Cerita Dongeng Rakyat Bali : Asal Muasal Buleleng dan Singaraja

Cerita Dongeng Rakyat Bali yang kami ceritakan malam hari ini merupakan lanjutan posting kami sebelumnya yaitu Kumpulan Cerita Rakyat Bali Paling Terkenal. Legenda kali ini pun masih berasal dari Bali, selamat membaca.

Cerita Dongeng Rakyat Bali : Sejarah Asal Mula Buleleng dan Singaraja

Sri Bagening adalah penguasa Bali. Sang Raja memiliki banyak istri, salah satunya S

Luh Pasek. Ni Luh Pasek berasal dari Desa Panji dan masih keturunan Kyai Pasek Gobleng. Suatu hari, Ni Luh Pasek mengandung. Oleh suaminya, ia dititipkan kepada Kyai Jelantik Bogol. Tak berapa lama anaknya lahir. Anak itu diberi nama I Gede Pasekan.

Seiring waktu, I Gede Pasekan tumbuh menjadi menjadi pemuda yang sangat dicintai dan dihormati oleh rakyat.

Suatu hari, ia disuruh untuk pergi ke suatu bukit. Ia dibekali dua senjata pusaka,

yaitu Keris Ki Baru Semang dan Tombak Ki Tunjung Tutur. Suatu malam di tengah perjalanan, datang makhluk ajaib penghuni hutan.

Makhluk ajaib itu mengangkat I Gede Pasekan ke atas pundaknya. I Gede Paseka

pun dapat melihat pemandangan lautan dan daratan. Ketika memandang timur dan barat laut, I Gede Pasekan melihat pulau yang amat jauh. Ketika melihat selatan, pandangan I Gede Pasekan terhalang gunung.

Cerita Dongeng Rakyat Bali : Asal Muasal Buleleng

Cerita Dongeng Rakyat Bali : Asal Muasal Buleleng

"Apa yang telah engkau lihat akan menjadi daerah kekuasaanmu," bisik makhluk gaib itu.

Paginya, rombongan kembali melanjutkan perjalanan. Meski penuh rintangan, akhirnya rombongan berhasil mencapai tujuan, yaitu Desa Panji.

Suatu hari, ada perahu Bugis yang terdampar di Pantai Panimbangan. Perahu itu terjebak karang sehingga tidak bisa ke mana-mana. Pimpinan penumpangnya pun meminta tolong I Gede Pasekan untuk mengangkat perahu tersebut. Sebagai imbalannya, sebagian isi perahu akan diberikan kepada I Gede Pasekan.

Setelahnya I Gede Pasekan segera bersemadi. Dengan kekuatan gaibnya, ia mengangkat perahu tersebut. Para warga Bugis bergembira. Setengah dari isi perahu itu diberikan kepada I Gede Pasekan. Sejak itu, I Gede Pasekan menjadi orang kaya dan bergelar I Gusti Panji Sakti.

Seiring waktu, kekuasaan I Gede Pasekan meluas. Ia pun mendirikan kerajan baru di Den Bukit. Kerajaaan I Gede Pasekan semakin berkembang, hingga ke daerah yang banyak ditumbuhi pohon buleleng. Ia pun memindahkan pusat kerajaan ke wilayah itu. Kemudian, wilayah itu diberi nama Buleleng.

Di Buleleng, I Gede Pasekan membangun istana megah. Istana itu diberi nama Singaraja, yang berarti raja yang perkasa seperti singa.

Temukan juga Cerita Dongeng Rakyat Bali terbaik kami lainnya pada posting berikut ini Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia dari Bali dan Cerita Rakyat Dari Indonesia Terbaik Edisi Bali

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.