Cerita Anak Ramadhan : Keledai yang Suka Mengeluh

1121 views

Cerita Anak Ramadhan yang akan kakak ceritakan di bulan Ramadhan ini masih lanjutan dari kumpulan dongeng anak Ramdhan sebelumnya. Dari Cerita rakyat ini bisa kita petik beberapa pelajaran. Yuk kita ambil hikmahnya bersama-sama.

Cerita Anak Ramadhan : Keledai yang Suka Mengeluh

Suatu ketika, hiduplah seekor keledai yang suka mengeluh. Setiap hari kerjanya hanya mengeluh dan mengeluh.

"Aku benci bangun lebih pagi dibandingkan ayam jago. Aku harap aku bisa tidur sampai sore. Lebih mengesalkan lagi, aku harus pergi membawa buah-buahan dan sayuran ke pasar," keluh keledai setiap hari.

Petani tahu keledai itu sering mengeluh. "Aku benci keledai yang suka mengeluh ini. Ia tidak berhak mengeluh. Pekerjaannya ringan sekali dan ia mendapat banyak makanan," kata petani dalam hati.

Suatu hari, seorang pedagang kulit datang. Ia ingin membeli si keledai. Dengan senang hati petani menjualnya.

"Aku harap dia menikmati pekerjaan barunya. Ia tidak senang hidup denganku," kata petani pada pedagang kulit.

Pedagang kulit pun menyuruh keledai mengangkut kulit binatang yang berat. Selain berat, kulit binatang juga sangat bau.

"Ya ampun, aku harap bisa kembali bekerja pada petani. Buah dan sayuran baunya segar. Tidak seperti kulit binatang. Belum lagi pedagang kulit itu galak dan sering memukulku. Aku benci bekerja pada pedagang kulit," keluh keledai.

Pedagang kulit lalu menjual keledai kepada penambang batu bara. Kini, keledai dipekerjakan sebagai pengangkut batu bara. Tambangnya gelap dan kotor. Keledai disuruh bekerja sejak pagi sampai sore, tanpa istirahat.

Cerita Anak Ramadhan

Cerita Anak Ramadhan

"Ini lebih buruk lagi. Aku harap bisa kembali bekerja pada petani atau bahkan pada pedagang kulit daripada bekerja di lubang gelap seperti ini," keluh keledai. Itulah nasib bagi keledai yang suka mengeluh dan tidak pernah bersyukur.

Pesan moral dari Cerita Anak Ramdhan : Keledai yang Suka Mengeluh adalah jangan suka mengeluh. Syukurilah nikmat yang telah diberikan Tuhan kepadamu. Lakukan tugasmu dengan sebaik-baiknya dan jangan lupa ikutilah nasihat dari kedua orang tuamu karena pasti orangtuamu ingin yang terbaik untukmu.

Hai adik-adik sambil menunggu waktu berbuka baca juga Cerita Anak Islami kami yang lain seperti Sejarah Mukjizat Cerita Kisah Nabi Ibrahim AS dan Mukjizat dan Kisah Nabi Nuh AS : Cerita Anak Muslim

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.