Contoh Cerpen Anak SD – Kisah Dongeng untuk Sekolah Dasar

17570 views

Contoh cerpen anak SD (Sekolah Dasar) yang kami posting merupakan cerita rakyat yang berasal dari Yunani dan Jerman. Kedua kisah dongeng ini sangat populer dan sudah diceritakan di berbagai buku dongeng anak di seluruh dunia. Kali ini kami memposting dua cerita pendek anak ini untuk adik-adik semua. Selamat membaca.

Contoh Cerpen Anak SD : Anak Kepiting Belajar Berjalan (Yunani)

Anak kepiting sebenarnya sudah mahir berjalan. Namun, kebanyakan kepiting memang tak bisa berjalan lurus.

Mereka selalu berjalan menyamping. Namun, Ibu Kepiting ingin mengajari cara berjalan yang benar kepada anaknya.

"Kau belum pandai berjalan," ucap Ibu Kepiting.

"Aku sudah belajar berjalan, Bu. Dan menurutku, aku sudah bisa berjalan seperti kepiting lain," timpal Anak Kepiting.

"Kau memang bisa berjalan. Tetapi, cara jalanmu itu salah. Berjalan yang benar itu harus lurus, dan kaki harus menghadap ke depan semua," terang Ibu Kepiting.

Anak kepiting mencoba mempraktikkan apa yang dikatakan oleh ibunya. Ternyata dia tetap berjalan ke samping. Saat anak kepiting itu mencoba membuat jari kakinya menghadap ke depan, dia malah merasa kesakitan.

"Aku tak bisa, Bu," ucap Anak Kepiting, pasrah.

"Pokoknya kau harus terus belajar berjalan yang benar," kata ibunya.

"Kalau begitu, apakah Ibu bisa berjalan dengan lurus dengan jari kaki menghadap ke depan?" tanya Anak Kepiting.

"Tentu saja Ibu bisa. Sekarang, perhatikanlah Ibu." pinta ibunya.

Ibu kepiting lalu mencoba berjalan. Olala... rupanya ia juga hanya bisa berjalan ke samping. Dia tak bisa berjalan dengan lurus.

"Ibu juga tak bisa berjalan lurus," ucap Anak Kepiting.

Ibunya tak kehabisan akal. Ia mencoba lagi. Kali ini dengan jari kaki menghadap ke depan. Anaknya memperhatikannya dengan tekun.

"Lihatlah." seru ibunya.

Ibunya mulai berjalan dengan jari kaki menghadap ke depan. Bruk! Dia malah terjatuh menimpa sebuah batu. Melihat hal itu, anaknya tertawa.

"Tak baik menertawakan orangtua," dengus ibunya.

Contoh Cerpen Anak SD

Contoh Cerpen Anak SD

Sejak saat itu, Ibu Kepiting sadar, memang sudah menjadi ketentuan Tuhan bahwa kepiting selalu berjalan ke samping. Tak ada kepiting yang bisa berjalan lurus. Ibu Kepiting menyadari kesalahannya. Ia pun meminta maaf kepada anaknya.

"Jadi selama ini cara jalanku sudah benar ya, Bu." tanya Anak Kepiting.

Ibu kepiting mengangguk-angguk. Ia masih menahan rasa sakit akibat terjatuh menimpa batu.

Pesan moral Contoh Cerpen Anak SD : Anak Kepiting Belajar Berjalan (Yunani) dari adalah jangan hanya bisa bicara, tapi tak bisa melakukan

Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar : GADIS Kecil BERHATI EMAS (JERMAN)

Ada seorang gadis kecil yang miskin. Ia tak memiliki apa pun selain pakaian serta penutup kepala yang ia kenakan.

Gadis kecil itu sedang membawa sepotong roti. Roti itu ia dapatkan dari seseorang yang kasihan kepadanya.

Hari ini udara cukup dingin. Untunglah gadis itu memiliki jaket tebal yang dipakainya. Gadis kecil itu bertemu dengan anak sebayanya. Anak yang sebaya dengannya itu menghampiri si gadis kecil.

"Bolehkah aku meminta makananmu? Perutku sangat lapar," ucap anak kecil itu.

"Oh, tentu saja," jawab si Gadis Kecil.

Gadis kecil itu memberikan rotinya kepada anak kecil tersebut. Padahal, ia juga sangat lapar.

"Aku masih bisa menahan lapar. Sementara sepertinya anak kecil itu sudah sangat kelaparan. Kalau aku tak memberikan makananku, pasti dia akan sangat menderita," gumam gadis kecil itu.

Gadis itu kembali berjalan lagi. Ia bertemu dengan nenek yang kedinginan. Ia merasa iba dengan nenek itu. Nenek itu tak mengenakan jaket.

Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar

Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar

"Bolehkah aku minta jaketmu? Aku sangat kedinginan." ucap si nenek.

Gadis kecil itu lalu melepaskan jaketnya. Ia memberikan jaket itu kepada si nenek yang kedinginan.

"Pakailah, Nek," ujar gadis kecil itu.

"Kau sungguh baik. Semoga Tuhan selalu melindungimu," ucap si nenek.

Kini, gadis kecil itu merasa kedinginan dan lapar. Namun, ia tak menghiraukan itu. Ia berjalan menuju hutan. Barangkali di hutan ada buah-buahan yang bisa ia makan.

Gadis kecil itu bertemu dengan anak laki-laki. Anak laki-laki itu mendekatinya."Bolehkah aku meminta tutup kepalamu? Aku sangat kedinginan," ucap anak laki-laki itu.

Gadis kecil itu melepaskan tutup kepalanya, lalu memberikannya kepada anak laki-laki itu. Kini lengkap sudah apa yang ia rasakan, yakni kedinginan dan kelaparan.

Malam pun tiba. Gadis kecil melihat cahaya bintang yang bertaburan di langit. Tiba-tiba, tubuh gadis kecil itu bercahaya, menyerupai cahaya bintang. Olala... lihatlah, baju gadis kecil itu berubah menjadi emas. Bahkan dari atas langit, banyak emas yang bertaburan.

Sungguh senang hati gadis kecil itu. Ia lalu mengambil emas yang jatuh dari langit. Semenjak kejadian itu, gadis kecil berubah menjadi gadis yang kaya raya. Namun, ia tetap baik hati dan suka menolong sesamanya.

Pesan moral dari Contoh Cerita Cerpen (Cerita Pendek) Anak adalah memberi pada saat kita sedang susah itu luar biasa. Tuhan akan memberikan gantinya melebihi apa yang kita berikan kepada orang lain.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.