Contoh Dongeng Yang Mendidik Karya HC Andersen : Baju Baru Kaisar

Advertisements

Conroh dongeng yang mendidik dari HC Andersen sangat lah banyak, anda bisa menemukan puluhan karyanya di blog dongengceritarakyat.com ini. Salah satu yang kami sukai adalah cerita mengenai baju baru kaisar yang kami posting hari ini. Yuk kita ikuti kisah lengkapnya.

Dongeng Yang Mendidik dari HC Andersen : Kaisar dan Tukang Tenun

Dahulu, hidup seorang kaisar yang begitu memperhatikan apa yang ia kenakan. Ia selalu berganti-ganti baju tiap jam. Bahkan, ia rela menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli baju-baju baru.

Kota yang yang Kaisar tinggali itu sangatlah ramai. Banyak orang berduyun-duyun pergi ke kota Kaisar itu, salah satunya yaitu seorang pemuda yang sangat pandai. Pemuda itu ingin memberi pelajaran kepada sang Kaisar yang boros hanya untuk membeli baju. Diapun mengaku dirinya sebagai seorang penenun terhebat di seluruh dunia.

Pemuda itu menceritakan tentang dirinya kepada Kaisar. "Dengarlah! Aku bisa mernbuatkan baju yang bagus dan indah untukmu," ujarnya.

"Benarkah yang kau katakan itu, wahai pemuda?" tanya Kaisar.

Advertisements

"Jika kau tak percaya, aku akan membuktikannya kepadamu. Hanya orang yang tidak pandai dan malas bekerja yang tidak dapat melihat hasil tenunanku," kata si pemuda, meyakinkan sang Kaisar.

Kaisar pun percaya dengan perkataan pemuda. Ia menyuruh si pemuda menenun baju-baju untuknya.

Contoh Dongeng Yang Mendidik Karya HC Andersen
Contoh Dongeng Yang Mendidik Karya HC Andersen

Keesokan harinya, sang Kaisar menyuruh perdana menterinya untuk berkunjung ke tempat pemuda itu. Ia ingin tahu, apakah baju yang ditenunnya sudah selesai atau masih dalam proses penenunan.

Perdana menteri pun segera menuju ke tempat si pemuda. Namun, dia tidak melihat apa-apa di sana. Perdana menteri ingat bahwa orang yang tidak pandai dan malas bekerja saja yang tidak dapat melihat baju-baju hasil tenunan si pemuda.

Perdana menteri lalu berkata, "Wah, hasil tenunannya amat bagus. Pasti Kaisar akan senang melihat hasilnya."

Sang Kaisar lalu menyuruh perdana menteri kedua untuk melihat baju-bajunya di rumah si pemuda. Perdana menteri kedua juga merasakan hal yang sama. Dia sama sekali tidak melihat apa pun di ruangan pemuda itu. Sang perdana menteri terpaksa berbohong kepada sang Kaisar.

Advertisements

"Sungguh, baju-baju baru Kaisar sangatlah bagus dan begitu indah," ucap perdana menteri.

Kaisar tidak sabar dan ingin segera melihatnya sendiri. Kaisar lalu pergi ke tempat pemuda itu. Betapa terkejutnya Kaisar. karena dia tidak melihat apa pun di sana.

Karena tidak mau disebut sebagai kaisar yang tidak pandai dan malas bekerja. Kaisar berbohong dan mengaku bisa melihat baju tersebut. Kaisar bahkan mengangkat si pemuda sebagai tukang tenun di kerajaannya.

Upacara kebesaran akan segera dimulai. Para pejabat di seluruh dunia diundang sang Kaisar untuk menyaksikan baju barunya. Kemudian, si pemuda memakaikan baju baru untuk Kaisar.

Sang Kaisar pun berjalan dengan gagah. Tidak ada yang berani mengatakan bahwa sebenarnya Kaisar tidak memakai apa pun.

Namun, tiba-tiba seorang anak kecil berteriak dengan lantang, "Demi Tuhan, aku melihat sang Kaisar tidak mengenakan baju!"

Teriakan itu seketika membuat Kaisar sadar, bahwa dia telah dibohongi si pemuda. Sang Kaisar merasa amat malu. Tetapi, dia tetap bertahan dan menjaga kewibawaannya di hadapan seluruh orang yang datang pada upacara kebesaran itu.

Advertisements

Pesan moral dari Contoh Dongeng Yang Mendidik ini adalah jangan suka berbohong, karena berbohong hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baca juga dongeng terbaik kami lainnya yaitu:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.