Cerita Dongeng dan Legenda Rakyat Cina Terbaik

2367 views

Hai Adik-adik banyak sekali Cerita Dongeng Dan Legenda Rakyat Cinayang menarik untuk diketahui. Selain itu Cerita Rakyat Cina dan Dongeng Cina Terbaik selalu mengandung pesan moral yang bisa adik-adik petik untuk diambil hikmahnya. Di hari libur ini kakak akan bercerita dua cerita dongeng dari Cina yang layak untuk adik baca. Selamat membaca dan selamat berlibur yah.

Cerita Dongeng dan Legenda Dari Cina Tombak Melawan Perisai

Cerita Dongeng dan Legenda Dari Cina Tombak Melawan Perisai

Cerita Dongeng dan Legenda Dari Cina Tombak Melawan Perisai

Dahulu kala, di Kerajaan Chu, ada seorang anak muda cerdik bernama Lee. Sehari-hari, Lee membantu bapaknya bekerja di ladang. Sebulan sekali, Lee pergi ke pasar untuk menjual hasil ladangnya.

Suatu hari, Lee pergi ke pasar untuk menjual hasil ladangnya. la menggelar dagangannya di sebuah tempat. Tidak lama kemudian, seorang pedagang senjata menggelar dagangannya tepat berhadap hadapan dengan Lee.

Pedagang senjata itu bertubuh besar dengan jenggot dan rambut yang panjang. la mulai berteriak-teriak membangga-banggakan senjatanya secara berlebihan. Orang-orang mulai mengelilingi pedagang senjata itu. Mereka melihat-lihat senjata yang dijual.

"Perisaiku sangat kuat. Tidak ada satu senjata pun yang mampu menembusnya," teriak pedagang senjata.

"Tombakku juga sangat tajam. Tombakku ini bisa menembus apa pun," teriak pedagang senjata.

Lee mengerutkan keningnya. "Ah, ada sesuatu yang salah?" pikir Lee.

Lalu, ia menghampiri pedagang senjata dan berkata, "Apa yang terjadi jika tombakmu melawan perisaimu? Mana yang akan kalah?"

Pedagang senjata diam kebingungan. Orang- orang di sekelilingnya mulai tertawa kecil melihat pedagang senjata yang kebingungan oleh pertanyaan Lee.

Akhirnya, orang-orang mulai bubar meninggalkan pedagang senjata yang masih kebingungan oleh pertanyaan Lee. la berpikir sambil memandangi dan menimang dua senjatanya. Akhirnya, pedagang senjata sadar bahwa ia teIah berkata berlebihan. Tidak mungkin ada sebuah perisai yang tak bisa ditembus dan tidak ada pula sebuah tombak yang bisa menembus apa pun.

Pesan Moral dari Cerita Dongeng dan Legenda Dari Cina Tombak Melawan Perisai adalah jangan suka mengatakan sesuatu secara berlebihan dan tidak sesuai kenyataan, sebab, kamu akan malu sendiri jika perkataanmu terbukti salah. Sebaik-baiknya perkataan adalah perkataan yang jujur.

Cerita Rakyat Cina : Si Bodoh Membuat Tanda

Dahulu kala, pada masa Kerajaan Chu, ada seorang laki-laki yang sangat bodoh. la sangat bodoh sampai-sampai orang memanggilnya "si Bodoh".

Cerita Rakyat Cina Si Bodoh Membuat Tanda

Cerita Rakyat Cina Si Bodoh Membuat Tanda

Suatu hari, ia pergi memancing di tengah danau. la mendayung perahunya ke tengah danau dan mulai memancing. la membawa pancing dan juga tombaknya.

Tidak lama, ia melihat seekor ikan besar di dalam air. Saat akan mengambil tombaknya, angin bertiup kencang hingga perahunya oleng. Tombaknya terlepas dari pegangan dan jatuh ke dalam danau.

Si Bodoh langsung membuat tanda di perahunya. “Tepat di sini tombakku terjatuh. Aku akan mencarinya nanti saat angin berhenti," pikirnya.

Sementara itu, tiupan angin kencang menyebabkan perahunya berpindah. Saat angin berhenti, perahu itu sudah berpindah jauh sekali dari tempat semula. la pun menyelam dalam air untuk mencari tombaknya tepat di dekat tanda yang dibuat di perahunya.

Tentu saja ia tidak bisa menemukan tombaknya di situ. la sangat sedih karena tombak itu adalah peninggalan ayahnya. Akhirnya, ia memutuskan untuk pulang.

Sesampainya di rumah, ia menceritakan kejadian itu kepada tetangganya. Tetangganya itu tertawa terbahak-bahak mendengar kebodohannya. Si Bodoh sendiri bingung melihat tetangganya yang tertawa-tawa.

"Kau ini bodoh sekali. Tentu saja kau tidak akan menemukan tombak itu. Kau memberi tanda di perahu yang berpindah tertiup angin, sementara tombakmu masih di tempat semula di dalam air," kata tetangganya.

Si Bodoh masih diam kebingungan sambil menggaruk-garuk kepala. "Bagaimana?" tanyanya dengan lugu. Tetangganya hanya bisa menggeleng-geleng kepala.

Pesan Moral dari Dongeng anak Cina : Si Bodoh Membuat Tanda adalah anak yang bodoh hanya akan menjadi bahan tertawaan. Agar kamu tidak bodoh, belajarlah yang rajin dan banyak membaca.

Baca cerita rakyat kaum cina lainnya pada artikel kami berikut ini Kumpulan Dongeng Luar Negeri Paling Populer dan Cerita Dongeng Anak Sebelum Tidur Terpopuler

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.