Cerita Anak SD Dari Irak : Juhha Yang Bijaksana

Cerita anak SD dari Irak memang sangatlah banyak, sehingga tidak berlebihan kita sebut negara Irak dan Iran sebagai negeri seribu satu malam. Kami sendiri sangat menyukai cerita rakyat dari kedua negara ini. Selain menarik untuk di ketahui, juga mengandung pesan moral yang sangat baik.

Cerita Anak SD Dari Irak : Kisah Juhha Orang Yang Bijaksana

Di sebuah desa kecil di Baghdad, ada sebuah toko roti. Toko itu terkenal karena rotinya yang sangat lezat. Aneka roti dipajang di kaca depan toko. Ada roti manis, roti kismis, dan roti daging. Semuanya terlihat sangat enak.

Suatu hari, ada seorang lelaki miskin lewat di depan toko itu. Dia melihat roti-roti yang dipajang. Aroma rotinya pun tercium sampai ke luar toko.

"Hmm..., baunya sangat harum. Roti-roti itu pasti sangat enak. Seandainya saja aku bisa mencicipinya," pikir lelaki miskin.

Tiba-tiba, si pemilik toko keluar dan menangkap lelaki miskin.

"Kau sudah mencium aroma rotiku. Kau harus membayarnya! Jika tidak, aku akan lapor polisi," ancam si pemilik toko.

Lelaki miskin itu kebingungan. Dia tidak mempunyai uang untuk membayar aroma roti.

Tiba-tiba, Juhha lewat di depan toko. Juhha adalah orang yang bijaksana di desa itu. Dia pun bertanya apa yang terjadi.

"Kenapa kalian ribut-ribut?"

Si pemilik toko lalu menjelaskan apa yang terjadi.

Juhha terdiam sejenak. "Baiklah. Berapa harga yang harus dibayar lelaki miskin ini?" kata Juhha.

"Dia harus bayar tiga dinar," kata si pemilik toko.

Juhha pun mengeluarkan uang koin tiga dinar dari dompet. Koin itu dia masukkan ke dalam kantong bajunya. Setelah itu, dia menggoyang-goyang kantongnya. Terdengar suara gemerincing uang logam.

Cerita Anak SD Dari Irak

Cerita Anak SD Dari Irak

"Apakah kau mendengar suara uangku?" kata Juhha.

"Ya, aku mendengarnya," jawab pemilik toko.

"Suara uang ini cukup untuk membayar bau harum rotimu," kata Juhha sambil tersenyum.

Si pemilik toko kebingungan. Akhirnya, dia menyadari kalau dia sudah jahat dengan lelaki miskin itu.

Kepribadian yang bisa di petik dari Cerita Anak SD Dari Irak : Juhha Yang Bijaksana adalah Tolong-menolong. Sesama manusia harus saling menolong. Jangan suka mencari keuntungan dari kesusahan orang lain.

baca juga Cerita Untuk Anak SD : Keluarga Bungsu dan Burung Kekekow serta posting lainnya Cerita Dongeng Bacaan Anak SD Dengan Pesan Moral dari Yunani

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.