Cerita Pendek Anak TK dan SD Terpopuler dari Inggris dengan Hikmah

Advertisements

Cerita pendek anak TK memang sedikit berbeda dengan dongeng untuk anak SD. Cerpen anak TK biasanya sederhana dan sering diilustrasikan menjadi cerita hewan atau fabel. Sedangkan cerita pendek untuk anak SD biasanya lebih komplek dan lebih menarik. Untuk dongeng kali ini, bisa diceritakan baik untuk Taman Kanak-Kanan maupuan untuk usia Sekolah Dasar. Selamat membaca.

Cerita Pendek Anak TK dan SD : Dick Whittington (Inggris)

Pada zaman dahulu kala di sebuah desa kecil bernama Gloucestershire di negara Inggris, hidup seorang anak laki-laki yang sangat sederhana. Namanya Dick Whittington.

Orangtuanya sudah meninggal. Pakaian yang dia kenakan pun sangat biasa. Saat usianya empat betas tahun, dia pergi ke kota London.

Cerita Pendek Anak TK dan SD
Cerita Pendek Anak TK dan SD

Sesampainya di London, dia merasa kelelahan dan sangat lapar. Dia berusaha mencari tempat tidur dan makan. Tetapi, ia tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

Suatu ketika, Dick tidur di teras sebuah rumah mewah.

Advertisements

"Apa yang kau lakukan. di sini, anak malas? Pergilah sekarang juga!" hardik seorang koki.

"Maaf. aku hanya ingin makan. Aku akan melakukan apa pun yang kau mau," rintih Dick.

Koki itu pun segera menyeret Dick masuk ke dapur. Ia menyuruh Dick untuk membersihkan peralatan masak dan melakukan tugas lainnya. Setiap harinya, Dick diperlakukan kurang baik oleh koki itu. Ia bahkan hanya diberi makanan sisa oleh si koki.

Pemilik rumah itu adalah Sir Hugh Fitzwarren, seorang saudagar yang baik hati. Dia memiliki anak perempuan bernama Alice. Alice pun anak yang baik. Dia sering bercerita dengan Dick di dapur.

Suatu ketika, seluruh pelayan bercerita tentang kapal Sir Hugh yang akan berlayar ke Afrika. Pelayan boleh menitipkan apa pun yang dimilikinya untuk dijual, dan tentunya mereka akan mendapatkan uang.

Dick merasa dia tidak memiliki apa pun di dunia ini. Yang dia miliki hanyalah seekor kucing. Berkat bujukan Alice, akhirnya Dick mau menitipkan kucing itu untuk dijual.

Advertisements

Saat Sir Hugh dan Alice pergi, sang koki makin memperlakukan Dick dengan sangat buruk. Karena tak tahan berada di sana, Dick memutuskan untuk pergi.

Sementara itu, kapal telah sampai di Afrika. Kapten segera menemui Raja dengan membawa barang yang akan dijual, kecuali seekor kucing yang ditinggalkan di kapal. Kapten kemudian melihat banyak tikus berkeliaran di sekeliling istana.

"Maaf, Raja. Di kapal, saya membawa binatang yang bisa memakan habis tikus-tikus yang ada di sini," ujar sang kapten.

Sepertinya Raja tidak pernah mendengar tentang binatang itu. Raja pun segera memerintahkan kapten untuk membawa binatang tersebut ke hadapan Raja.

Ya, binatang tersebut tak lain adalah kucing milik Dick. Saat kucing itu diletakkan di atas lantai, ia langsung memakan tikus-tikus dengan lahap. Raja menjadi amat senang, dan langsung membeli kucing itu dengan harga yang mahal.

Keesokan harinya, kapal itu kembali ke London. Sir Hugh meminta kepada pelayan untuk memanggilkan Dick. Tetapi, sayangnya Dick sudah pergi entah ke mana.

Sir Hugh mencari keberadaan Dick. Tak sengaja, Sir Hugh melihat Dick sedang terkapar kelaparan di jalan.

Advertisements

"Apa yang kau Iakukan di sini, Dick? Ayo, ikut denganku. Lihatlah apa yang sudah dihasilkan kucingmu itu," ujar Sir Hugh sambil membantu Dick berdiri.

Dick menerima ajakan Sir Hugh. Sir Hugh membantu Dick agar bisa menjadi seorang saudagar dengan uang yang didapatkan dari hasil penjualan kucing. Karena, kegigihannya, Dick akhirnya menjadi seorang yang kaya. Ia pun menikahi Alice, putrl Sir Hugh.

Dick lalu dipercaya menjadi seorang wall kota di London, Namanya kemudian berubah menjadi Sir Richard Whittington.

Hikmah yang dapat dipetik dari Cerita Pendek Anak TK dan SD ini adalah bersabarlah dan terus berusaha. Setiap usaha pasti akan membuahkan hasil.

Baca juga dongeng cerita singkat anak TK lainnya pada posting kami berikut ini:

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.