

"Mungkin karena seharian kau mencari makan. Lebih baik kau istirahat dulu. Biar aku yang memasak," ucap Anjing.

Kucing pun mengikuti perkataan anjing. Ia pergi ke kamar, lalu tidur. Saat anjing selesai memasak, Anjing membangunkan kucing. Kemudian mereka pun makan bersama-sama.

"Makanan yang kau masak sungguh enak," puji Kucing.

Usai makan, Anjing membereskan semua piring yang kotor. Kucing kembali pergi tidur. Muncul niat jahat dalam hati Kucing. Ia akan berpura-pura sakit agar tak perlu bekerja lagi.

"Biar Anjing saja yang bekerja," batin Kucing.

Berhari-hari Anjing bekerja sendirian, Ia juga telaten merawat kucing. Namun, anjing mulai curiga, sebab sakit kucing tak kunjung sembuh. Anjing pun pura-pura pergi bekerja. Ia ingin melihat apa yang dilakukan kucing saat ia bekerja.

Olala... saat Anjing pergi dari rumah, Kucing langsung berdiri, sama sekali tak kelihatan sakit. Bahkan ia bisa bernyanyi. Anjing yang melihat kejadian itu jadi sangat marah.

"Rupanya selama ini kau membodohiku," seru Anjing, muncul tiba-tiba di hadapan kucing.

Kucing sangat kaget. Ia tak menyangka bahwa rupanya Anjing masih berada di dalam rumah. Anjing pun langsung menerkam Kucing. Kucing langsung lari terbirit-birit. Ia ketakutan melihat anjing yang begitu marah.

Sejak saat itu, jika Anjing melihat Kucing, keduanya pasti akan bertengkar. Hal itu karena perbuatan kucing yang tak baik.

Pesan moral dari Macam Macam Cerita Rakyat : Kisah Anjing Dan Kucing adalah jangan memanfaatkan temanmu yang baik denganmu. Balaslah kebaikan dengan kebaikan pula.

Cerita Rakyat Pendek : Cincin Indah Elang (Filipina)

Elang menemukan sebuah cicin yang sangat cantik. Cincin itu selalu selalu ia pakai ke mana pun ia pergi. Semua yang melihat cincin itu pasti akan jatuh hati. Seperti Induk Ayam, ia sangat ingin memiliki cincin seperti Elang.

Induk ayam dan Elang adalah sahabat baik. Induk Ayam berniat meminjam cincin itu.

"Elang pasti tidak akan keberatan jika aku meminjamnya barang beberapa hari," gumam Induk Ayam.

Induk Ayam lalu menemui Elang. Ia rnenyampaikan tujuannya, yakni hendak meminjam cincin milik Elang. Sebenarnya Elang tidak ingin meminjamkannya, sebab Induk Ayam sangatlah ceroboh. Ia tak mau cincinnya hilang.

"Aku janji akan menjaga cincin itu," rayu Induk Ayam.

"Baiklah... ini adalah cincin kesayanganku. Aku akan meminjamkannya kepadamu.Tapi, jika sampai hilang, aku tidak akan memaafkanmu," balas Elang.

Induk Ayam sangat senang. Akhirnya ia bisa memakai cincin indah itu di kakinya. Induk Ayam pun pulang dengan bahagia. Sepanjang jalan ia bernyanyi dengan riang. Induk ayam memamerkan cincin itu kepada beberapa binatang.

"Indah sekali cincinmu," ujar Kelinci.

"Tentu saja, aku mendapatkan ini dengan susah payah," balas Induk Ayam.

Hari-hari pun berlalu. Kini, saatnya Induk Ayam mengembalikan cincin milik Elang. Olala... Induk Ayam lupa menaruh cincin itu.

"Aduh, bagaimana ini? Aku pasti akan dimarahi Elang jika cincin itu tidak ketemu,'' ucap Induk Ayam, panik.

Induk Ayam menyuruh anak-anaknya untuk ikut mencarinya. Namun, hasilnya nihil. Cincin itu benar-benar hilang. Elang pun pergi ke rumah Induk Ayam. Kali ini induk ayam tak bisa mengelak lagi. Ia hendak menceritakan yang sebenarnya kepada Elang.

"Aku sudah menunggumu, tapi kenapa kau tak datang ke rumahku? Sekarang kembalikan cincinku," pinta Elang.

Induk Ayam terlihat sedih. Ia pun menceritakan semuanya kepada Elang. Cincin yang ia pinjam hilang.

"Maafkan aku," ucap Induk Ayam.

Elang tak bisa menerima itu. Ia lalu menerkam Induk Ayam dan anak-anaknya. Tapi, Induk Ayam dan anak-anaknya berhasil lolos. Itulah kenapa sampai saat ini ayam selalu mengais-ngais apa yang ada di depannya. Rupanya ia senang mencari cincin Elang yang hilang.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Singkat : Cincin Indah Elang (Filipina) adalah jangan ceroboh, apalagi saat meminjam barang milik teman. Belajarlah teliti dan disiplin.

Baca juga kumpulan cerita rakyat pendek terbaik lainnya seperti pada posting berikut ini kumpulan cerita rakyat nusantara.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.