Kumpulan Cerita Dongeng Pendek Indonesia Asli Terbaik

16491 views

Kumpulan cerita dongeng pendek asli Indonesia yang kami posting selalu mengandung pesan moral yang bisa disisipkan pada saat mendongeng. Dengan menceritakan dongeng cerita rakyat nusantara untuk si kecil, mereka akan lebih dekat dengan orang tua dan memiliki imajinasi dan kreatifitas yang tinggi. Selamat membaca dan Selamat mendongeng

Kumpulan Cerita Dongeng Pendek : Persahabatan Ikan Gabus dan Tupai

Di suatu sungai, hiduplah seekor ikan gabus yang bersahabat dengan seekor tupai. Mereka hidup saling membantu setiap harinya. Suatu hari, si Ikan gabus jatuh sakit. Dengan setia, si Tupai merawat si Ikan gabus. Sudah beberapa hari si Ikan gabus tidak enak makan. Maka, si Tupai berusaha membujuknya. Si Ikan gabus hanya mau makan hati ikan hiu.

Mendengar permintaan tersebut, si Tupai sedih. Sebab, ikan hiu adalah hewan yang sangat ganas dan hanya hidup di laut. Namun akhirnya, ia mencoba untuk mencari ikan hiu.

Tupai melakukan perjalanan ke laut. Ia meloncat-loncat dari satu pohon ke pohon lain, hingga sampai pada sebatang pohon kelapa yang batangnya menjorok laut. Karena lelah, ia melubangi sebutir biji kelapa yang masih menempel pada pohon dan meminum isinya. Setelah airnya habis, ia masuk ke dalam kelapa itu.

Tak lama kemudian, buah kelapa itu lepas dari tangkainya dan tercebur ke laut. Singkat cerita, buah kelapa itu sudah berada di tengah laut. Tiba-tiba, datanglah seekor ikan hiu besar. Dengan segera, ia menelan biji kelapa tersebut. Setelah berada di dalam perut ikan hiu, si Tupai keluar dan mengigit hati ikan hiu. Karena kesakitan, ikan hiu menggelepar-gelepar menuju pantai. Sesampainya di pantai, Tupai keluar dari tubuh ikan hiu.

Dengan senang hati, si Tupai membawa hati ikan hiu untuk sahabatnya. Setelah memakan hati tersebut, Si Ikan gabus sembuh. Ia meloncat-loncat gembira. Ia pun berjanji akan menolong si Tupai kalau ia sakit di kemudian hari.

Dongeng Pendek Sebelum Tidur : Sangi Sang Pemburu

Pada zaman dahulu, ada seorang pemburu tangguh bernama Sangi. Ia tinggal di daerah aliran Sungai Mahoroi, anak Sungai Kahayan.

Suatu hari, Sangi pergi berburu. Namun hingga sore, ia tidak mendapatkan buruan. Ia pun hendak beristirahat di sungai. Sesampainya di pinggir hutan, ia melihat jejak kaki babi hutan. Sangi mengikut jejak itu. Tak berapa lama, ia melihat babi hutan berada di mulut seekor naga.

Sangi ketakutan dan bersembunyi di balik semak. Namun, naga itu melihat Sangi. Dalam sekejap, sang Naga berubah menjadi pemuda tampan.

Kumpulan Cerita Dongeng Pendek Indonesia

Kumpulan Cerita Dongeng Pendek Indonesia

Pemuda itu menghampiri Sangi. "Hei, kamu tidak seharusnya mengintip naga yang sedang menelan mangsanya! Telan babi hutan itu!"

Karena ketakutan, Sangi mendekati babi hutan. Ajaib, Sangi mampu menelan babi hutan tersebut, seolah ia seekor naga. Rupanya, ia terkena kutukan karena melihat sang Naga sedang makan. Sangi menjadi awet muda.

Singkat cerita, 150 tahun sudah berlalu. Seluruh kerabat Sangi heran karena ia awet muda. Ia pun membeberkan rahasianya. Akibatnya, ia berubah menjadi naga. Sangi sedih, kemudian pergi ke Sungai Kahayan. Sejak itu, ia menjadi penjaga Sungai Kahayan.

 

Temukan Kumpulan Cerita Dongeng Pendek terbaik kami lainnya pada posting berikut ini dongeng anak bergambar dan kumpulan dongeng binatang singkat

Cerita Dongeng Singkat : Buah dari Kesabaran

Dongeng singkat yang kami posting jumlahnya sudah mencapai hampir dua ribu. Kalian bisa menemukan berbagai dongeng pendek di blog ini. Cerita rakyat singkat dari berbagai penjuru dunia kami posting di blog ini. Kali ini satu cerita anak pendek tentang kesabaran yang kami sajikan untuk adik-adik semua.

Cerita Dongeng Singkat Fabel : Buah dari Kesabaran

Pada suatu hari seekor rusa tampak tengah berdiam di pinggir sungai. Dia sedang berpikir, bagaimana cara untuk sampai ke seberang sungai. Menurut kabar, di seberang sungai terdapat banyak sekali makanan. Sedangkan di hutan tempat Rusa tinggal, makanan telah habis.

Cerita Dongeng Singkat Buah dari Kesabaran

Cerita Dongeng Singkat Buah dari Kesabaran

Rusa sangat ingin menyeberang. Tapi, tubuhnya kccil. Jika ia tetap menyeberang dengan berenang, bisa-bisa dirinya malah tenggelam.

Tiba-tiba dari arah belakang, muncul Kerbau yang berlari sangat kencang. Tapi, ia langsung berhenti begitu melihat Rusa yang sedang termangu.

"Hei, Rusa. Apa yang kamu tunggu? Di seberang sana ada banyak makanan. Aku sudah sangat lapar," ucap Kerbau, merasa tak sabar.

"Aku masih bingung, bagaimana cara sampai ke seberang sana," jawab Rusa.

"Hahaha. Buat apa bingung? Tinggal menyeberang saja," ucap Kerbau, menggampangkan.

Belum sempat Rusa membalas perkatnan Kerbau, Kerbau sudah bergegas masuk ke dalam sungai. Rupanya Kerbau sudah sangat kelaparan. Ia pun berpikir, tubuhnya yang besar tidak akan membuatnya tenggelam. Namun, apa yang terjadi?

Hap! Tiba-tiba Buaya muncul, dan langsung menerkam Kerbau. Kerbau pun tak bisa menghindar. Sebenarnya Buaya mengincar Rusa, tapi Rusa tak kunjung menyeberang. Beruntung, ada Kerbau yang tidak sabar dan terburu-buru menyeberang.

Rusa pun berlari ketakutan. Ia mencari aliran sungai yang lain. Sesampainya di pinggir sungai lain, Ia berpikir lagi. Lalu dari arah belakang, muncul Kelinci yang berlari sangat kencang.

"Hai, Rusa. Mengapa Kamu termenung?" tanya Kelinci,

"Aku masih belum menemukan bagaimana cara menyeberang sungal," jawab Rusa.

"Tinggal berenang saja ke seberang," Kelinci,kemudian menceburkan dirinya ke sungai.

Apa yang terjadi? Olala, tubuh Kellnci terbawa arus sungai. Ia pun hilang hanyut tenggelam terbawa arus sungai yang deras.

Rusa terus berpikir. Tak lama kemudian, ia menemukan pohon pisang yang telah mati. Dengan sangat hati-hati, Rusa membentangkan pohon itu di atas sungai.

Aha! Jadilah jembatan pohon pisang. Rusa langsung melintasi jembatan tersebut. Akhirnya, Rusa bisa sampai di seberang sungai dengan selamat, dia bisa makan sepuasnya di sana.

Itulah hasil dari kesabaran Rusa. Jika saja ia tak sabar seperti Kerbau dan Kelinci, mungkin ia tak akan bisa sampai di seberang dengan selamat.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Singkat : Buah dari Kesabaran adalah kawan, orang sabar itu disayang Tuhan. Orang yang sabar akan mendapatkan hasil yang sepadan.

Baca juga Cerita Dongeng Pendek Yunani : Seikat Bambu dan Kumpulan Cerita Dongeng Pendek Indonesia Asli

Baca juga https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.