Cerita Fabel Dongeng Anak Kancil dan Anjing Serakah

1728 views

Jika ditelusuri mungkin ada ratusan dongeng anak kancil dalam berbagai versi. Cerita dongeng si kancil yang cerdik dan kadang usil memang sangat disukai anak-anak. Bukan hanya ceritanya saja yang menarik cerita rakyat si kancil selalu memiliki pesan moral terbaik untuk ditularkan kepada si kecil.

Kisah Fabel Dongeng Anak Kancil dan Anjing Serakah

Pada suatu hari, pak Tani pergi ke pasar untuk menjual hasil kebunnya. Ia pun membelikan daging untuk dimasak istrinya. Sisa tulang daging tersebut ia simpan di dapun. Ia sama sekali tidak tahu dan tidak melihat seekor Anjing sedang mengendap-endap masuk kedalam rumah. Anjing itu  berniat untuk mencuri tulang tersebut. melihat ada kesempatakan, sang Anjing langsung mengambil satu tulang tersebut dan langsung berlari kedalam hutan.

‘’ Hahaa, akhirnya aku dapat makanan yang enak.’’ Ujarnya senang.

Ia merasa sangat bosam setiap hari makan sayuran dan buah-buahan. Hari ini, ia sangat senang karena bisa mendapatkan makanan yang lezat. Namun, ditengah perjalanan pulang membawa tulang tersebut, ia bertemu dengan Kancil dan Harimau. Mereka berteman sudah sangat lama.

‘’ Hei teman! kau terlihat sangat bahagia?’’ sapa Kancil.

Ajing tersenyum dan meletakkan tulangnya.

‘’ Aku mendapatkan makanan yang lezat hari ini.’’ Jawab Anjing

‘’ Waaaah, tulang yang kau bawa itu terlihat sangat lezat. Bisakah kau membaginya dengan kami? Kami ingin mencicipinya sedikit. Sudah berhari-hari aku tidak memakan daging’’ rajuk Harimau.

‘’ Hahaa, tidak!! Aku akan memakan daging lezat ini sendirian.’’ Ujarnya berlari.

‘’ Sudahlah Harimau, sebaiknya kita pergi ke rumah Serigala. Disana pasti kau akan mendapatkan makanan. Kemarin aku melihat, ia mendapatkan kiriman dari hutan selatan’’ ajak Kancil

Sementara, sang Anjing berlari yang ketakutan makanannya dimakan oleh Kancil dan Harimau. Sesampainya, ia di sebuah sungai yang dekat dengan rumahnya. Ia melihat seekor Anjing yang membawa tulang lebih besar darinya

‘’ Siapa Anjing itu? Mengapa ia membawa tulang yang lebih besar dariku? Ujarnya kesal

Cerita Fabel Dongeng Anak Kancil

Cerita Fabel Dongeng Anak Kancil

Ia tidak menyadari bahwa Anjing yang dilihatnya itu ternyata bayangannya sendiri. Anjing pun berniat untuk mengambil tulang yang besar dari si Anjing tersebut. tanpa berpikir panjang, ia langsung melepaskan tulangnya dan langsung nerkam bayangannya sendiri didalam air. ‘’Byyyyur’’ terceburlah ia kedalam air. Anjing lupa bahwa dirinya tidak dapat berenang. Dengan susah payah Anjing berusaha untuk kepinggir sungai. Ditepian sungai sudah ada Kancil dan Harimau yang melihat tingkah aneh Anjing.

Akhirnya, mereka berdua menolong Anjing naik kedaratan. Anjing pun sangat malu kepada Kancil dan Harimau karena ia sudah bersikap serakah dan tidak mau berbagi makanannya. Ternyata, ia malah ditolong oleh Kancil dan Harimau.

‘’ Hai Anjing, apa yang kau lakukan? Apa yang kau lihat itu adalah bayanganmu sendiri.’’ Kata Kancil.

Anjing pun sadar bahwa yang dilihatnya tadi adalah bayangannya sendiri. Akhirnya, ia pun menyadari kebodohannya.

‘’ Sudahlah jangan sedih, kami akan pergi kerumah Paman Serigala. Disana pasi ada banyak makanan, sebaiknya kau ikut bersama kami.’’ Ajak Kancil

Anjing pun mengangguk setuju ikut bersama Kancil dan Harimau. Di dalam hatinya ia berjanji tidak akan bersikap serakah dan akan berbagi dengan yang lain jika mendapatkan makanan. Ia menyesali pebuatannya dan merasa malu kepada dua temannya yang baik.

Pesan moral dari Dongeng Anak Kancil dan Anjing Serakah adalah jangan menjadi anak yang serakah dan tidak mau berbagi, orang yang kikir dan serakah tidak akan memiliki banyak rejeki dan tidak mepunyai teman.

Temukan dongeng binatang kancil terbaik lainnya pada artikel berikut ini dongeng pendek kancil.

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.