Cerita Rakyat Kaltim : Dongeng Kalimantan Timur

5003 views

Cerita Rakyat Kaltim yang kakak posting malam hari ini adalah artikel ketiga di blog dongengceritarakyat.com yang berisi Dongeng Kalimantan Timur. Hampir semua dongeng dari Kalimantan yang Kakak miliki berkisah mengenai kerajaan atau asal usul nama daerah. Tidak jauh berbeda dengan legenda-legenda sebelumnya, dongeng yang kakak ceritakan saat ini bercerita mengenai asal muasal Danau Lipan yang ada di Kalimantan timur. Selamat Membaca

Cerita Rakyat Kaltim - Dongeng Kalimantan Timur : Asal Usul Danau Lipan

Danau Lipan adalah sebuah wilayah yang merupakan bagian dari Kecamatan Muara Kaman, Provinsi Kalimantan Timur. Meskipun namanya danau, tetapi wilayah ini tidak berbentuk sebuah danau, tetapi merupakan padang yang luas.

Dahulu kala, daerah ini merupakan kerajaan besar yang dipimpin oleh seorang putri cantik jelita yang adil bijaksana bernama Putri Aji Bedarah Putih. Ia diberi nama Aji Bedarah Putih, karena kulitnya yang sangat putih. Ia punya kebiasaan mengunyah sirih dan menelan air sepahan sirihnya. Sebagai pemimpin, ia berhasil membangun kerajaan itu menjadi kerajaan yang sangat makmur dan tenteram. Kemakmuran negeri itu terlihat dengan adanya sebuah sumur yang dinamakan Sumur Air Berani. Air sumur itu sangat deras, tidak pernah kering, dan menjadi sumber air bagi para penduduk.

Kecantikan dan keanggunan putri tersebut terkenal sampai ke kerajaan-kerajaan tetangga. Banyak pangeran dan raja yang datang meminangnya, tetapi tak satu pun diterima oleh Putri Aji Bedarah Putih.

Berita tentang Putri Aji Bedarah Putih sampai telinga Raja Cina. Ia merasa penasaran, mengapa tidak satu pun lamaran dari para raja dan pangeran yang diterima oleh putri itu. Ia ingin tahu sehebat apakah Putri Aji Bedarah Putih. Lalu, ia berniat mendatangi kerajaan sang putri dan meminangnya.

Raja Cina mempersiapkan segala sesuatunya dengan saksama. Ia menyiapkan aneka hadiah yang bernilai tinggi untuk dipersembahkan kepada Putri Aji Bedarah Putih.

Kedatangan rombongan Raja Cina disambut baik oleh Putri Aji Bedarah Putih. Ia menyediakan jamuan makan yang mewah. Putri Aji Bedarah Putih sengaja menjamu makan Raja Cina untuk melihat sifat raja ini. Namun, Raja Cina tidak mengetahui kalau ia sedang diuji.

Raja Cina makan dengan lahap. Ternyata, cara makan Raja Cina sangat menggelikan. Ia makan tidak menggunakan tangan, tetapi langsung menyesapnya dengan menggunakan mulut. Putri Aji Bedarah Putih sangat jijik melihatnya. Setelah makan, Raja Cina mengutarakan maksudnya untuk meminang Putri.

"Mohon maaf, Raja Cina. Menurutku kau bukanlah jodoh yang baik untukku. Cara makanmu tidaklah seperti manusia pada umumnya, tetapi seperti hewan yang memakan makanannya langsung dengan mulut, tidak dengan tangan."

Cerita Rakyat Kaltim Dongeng Kalimantan Timur

Cerita Rakyat Kaltim Dongeng Kalimantan Timurkali

Raja Cina sangat murka. Ketika kembali ke kapal, ia memerintahkan pasukannya untuk menyerang Kerajaan Putri Aji Bedarah Putih. Tentara Raja Cina sangat kuat, ini membuat pasukan Kerajaan Putri Aji kewalahan dan banyak yang gugur.

Putri Aji Bedarah Putih sangat khawatir dengan kondisi ini. Kemudian, ia berdoa kepada Tuhan.

"Ya Tuhan, jika memang benar Kau berikan aku kesaktian, jadikanlah sepah-sepah dari sirih yang aku kunyah ini menjadi lipan-lipan raksasa yang dapat menyerang habis Raja Cina dan pasukannya."

Lalu, ia mengunyah sirihnya dan menyemburkan sepah-sepahnya ke wilayah pertempuran. Dalam sekejap, saja ampas sirih putri berubah menjadi ribuan lipan raksasa. Lipan-lipan itu menyerang pasukan Raja Cina sampai ke kapalnya. Bahkan, beberapa ekor lipan membalikkan kapal tersebut hingga tenggelam. Raja Cina pun mati bersama seluruh pasukannya.

Seiring dengan tewasnya Raja Cina dan seluruh tentaranya, Putri Aji Bedarah Putih pun menghilang secara gaib. Herannya, Sumur Air Berani pun secara gaib ikut menghilang. Laut tempat tewasnya Raja Cina dan pasukannya kemudian menjadi dangkal dan berubah menjadi sebuah padang yang luas dan ditumbuhi tumbuhan perdu. Oleh masyarakat setempat padang luas itu dinamakan Danau Lipan.

Pesan moral dari Dongeng Kalimantan Timur - Cerita Rakyat Kaltim adalah seorang pemimpin haruslah bersikap bijaksana dan memikirkan kebaikan orang banyak. Untuk kesejahteraan orang banyak seorang pemimpin harus mau berkorban.

Baca dongeng Kaltim lainnya pada artikel yang pernah kakak posting berikut ini Cerita Rakyat Kalimantan Timur : Ratu Aji Bidara Putih dan Kumpulan Kumpulan Cerita Rakyat dari Kalimantan.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.