Dongeng Anak Kisah Cindelaras dan Ayam Ajaib

1783 views
Advertisements

Kisah Cindelaras dan Ayam Ajaib adalah salah satu versi ringkasan cerita cindelaras singkat yang kami miliki. Sudah banyak cerita rakyat yang kami posting bercerita mengenai kisah ini, salah satunya adalah Dongeng Cerita Rakyat Indonesia Cindelaras. Yuk kita baca bersama kisah menarik ini.

Dongeng Anak Kisah Cindelaras dan Ayam Ajaib (Cerita Rakyat Nusantara)

Pulau Jawa, terdapat sebuah kerajaan yang makmur dan damai. Semua penduduk hidup dengan bahagia, begitu pun dengan raja kerajaan itu. Raja tersebut bernama Raja Putra. Ia amat bahagia, karena permaisurinya sedang mengandung anak pertama mereka.

Sayangnya, selir Raja Putra tidak suka dengan permaisuri. Ia ingin menyingkirkan permaisuri.

Suatu hari, selir bersekongkol dengan seorang tabib. Selir itu berpura-pura sakit. Ia menyuruh tabib mengatakan kepada Raja Putra, bahwa selir telah diracuni oleh permaisuri

Raja Putra yang mendengar selir diracuni oleh permaisuri, seketika menjadi marah. Ia pun langsung mengasingkan permaisuri ke hutan.

Advertisements

Beberapa bulan berlalu, permaisuri melahirkan seorang anak laki-laki. Anak itu diberi nama Cindelaras. Cindelaras tumbuh menjadi anak yang pandai berburu.

Suatu ketika, Cindelaras berburu di hutan. Tak sengaja, ia menemukan telur yang dijatuhkan oleh burung elang. Cindelaras pun mengambil dan merawat telur tersebut hingga menetas.

Olala, ternyata itu adalah telur ayam. Muncul anak ayam jantan dari telur itu. Cindelaras pun menyayangi anak ayam tersebut. Tapi, ayam Cindelaras yang telah tumbuh besar itu memiliki kokok yang aneh.

"Kukuruyuk! Akulah ayam jantan pandai. Tuanku bernama Cindelaras, anak laki-laki dari Raja Putra," kokok ayam ajaib Cindelaras.

Cindelaras pun mengikutkan ayamnya ke banyak perlombaan. Semua perlombaan itu pun dimenangkan olehnya. Karena saking hebatnya, ayam Cindelaras menjadi amat terkenal.

Rupanya, ketenarannya itu terdengar sampai ke istana. Raja Putra menjadi penasaran. Raja Putra pun mengundang Cindelaras dan ayamnya ke istana. Ia ingin mengadu ayam miliknya dengan ayam Cindelaras.

Advertisements

"Tapi, jika aku menang, separuh kekayaanmu menjadi milikku," ujar Cindelaras, mengajukan syarat kepada Raja Putra.

Dongeng Anak Kisah Cindelaras dan Ayam Ajaib
Dongeng Anak Kisah Cindelaras dan Ayam Ajaib

Raja Putra pun menyetujui syarat itu. Ternyata, ayam Cindelaras memenangkan pertandingan. Raja Putra sangat kecewa, sekaligus penasaran dengan Cindelaras. Ia pun menanyakan asal-usul Cindelaras. Olala, malah ayam ajaib Cindelaras yang menjawabnya.

"Kukuruyuk! Akulah ayam jantan pandai. Tuanku bernama Cindelaras, anak laki-laki dari Raja Putra," kokok ayam Cindelaras.

Raja Putra pun menjadi kaget, "Benarkah kau putraku?"

Patih yang mengetahui kejahatan selir dahulu, lalu menjelaskan semuanya kepada raja. Mengetahui kejahatan selir, raja menjadi sangat marah. Ia pun menghukum selir, dan mengasingkannya ke hutan. Sementara permaisuri dijemput dan dibawa kembali ke istana. Raja Putra, permaisuri, dan Cindelaras pun hidup bahagia sebagai keluarga yang utuh.

Advertisements

Pesan moral dari Dongeng Anak Kisah Cindelaras dan Ayam Ajaib adalah kejahatan pasti akan mendapat balasan kejahatan pula. Sedangkan kebaikan pasti akan mendapat balasan kebaikan pula. Jadi, ayo perbanyak berbuat.

Ikuti juga kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.