Contoh Cerita Anak Mendidik Terbaik dari Nigeria

629 views

Contoh cerita anak mendidik terbaik akan kami ceritakan di sore hari ini. Kedua cerita rakyat dunia yang berasal dari Negria ini memiliki pesan moral untuk mendidik anak-anak agar berperilaku yang baik. Yuk kita ceritakan dongeng anak ini malam nanti.

Contoh Cerita Anak Mendidik : Kisah Merpati Dan Elang (Nigeria)

Elang sangat kelaparan. Ia terus terbang mencari mangsa. Sudah sesiang ini, tapi ia masih belum mendapatkan mangsa. "Aku harus mendapatkan seekor binatang. Kalau tidak, aku akan mati kelaparan," ucap Elang.

Elang melihat seekor merpati sedang terbang. Elang langsung mengejar merpati itu. Rupanya merpati sadar bahwa ia sedang dikejar. Maka ia pun langsung terbang menjauh dengan cepat. Hingga sampailah ia di rumah seorang lelaki buta. Selain buta, lelaki itu juga tak bisa berjalan.

Cerita Dongeng Pendek

Merpati itu hinggap di tangan si lelaki buta. Ia memohon kepada lelaki itu agar melindunginya dari Elang. Sementara itu, Elang datang dengan cepat. Ia melihat Merpati sedang berada di tangan lelaki buta itu.

"Tuan, serahkan merpati itu padaku. Aku harus makan hari ini. Kalau tidak, aku bisa mati kelaparan. Jika kau memberikan merpati itu padaku, maka aku akan menyembuhkan matamu. Kau akan bisa melihat kembali," ujar Elang.

Merpati tak mau kalah. Ia pun menawarkan bantuan kepada lelaki itu.

"Tolong jangan serahkan aku pada Elang. Aku berjanji, jika kau melindungiku, aku akan menyembuhkan kakimu sehingga kau bisa berjalan," kata Merpati.

Lelaki itu jadi bingung, mana yang harus dia pilih. Ia ingin sembuh dari butanya, tapi juga ingin bisa berjalan. Lelaki itu lalu berpikir sejenak.

"Elang, jika kugantikan merpati ini dengan seekor itik, apa kau mau melepaskannya?" tanya lelaki itu.

"Baiklah,"jawab Elang.

"Apakah kau masih mau menyembuhkan mataku dari buta?" lelaki itu melontarkan pertanyaan lagi.

"Ya, karena kau mau mengobati rasa laparku. Aku akan menyembuhkan matamu agar kau bisa melihat kembali," terang Elang.

Lelaki itu lalu memberikan seekor itik kepada Elang. Setelah itu, Elang menyembuhkan mata lelaki itu dengan air liurnya. Lelaki itu pun bisa melihat kembali. Alangkah senangnya hati lelaki itu. Kemudian Elang pun pamit.

Setelah Elang pergi, lelaki itu melihat Merpati. Merpati merasa lega karena bisa selamat dari Elang.

"Apakah kau juga akan menepati janjimu? Aku sudah melindungimu," ucap lelaki itu.

"Ya, aku akan menyembuhkan kakimu agar kau bisa berjalan kembali," kata Merpati.

Merpati lalu mematuki kaki lelaki yang lumpuh itu. Tak butuh waktu lama, akhirnya lelaki itu pun bisa berjalan kembali. Ia nyaris tak percaya bahwa dirinya bisa melihat dan berjalan. Ia berterima kasih kepada Merpati. Setelah itu, Merpati pun pamit pulang.

Pesan moral dari Contoh Cerita Anak Mendidik : Kisah Merpati Dan Elang (Nigeria) adalah gunakan akalmu untuk mendapatkan solusi dari mosaic!) yang sedang kau hadapi.

Cerita Dongeng Pendek : Baju Baru Untuk Raja

Ada seorang raja yang gemar sekali memakai baju mewah. Hampir setiap hari ia memesan baju kepada penjahit istana. Baju-baju yang dimilikinya biasanya hanya dipakai sekali saja. Setelah itu, ia menggantungnya di lemari kaca miliknya.

"Koleksi bajuku sungguh banyak," ucap Raja, bangga.

Raja sangat senang melihat banyak baju miliknya. Ia selalu ingin tampil beda dari kebanyakan orang. Hingga suatu hari, ada perayaan besar di negerinya. Raja ingin sekali membuat baju yang istimewa. Ia akan mengundang raja-raja dari seluruh negeri.

Raja pun mengadakan sayembara. Barangsiapa yang bisa membuat baju yang sangat indah untuk raja, maka akan mendapatkan hadiah berupa koin emas.

Ada dua orang yang mengaku bisa membuatkan baju untuk Raja. Raja sangat senang. Mereka berjanji akan membuat baju yang sangat istimewa sehingga semua yang melihat Raja akan terpesona.

"Kami minta disiapkan kain dan benang emas, Raja," pinta dua penjahit itu.

Senang sekali hati Raja. Bajunya akan terbuat dari emas. Ia sudah membayangkan indahnya baju miliknya. Raja lalu menyuruh perdana menteri untuk menyiapkan semuanya. Semua yang diminta oleh dua penjahit itu pun dituruti.

Seminggu kernudian, Raja memanggil perdana menteri. Ia ingin mengetahui apakah baju miliknya sudah selesai dibuat atau belum. Perdana menteri lalu pergi menemui kedua penjahit itu. Kedua penjahit itu memang berada di istana. Mereka meminta ruang khusus untuk menjahit baju raja.

Perdana menteri masuk ke ruang penjahit. Ia menanyakan tentang baju yang dibuat untuk Raja.

"Baju untuk Raja sudah hampir selesai. Tuan lihat kan, baju ini sangat indah. Hanya orang-orang bijaksanalah yang bisa melihat baju ini. Itulah keistimewaan baju ini," ujar salah satu penjahit.

Perdana menteri tak melihat apa pun. Tetapi, ia tak mau dikatakan sebagai orang yang tidak bijaksana. Akhirnya, ia pun berpura-pura melihat baju tersebut.

Contoh Cerita Anak Mendidik Terbaik

"Baiklah, akan aku sampaikan kepada Raja," ucap perdana menteri.

Perdana menteri lalu menemui Raja. Ia berkata bahwa baju yang dibuat untuk Raja sangat indah. Raja pasti akan menyukainya. Hal itu membuat Raja semakin tak sabar untuk melihatnya.

Hingga akhirnya hari perayaan tiba. Kedua penjahit itu mendatangi Raja. Mereka berpura pura membawa baju yang cukup berat untuk raja. Tapi, sebenarnya mereka tak membawa apa pun. Hanya nampan kosong belaka.

"Raja, ini adalah baju yang kami buat. Hanya orang-orang bijaksana yang bisa melihat baju ini," ujar salah satu penjahit.

Raja kaget. Ia sama sekali tak melihat apa pun. Tetapi, ia tak mau dikatakan sebagai orang yang tidak bijaksana. Raja pun berpura-pura melihat baju itu. Bahkan beberapa menteri memuji keindahan baju yang sebenarnya tak mereka lihat.

Kedua penjahit itu berpura-pura memakaikan baju itu. Raja melepaskan pakaiannya. Ia hanya mengenakan celana pendek dan kaos dalam saja. Tetapi, Raja merasa dirinya mengenakan baju yang istimewa.

Setelah mengenakan baju itu, Raja berkeliling istana. Semua orang merasa kaget. Mereka tak bisa melihat baju Raja. Tetapi, mereka tak mau dikatakan sebagai orang yang tak bijaksana. Maka mereka pun berpura-pura melihat baju Raja. Raja merasa sangat bangga bisa memakai baju itu. Hingga kemudian ada seorang anak kecil yang berbicara kepada ibunya.

"Ibu, kenapa Raja tak memakai baju? Padahal banyak sekali orang yang harus ia temui," ucap anak kecil itu.

Raja mendengar ucapan tersebut. Kemudian ia pun sadar bahwa ia memang tak memakai baju. Malu sekali dirinya. Raja lalu memerintahkan perdana menteri untuk memanggil kedua penjahit itu. Namun, mereka sudah kabur dengan membawa banyak emas dan hadiah dari Raja. Rupanya, kedua penjahit itu adalah penipu.

Pesan moral dari cerita pendek anak anak Nigeria adalah jangan suka menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tak perlu.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

https://www.youtube.com/channel/UC_ay1jdDqXucE6Gk7FhVz5Q

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.