Dongeng Cerita Rakyat Pendek : Anjing dan Bayangannya

Dongeng cerita rakyat pendek yang kami ceritakan di malam hari ini masih diambil dari kumpulan cerita anak HC Andersen. Banyak sekali dongeng dari HC Andersen yang terkenal di dunia. Di blog ini, banyak sekali karya-karyanya yang sudah kami posting.

Dongeng Cerita Rakyat Pendek HC Andersen: Fabel Anjing dan Bayangannya

Suatu hari seekor anjing bermain-main di dekat rumah seorang wanita tua yang baik hati. Wanita itu memberikan tulang-tulang yang besar untuk anjing tersebut. Dengan senang hati, anjing langsung membawa tulang-tulang itu untuk dimakannya di rumah.

Namun, anjing harus melewati sungai yang panjang. Ketika tiba di tengah sungai, dia melihat sebuah bayangan yang terpantul di air. Dia melihat bayangan anjing lain yang membawa tulang lebih besar darinya.

“Wah, di dasar sungai ada tulang yang lebih besar dari yang kubawa. Aku akan segera mengambilnya, sebelum ada anjing lain yang datang,” gumam si anjing.

Advertising
Advertising

Tanpa pikir panjang, si anjing langsung masuk ke dalam sungai. Tulang yang dia dapat dari wanita tua pun dibiarkannya begitu saja.

Andai si anjing tidak serakah dan mau berpikir sejenak, pastilah is akan menyadari bahwa yang ada di dasar sungai itu hanyalah bayangannya. Dia pun tidak akan bersusah payah berenang untuk menggapai tulang bayangannya.

Sesampainya si anjing di tepi sungai, barulah dia tersadar. Apa yang dilakukannya adalah kebodohan dan keserakahan. Kini, si anjing hanya bisa bersedih menyesali perbuatannya. Ternyata tulang yang didapatkannya dari wanita tua sudah hilang entah ke mana.

“Sungguh bodohnya aku. Andai saja aku tak serakah, pasti aku tak akan kehilangan tulang milikku,” isak anjing itu sambil berjalan pulang tanpa membawa apa-apa.

Pesan moral dari Dongeng Cerita Rakyat Pendek adalah selalu bersikap baiklah dengan siapa pun, maka kamu akan mendapatkan kebaikan pula.

Baca juga dongeng fabel pendek lainnya: