Cerita Rakyat Indonesia Singkat dari Nusa Tenggara

Cerita rakyat indonesia singkat yang kami posting hari ini berasal dari Nusa Tenggara. Keduanya merupakan cerita rakyat pendek asli yang merupakan warisan tradisi Nusantara.

Cerita Rakyat Indonesia Singkat : Batu Golog

Suatu waktu, ada keluarga miskin yang tinggal di dekat Sungai Sawing. Sang istri bernama Inaq Lembain dan sang suami bernama Amaq Lembain. Mereka memiliki dua anak yang masih kecil. Pekerjaan mereka adalah buruh tani.

Suatu hari Inaq Lembain menumbuk padi di sawah. Kedua anaknya ikut dan duduk di atas batu dekat tempatnya bekerja. Batu itu biasa disebut batu golog. Setiap Inaq menumbuk, batu tempat anak-anaknya duduk makin tinggi.

Cerita Rakyat Indonesia Singkat dari Nusa Tenggara

Cerita Rakyat Indonesia Singkat dari Nusa Tenggara

Merasa seperti diangkat, kedua anaknya ketakutan. Namun karena sibuk bekerja, Inaq tidak mendengar teriakan kedua anaknya.

Hingga akhirnya, batu itu tingginya mencapai awan. Saat itu, Inaq Lembain baru sadar. Ia pun memotong batu itu menggunakan sabuk saktinya. Seketika, batu golog terpotong menjadi tiga bagian dan jatuh ke lokasi berbeda. Bagian pertama diberi nama Desa Gembong, kedua diberi nama Dasan Batu, dan ketiga diberi nama Montong Teker.

Namun, kedua anak Inaq Lembain tidak jatuh ke bumi. Mereka berubah menjadi burung. Anak sulungnya menjadi burung kekuwo, sedang adiknya menjadi burung kelik. Karena keduanya berasal dari manusia, burung itu tidak mampu mengerami telurnya.

Dongeng Rakyat Pendek : Putri Mandalika

Pada zaman dahulu, di Pulau Lombok ada kerajaan bernama Tunjung Bitu. Kerajaan tersebut diperintah oleh Raja Tonjang Beru. Sang Raja mempunyai putri bernama Mandalika. Putri tersebut sangat cerdas, bijaksana, dan halus budi pekertinya.

Karena kecantikannya, banyak pangeran yang datang melamar Putri Mandalika. Namun, semua lamaran ditolak. Akhirnya, para pangeran yang hendak melamar Putri Mandalika saling berperang demi memperebutkan sang Putri.

Raja Tonjang Beru pun sedih dan memberi tahu keadaan yang terjadi kepada Putri Mandalika. Putri Mandalika pun memikirkan cara menyelesaikan masalah yang terjadi. Setelah berpikir sehari semalam, ia berhasil menemukan jalan keluarnya. Ia mengumpulkan para warga, kedua orang tuanya, serta para pangeran yang ingin melamarnya di Pantai Seger.

Setelah semua berkumpul, Putri Mandalika naik ke puncak karang. Lalu, ia menceburkan diri ke laut. Semua yang menyaksikan kaget. Mereka bergegas menyelamatkan sang Putri.

Tidak lama kemudian, dari laut muncul ribuan nyale yang sangat indah. Semua yang ada di sana meyakini bahwa nyale tersebut penjelmaan dari Putri Mandalika.

Baca juga Cerita Rakyat Indonesia Singkat terbaik kami lainnya pada artikel berikut ini Contoh cerita rakyat pendek dari Nusa Tenggara Timur dan Contoh Cerpen Anak Dari Legenda Nusa Tenggara Timur

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.