Dongeng Cerita Rakyat : Roda-Roda Berderit (Yunani)

1003 views

Ada dua ekor kerbau yang sedang menarik sebuah gerobak petani. Mereka sering kali membawa beban yang berat. Meski begitu, tak sekalipun mereka mengeluh.

"Petani sudah merawat kita, jadi kita tak boleh mengeluh. Ini adalah ucapan terima kasih kita terhadapnya," ucap salah satu kerbau.

"Benar yang kau katakan temanku. Ayo kita bekerja lebih giat lagi agar petani pun lebih semangat bekerjanya," balas temannya.

Beberapa kali mereka bolak-balik ke rumah dan ladang petani. Mereka mengangkut hasil panen petani yang cukup banyak. Hal itu mereka lakukan dengan senang hati.

Namun, lihatlah dua roda gerobak itu. Mereka selalu mengeluh dan berderit saat membawa beban yang berat. Padahal, yang bekerja keras adalah kerbau, tapi si roda gerobak terus saja mengeluh. Kedua kebau diam saja. Mereka tak menghiraukan keluhan dua roda gerobak itu.

Keesokan harinya, petani hendak menjual hasil panennya ke pasar. Setelah diberi makan, kedua kerbau itu langsung mengangkut hasil panen petani ke pasar.

"Apa kau sudah siap, temanku?" tanya salah satu kerbau.

"Tentu saja sudah. Bagaimana denganmu roda gerobak?" tanya Kerbau kepada roda gerobak.

Roda gerobak hanya mengeluh. Mereka memang tak pernah bersemangat. Mereka kemudian pergi ke pasar bersama Pak Tani. Olala... rupanya jalan menuju pasar berlumpur dan sulit dilalui. Hal itu membuat roda gerobak masuk ke lumpur.

Kedua kerbau harus lebih kuat lagi menarik gerobaknya. Benar-benar berat. Saat kedua kerbau itu menarik gerobak, malah terdengar keluhan lagi dari roda gerobak. Kerbau yang biasanya diam kali ini agak kesal.

"Hei, kau diamlah, jangan selalu berderit. Kau sama sekali tak bekerja. Kamilah yang menarik gerobak di jalan berlumpur ini," seru salah satu kerbau.

Roda yang tadinya berderit kencang kini diam. Benar apa yang dikatakan kerbau. Tak seharusnya mereka terus mengeluh. Mengeluh hanya akan membuat masalah menjadi semakin berat.

Kedua kerbau masih terus berusaha menarik gerobak tersebut. Gerobak itu terasa semakin berat, ditambah lagi beban hasil panen yang melimpah.

Dongeng Cerita Rakyat Yunani

Dongeng Cerita Rakyat Yunani

Butuh waktu agak lama untuk menariknya. Namun, berkat kerja keras dan semangat kedua kerbau itu, akhirnya gerobak pun berhasil ditarik. Senangnya hati kedua kerbau itu.

Kini, roda gerobak mulai belajar dari kerbau. Ia tak akan lagi mengeluh. Mengeluh hanya membuat hidup menjadi tak indah.

Pesan moral dari Dongeng Cerita Rakyat : Roda-Roda Berderit (Yunani) adalah mengeluh hanya akan membuat masalah menjadi semakin berat. Sebaliknya, semangat akan membuat masalah menjadi terasa ringan. Yuk, bersemangat!

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.