Cerita Dan Kisah Dongeng Rakyat Myanmar : Ahli Memuji

Dongeng ahli memujui termasuk kedalam cerita dan kisah rakyat myanmar yang paling populer. Ada pesan moral yang bisa kita ambil dari dongeng rakyat ini. Yuk kita ikuti kisahnya sampai selesai. Kakak yakin kalian pasti menyukainya. Selamat membaca.

Kumpulan Cerita dan Kisah Dongeng Rakyat Myanmar : Raja dan Ahli Memuji

Di Myanmar pada dahulu kala, hiduplah seorang raja yang hebat. Raja itu memiliki istana yang indah dan megah. Ia memerintah dengan adil sehingga disenangi rakyatnya. Kesuksesannya berhasil ia raih tidak hanya karena kehebatannya sendiri, tetapi juga karena bantuan penasihatnya yang cerdas dan bijaksana.

Suatu hari, si penasihat mendengar bahwa seorang ahli memuji akan datang ke istana. Ia pun segera menyampaikan berita tersebut kepada sang raja.

"Mohon raja berhati-hati, sebab si ahli memuji itu sangat berbahaya," ujar si penasihat. "Orang itu merupakan ahli memuji terbaik di seluruh negeri. Biasanya setelah memuji, ia akan meminta imbalan yang besar yang disampaikannya secara sangat halus sehingga orang yang dipuji tidak begitu sadar. Tahu-tahu orang yang dipuji itu sudah kehilangan harta dan tanah dalam jumlah yang sangat banyak."

"Tenang saja, tidak usah khawatir," jawab sang raja, mantap. "Aku terlalu pintar untuk ditipu. Tidak ada orang yang bisa menipuku. Jadi biarkan saja dia datang ke sini."

Si penasihat mengangguk-angguk. Meski demikian, ia tetap merasa khawatir rajanya akan teperdaya oleh si ahli memuji, mengingat sebenarnya sang raja menyimpan bibit-bibit kesombongan. Namun, si penasihat segera menepis kekhawatiran itu. Ia mengisi pikirannya dengan harapan agar sang raja benar-benar bisa menghadapi si ahli memuji tanpa tertipu sama sekali.

Beberapa hari kemudian, si ahli memuji benar-benar datang ke istana. Setelah melalui pemeriksaan yang ketat, ia diizinkan untuk bertemu dengan raja. Si ahli memuji langsung bersimpuh tatkala bertemu dengan raja. Ia pun mulai melancarkan aksinya. Ia berkata dengan penuh perasaan, "Sungguh hamba merasa tersanjung setinggi langit karena diizinkan untuk bertemu dengan raja yang hebat dan rupawan seperti paduka. Sungguh beruntung hamba yang hina dan kotor ini bisa berada dalam satu ruangan dengan bangsawan paling mulia di jagat raya."

Cerita Dan Kisah Dongeng Rakyat Myanmar

Cerita Dan Kisah Dongeng Rakyat Myanmar

"Hamba benar-benar dibutakan oleh sinar keagungan paduka, tuan raja," si ahli memuji terus melancarkan puja-pujinya. Sementara sang raja hanya diam

mendengarkan si ahli memuji berbicara. "Hamba dibutakan oleh karisma agung paduka, kemurahan hati paduka, keindahan jiwa paduka. Sungguh, paduka adalah seorang raja yang keistimewaannya tiada bandingannya...."

Si ahli memuji berbicara dengan nada yang indah dan berirama. Hal ini membuat siapa pun yang mendengarnya begitu terpesona. Hanya satu orang yang tetap waspada, yakni si penasihat yang memang sudah meneguhkan hati untuk tidak mempercayai segala perkataan si ahli memuji.

Pada satu kesempatan, si ahli memuji berhenti sejenak untuk menarik napas. Kesempatan ini langsung dimanfaatkan oleh si penasihat untuk mengingatkan raja. "Mohon raja berhati-hati, ucapan dan pujiannya benar-benar dahsyat!"

"Tenang saja, tidak usah khawatir," sahut sang raja sambil terus memandangi si ahli memuji. "Seperti yang pernah aku katakan kepadamu, aku tidak akan teperdaya oleh pujiannya. Nanti jika ia sudah melontarkan pujiannya, aku akan langsung mengusirnya dan melarangnya untuk kembali ke sini. Sejauh ini yang ia katakan hanyalah kebenaran."

Si penasihat tercengang. Rupanya sang raja sudah jatuh ke dalam tipu daya si ahli memuji, dan hal ini tidak disadari oleh raja. Si penasihat cuma bisa geleng-geleng kepala. Tidak ada lagi yang bisa ia lakukan karena sang raja terus menyangkal nasihat-nasihatnya saat ia sedang berada dalam pengaruh si ahli memuji.

Di akhir pertemuan itu, raja memberikan tanah yang sangat luas dan uang yang sangat banyak kepada si ahli memuji. Raja kehilangan hampir separuh kekayaannya. Beberapa saat setelah ahli memuji pergi, ia pun sadar bahwa ia telah tertipu. Ia sangat menyesal karena tidak berhati-hati seperti yang sudah sering dinasihatkan oleh sang penasihat.

"Hanya orang yang rendah hati yang bisa lolos dari tipu daya si ahli memuji," gumam si penasihat. "Dan sepertinya raja bukan orang yang seperti itu...."

Pesan moral dari Cerita Dan Kisah Dongeng Rakyat Myanmar : Ahli Memuji adalah

Pujian bisa membuat kita lengah dan kehilangan kewaspadaan. Karena itu, bersikaplah sewajarnya dan tetap rendah hati dalam menanggapi pujian. Senang boleh, tapi jangan berlebihan.

Temukan cerita rakyat luar negeri terbaik lainnya pada artikel kami berikut ini cerita rakyat dunia.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.