Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar (SD) dari Yunani

2233 views

Contoh cerpen anak sekolah dasar yang kami pilih selalu memiliki pesan moral yang dapat disisipkan pada saat ayah dan bunda mendongeng. Biasakan mendongeng sebelum anak tidur agar ikatan emosional orang tua dan anak semakin meningkat. Salam dari kami dan selamat mendongeng.

Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar : Landak Dan Ular (Yunani)

Keluarga landak kebingungan. Tempat tinggal mereka rusak akibat kebakaran hutan. Mereka harus mencari tempat tinggal baru.

"Kita mau ke mana, Ayah?" tanya anak landak.

"Kita cari saja gua. Gua aman dari kebakaran hutan," ucap Ayah Landak.

Mereka pun menuju ke salah satu gua. Gua itu tak terlalu besar. Namun, sepertinya cukup nyaman untuk mereka tempati.

"Apakah ada yang tinggal di gua ini?" seru Ayah Landak.

"Tentu saja ada. Kami yang selama ini menempati gua ini. Gua ini adalah rumah kami," ucap salah satu ular.

Rupanya di gua itu tinggal keluarga ular. Landak menceritakan apa yang menimpa mereka. Mendengar hal itu, Ular merasa iba.

"Lebih baik kalian tinggal di sini untuk sementara," ucap Ular.

Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar

Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar

Alangkah senangnya keluarga landak Akhirnya mereka tinggal di gua yang tak terlalu besar itu.

Berhari-hari mereka tinggal bersama Ular. Ular sangat baik kepada mereka. Tetapi, lama kelamaan keluarga ular merasa terganggu dengan tubuh landak yang berduri. Terkadang, landak tak sengaja bersentuhan dengan ular. Tentu saja itu membuat tubuh ular terluka.

Akhirnya ular meminta secara baik-baik kepada landak agar landak keluar dari gua itu.

"Sepertinya kau harus mencari tempat tinggal baru. Kau tahu kan, kami sering terluka oleh tubuhmu yang berduri itu," ujar Ular.

Keluarga landak tak mau pindah. Jika Ular keberatan tinggal dengan mereka, maka ularlah yang harus keluar dari gua, begitu pikir Ayah Landak.

"Kami sudah nyaman tinggal di sini. Kalau kalian tak nyaman tinggal bersama kami, kalian boleh pergi dari sini," balas Ayah Landak.

Sebenarnya keluarga ular sangat marah. Keluarga landak sungguh tak tahu diri. Ular sudah menolongnya, namun kini malah ular yang diusir dari rumahnya.

"Dasar landak tak tahu diri," dengus Ular

Landak yang mendengar hal itu hanya diam. Sementara itu, keluarga ular bersiap-siap pergi mencari tempat tinggal baru. Mereka tak mau terluka lagi akibat tubuh landak yang berduri. Sejak saat itu, ular tak mau berhubungan lagi dengan keluarga landak.

Pesan moral dari Contoh Cerpen Anak Sekolah Dasar adalah memiliki tubuh yang kuat bukan berarti bisa berbuat semaunya sendiri.

Cerita Bergambar Anak SD : Monyet Dan Kucing (Yunani)

Kucing dan monyet tinggal serumah. Mereka dipelihara oleh seorang majikan. Setiap hari mereka selalu bersama. Makan bersama, bermain juga bersama.

Monyet tak seperti kucing. Monyet memiliki sifat yang licik. Padahal, kucing adalah sahabat yang baik.

Suatu hari, sang Majikan sedang membakar kacang. Majikan itu meninggalkan kacang tersebut. Saat itulah kucing dan monyet mendekat ke tempat kacang itu dibakar.

"Biar aku saja yang mengambil kacang-kacang itu," ujar Monyet."Tetapi, tanganku lagi sakit. Apa kau mau mengambil kacang-kacang itu di dalam api? Setelah itu aku akan membagi rata denganmu," lanjutnya kepada Kucing.

Monyet berpura-pura baik. Padahal, ia ingin mengambil semua kacang yang sedang dibakar.

"Baiklah, aku akan mencoba mengambilnya," ucap Kucing.

Kucing pun mencoba mengambil kacang-kacang itu. Olala... bulu-bulunya sampai terbakar. Sementara itu, Monyet berada di belakangnya, memunguti kacang yang sudah diambil oleh Kucing.

Monyet memang sangat licik. Saat Kucing tengah sibuk mengambil kacang di dalam api, Monyet malah diam-diam memakan kacang itu. Sedangkan Kucing tetap fokus mengambil kacang-kacang itu dengan tangannya.

Saat Kucing menoleh, rupanya Monyet telah memakan habis semua kacang tersebut.

"Dasar kau Monyet! Tanganku sampai melepuh untuk mengambil kacang-kacang itu, sedangkan kau malah enak-enakan memakannya sendiri," seru Kucing.

Monyet kaget saat Kucing melihatnya. Ia pikir Kucing akan tetap fokus pada kacang yang ada di dalam api.

"Maafkan aku, aku lapar sekali," ucap Monyet.

"Kau sungguh serakah," balas Kucing.

Cerita Bergambar Anak SD Yunani

Cerita Bergambar Anak SD Yunani

Kucing benar-benar marah. Sebenarnya ingin sekali ia mencakar Monyet. Namun, pemilik sudah keburu datang. Kucing dan Monyet pun segera lari agar tak diketahui oleh pemilik rumah.

Sejak saat itu, Kucing tak mau lagi berteman dengan Monyet. Tak sepantasnya teman melakukan hal seperti yang dilakukan oleh Monyet.

Pesan moral dari Dongeng Cerpen Anak Sekolah adalah jangan suka berkhianat dengan temanmu. Hargailah kepercayaan yang mereka berikan.

Jangan lupa untuk follow kami di facebook dan youtube dengan mengklik link dibawah ini yah.

https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.