Cerita Rakyat Luar Negri Terbaru Terbaik

1388 views

Bulan ini bisa dibilang adalah edisi cerita rakyat luar negri, karena hampir semua dongeng anak terbaik yang Kakak posting merupakan dongeng yang berasal dari luar negeri. Bagi kalian yang menyukai dongeng rakyat Indonesia kalian bisa menemukannya di kategori cerita rakyat nusantara. Untuk saat ini selamat menikmati cerita rakyat luar negeri terbaru dari kami. Selamat membaca.

Cerita Rakyat Luar Negri Dari Cina : Harimau, Monyet, Dan Rusa Jantan

Suatu hari, harimau yang hidup di sebuah hutan tidak pernah pergi ke seberang sungai karena takut pada air. Ia tetap berada di satu sisi sungai dan memangsa binatangbinatang di sekitar situ.

Suatu hari, harimau berhasil menangkap monyet. Monyet ketakutan sekali dan memohon-mohon agar tidak dibunuh.

"Aku mohon jangan bunuh aku. Aku punya anak yang masih kecil. Bagaimana nanti hidup anakku tanpa aku," mohon monyet sambil menangis.

"Ah, apa peduliku pada keluargamu," bentak harimau tidak peduli.

"Aku mohon, Tuan Harimau. Lagipula aku hanya binatang kurus. Dagingku tidak banyak. Jika engkau mau mengampuniku, aku akan tunjukkan binatang yang dagingnya sangat lezat," rayu monyet.

"Binatang apa itu?" tanya harimau penasaran.

"Namanya rusa. la tinggal di seberang sungai. Aku akan ajak kau menemuinya," kata monyet.

Cerita Rakyat Luar Negri Dari Cina

Harimau diam sejenak. la tidak pernah bertemu rusa karena berada di seberang sungai. "Tapi, aku tidak bisa menyeberang sungai. Aku takut air," kata harimau.

“Di seberang sana ada pohon yang tumbang ke sungai. Kita bisa menyeberang lewat pohon itu," ajak monyet.

Mereka pun menyeberang melalui pohon itu. Sesampainya di seberang sungai, monyet mengajak harimau menemui rusa jantan yang besar. Rusa kaget melihat monyet membawa harimau. la pun cepat berpikir.

Sementara itu, harimau sendiri kaget melihat binatang seperti rusa. la tidak pernah melihat binatang segagah itu. Tiba-tiba, terdengar suara bentakan rusa.

"Bagaimana kau ini, Monyet? Kau janji membawakanku seratus kulit harimau. Kau cuma bawa satu!" bentak rusa dengan suara berat.

Harimau ketakutan mendengar itu. la Iangsung lari tunggang-langgang. Saat, menyeberang sungai, ia terpeleset. Akhirnya, harimau mati tenggelam dan monyet selamat berkat rusa yang cerdik.

Pesan Moral dari Cerita Rakyat Luar Negri Dari Cina adalah jadilah anak yang cerdik dan banyak akal. Rajin-rajinlah belajar dan banyak membaca agar kamu tidak tertipu oleh hal yang kamu tidak ketahui. Orang yang banyak belajar dan membaca akan mempunyai banyak pengetahuan untuk bisa menyelesaikan berbagai masalah.

Cerita Rakyat Luar Negeri dari Rusia : Anak Burung Cuckoo Yang Durhaka

Dahulu kala, hiduplah induk cuckoo (sejenis tekukur) yang mempunyai tiga anak. Suatu hari, induk cuckoo sakit parah hingga tidak bisa mencari makan sendiri.

Namun demikian, ketiga anaknya tidak merawat induk cuckoo. Mereka tidak mencarikan makanan untuk ibunya. Mereka hanya bermain sepanjang hari dan tidak mengacuhkan ibunya.

Induk cuckoo berkata kepada anak tertuanya, “Tolong ambilkan Ibu air. Ibu haus sekali!"

Cerita Rakyat Luar Negeri dari Rusia

Anak tertua malas-malasan menjawab, "Di luar dingin sekali, Ibu. Aku tidak bisa mengambil airnya."

Sama seperti kakaknya, kedua adiknya juga tidak mau mengambilkan ibunya air, walaupun hanya setetes. Akhirnya, karena haus yang tidak tertahankan, induk cuckoo terpaksa terbang mengambil sendiri air minum. Tenaganya lemah sekali sehingga terbangnya sangat pelan dan tidak beraturan.

Induk cuckoo sakit hati karena sikap anakanaknya. Sejak saat itu, ia tidak mau lagi melihat anak-anaknya. Sejak itu pula anak burung cuckoo tidak mengenal ibunya dan sebaliknya ibunya juga tidak mengenal anak-anaknya.

Seekor induk cuckoo terbiasa bertelur di sarang burung lain, lalu meninggalkannya. Saat anak-anaknya menetas, mereka harus mencari makan sendiri dan mempertahankan hidup sendiri

Pesan Moral dari Dongeng Luar Negri dari Rusia adalah hargai dan patuhilah perintah kedua orangtuamu. Sebab, mereka yang telah melindungi dan merawatrnu sewaktu kecil. Jangan pernah mengecewakan mereka.

Legenda Anak Luar Negri dari Yunani : Kisah Singa Dan Lalat Yang Sombong

Dahulu kala, ada seekor singa yang suka melintasi hutan rimba sambil mengaum dengan kerasnya.

la ingin menunjukkan bahwa dirinya adalah raja hutan.

Singa terus mengaum sepanjang hari sampai-sampai mengganggu binatang lainnya yang sedang tidur. Namun, tidak ada yang berani mengingatkan apalagi melarang singa. Jadi, seenaknya saja singa mengaum seharian, "Auuuummmm."

"Aduh, berisik sekali singa itu. Anak-anakku tidak bisa tidur kalau begini terus," kata induk merpati.

"Iya, aku juga susah tidur," timpal kelinci.

"Tapi, bagaimana lagi? Tidak ada yang berani mengingatkan singa," lanjut kelinci lagi.

"Aku berani," tiba-tiba lalat berkata.

"Lihat saja! Aku akan menghentikan kesombongan singa itu," timpal lalat.

Lalat lalu terbang menghampiri singa yang sedang asyik mengaum.

"Mengapa kau mengaum terus? Tidak tahukah kau bahwa ada banyak binatang lain di sini? Mereka tidak bisa tidur karena aumanmu?" tegur lalat pada singa.

Legenda Anak Luar Negri dari Yunani

Singa marah karena kelancangan lalat. "Aku ini raja hutan. Aku bebas melakukan apa pun sesuka hatiku," katanya sambil membusungkan dada.

Lalat kesal dan ingin memberi singa pelajaran. la segera terbang dan masuk ke dalam hidung singa. la menggelitik bagian dalam hidung singa. Singa mencoba bersin, tapi tidak berhasil mengeluarkan lalat.

Singa juga mencoba menggaruk hidungnya dan melompat ke sana-sini, tapi tetap saja lalat tidak bisa dikeluarkan. Akhirnya, ia menyerah.

"Apakah kau menyerah?" kata lalat di dalam hidung singa.

"Apakah kau menerima, bahwa walaupun raja hutan, kau tidak boleh seenaknya terhadap binatang lain?" kata lalat lagi.

Sambil menahan sakit, singa berkata, "Ya, ya, aku menyerah. Aku minta maaf."

Lalat keluar sambil membusungkan dada. Binatang lain bertepuk tangan memuji lalat. Kini, lalatlah yang menjadi sombong. la terbang kesana-kemari sambil membusungkan dada.

Tanpa disadari, karena lengah saat terbang, ia terjebak di perangkap laba-laba. Akhirnya, lalat mati dimakan laba-laba. ltulah akhir dari sebuah kesombongan

Pesan Moral dari Legenda Anak Luar Negri dari Yunani adalah jangan sombong dan suka menganggap remeh orang lain. Jika memang kamu pandai, pergunakan kemampuanmu untuk menyelesaikan masalah dan membantu orang yang membutuhkan.

Temukan cerita rakyat luar negri seru lainnya pada artikel kami berikut ini Cerita Dongeng Luar Negeri Terbaik Untuk Anak

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.