Dongeng Anak PAUD : Domba dan Sapi

2 comments 15364 views

Cerita ini cocok diceritakan untuk anak usia 2 - 5 tahun atau bisa disebut dongeng anak PAUD. Kisah hewan atau fabel ini menceritakan tentang sapi yang sedang dalam kesulitan. Tentu adik-adik bertanya apakah si Sapi mendapatkan bantuan saat dia kesulitan? /untuk lebih jelasnya silahkan simak dongeng lengkapnya.

Dongeng Anak PAUD : Fabel Domba dan Sapi

Dongeng anak paud sapi sedang makan rumput

Dongeng anak paud sapi sedang makan rumput

Suatu pagi ketika matahari mulai menampakan dirinya, sinar matahari menerangi padang rumput luas dan hijau, suara kicauan burung membuat padang rumput itu terasa tenang dan nyaman. sebelah selatan padang rumput itu terdapat tebing menjulang tinggi didalamnya terdapat sebuah gua, gua yang selalu dijadikan tempat persembunyian domba dari ancaman Harimau.

Ketika sinar matahari mulai menyengat tubuh tanda siang telah tiba, beberapa ekor sapi sedang asik memakan rumput sambil bermain berlarian kesana kemari mengejar sesamanya, mereka terlihat gembira sekali namun kegembiraan itu hilang ketika se ekor Harimau besar menampakan dirinya dan mengejar sapi-sapi tersebut, sapi-sapi itu berlari satu arah sehingga membuat Harimau itu sulit untuk memilih mangsanya, tapi salah satu sapi tertinggal dia berlari ke arah yang berbeda dengan sapi yang lain. Maka Harimau itu pun melihat dengan jelas lalu mengejar sapi yang terpisah dengan kelompoknya.

Sapi itu berlari sekuat tenaga dengan harapan dia mampu meloloskan diri dari kejaran Harimau, dia berlari lebih cepat dari Harimau hingga Harimau pun kehilangan sapi tersebut, namun Harimau itu tidak berhenti mengejarnya dia terus mencoba mencari sapi tersebut dengan penciumannya. Sadar dengan kemampuan Harimau yang dapat mencium mangsanya sapi itu terus berlari mendekati tebing, dia melihat ada gua pada tebing itu lalu dia masuk ke dalam gua itu.

Dongeng anak paud harimau sedang mencari sapi

Dongeng anak paud harimau sedang mencari sapi

Setelah berada di dalam gua itu ternyata ada seekor domba jantan dengan tanduknya yang besar, dia sangat tidak senang dengan kedatangan sapi tersebut, domba itu langsung menundukan kepalanya dia berlari ke arah sapi tersebut dan menghantamnya beberapa kali, upaya itu dilakukan untuk mengusi sapi itu. Tapi sapi itu tidak tinggal diam dia melawan domba tersebut dengan menanduknya. Akhirnya kedua hewan itu berhenti saling menghantam.

Diluar gua itu ternyata Harimau itu sedang berkeliaran mengendus bau sapi yang dia incar, namun Harimau itu tidak lagi mampu mencium bau sapi tersebut di dalam gua karena bau gua itu telah sesak dengan kotoran-kotoran kelalawar sehingga bau sapi tidak tercium lagi. Harimau itu masih tetap berkeliaran di dekat gua.

Dalam gua ketika perkelahian domba dan sapi itu berhenti, domba itu berkata dengan marah kepada sapi “Kenapa kau berani sekali masuk sarangku, cepat pergi sebelum aku menandukmu lagi!” lalu sapi pun menjawab dengan gusar “Jika Harimau itu tidak mengejarku aku pun tak mau berada disini, tapi jika kau mau mengusirku aku tidak akan tinggal diam. Aku akan mendorongmu keluar menjadi mangsa Harimau lapar itu!”.

“Aku tidak mau dengan ocehanmu, cepat pergilah dari sini aku sangat tidak suka denganmu, lebih baik kau dimangsa Harimau itu daripada memasuki gua ini!” perintah domba dengan sangat kesal.

“Aku akan keluar ketika Harimau itu pergi, jika kau mau melakukan sesuatu tidak baik kepadaku akan kulempar kau keluar, aku tidak takut dengan geretakan mu”.

Tidak lama kemudian Harimau itu pun meninggalkan gua tersebut, dia kembali berburu binatang lainnya, sehingga sapi itu keluar dari persembunyiannya

Pesan Moral dari Dongeng Anak PAUD Domba dan Sapi adalah Bantulah orang lain ketika dia mendapatkan kesulitan, dan tidaklah baik menjahati orang yang sedang kesulitan.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.