Cerita Untuk Anak SD : Keluarga Bungsu dan Burung Kekekow

Cerita untuk anak SD (Sekolah Dasar) yang akan kami posting saat ini bercerita mengenai kisah keluarga dan burung Kekekow. Ceritanya sangat singkat dan menarik, yuk kita baca bersama-sama.

Cerita Untuk Anak SD : Kisah Bungsu dan Burung Kekekow

Di suatu desa, ada seorang ibu yang tinggal bersama dua anak gadisnya. Mereka hidaup dalam keadaan miskin. Sehari-harinya mereka makan buah-buahan yang tumbuh di sekitar hutan. Meski demikian, mereka selalu bersyukur atas hidup mereka.

Suatu hari, terjadi musim kemarau. Pohon-pohon layu dan buah susah ditemukan. Mereka pun mencoba mencari buah di hutan. Karena kelelahan, mereka beristirahat di bawah pohon rindang. Tak lama mereka ketiduran. Tiba-tiba mereka terbangun karena mendengar suara “Keke… ko… keke… ko….”

Di saat bersamaan, beberapa buah mangga matang berjatuhan. Si Bungsu terkejut sekaligus gembira. Mereka segera memunguti buah-buah tersebut dan dibawa pulang.

Advertising
Advertising

Kejadian itu terus berulang. Setiap ke hutan, mereka akan dijatuhi berbagai buah-buahan. Dan, suara misterius itu akan terus membahana.

Karena penasaran, akhirnya si Bungsu berteriak. “Siapakah kamu? Ayo tunjukkan dirimu, aku ingin berterima kasih.”

Tiba-tiba, muncul seekor burung di hadapan mereka. Rupanya, burung itulah yang selama ini memberi buah- buahan kepada mereka.

Cerita Rakyat Sulawesi Utara

“Tak usah berterima kasih padaku. Anggaplah itu hadiah karena kalian bekerja sangat rajin dan tak pernah mengeluh,” kata burung itu.

Kedua gadis itu lalu menamai burung tersebut burung kekekow. Sejak hari itu, burung kekekow selalu memenuhi kebutuhan makanan mereka. Bahkan kadang-kadang memberikan kain yang indah. Keluarga itu sekarang hidup berkecukupan

Baca juga Cerita Untuk Anak SD yang paling manarik kami lainnya Cerita Dongeng Bacaan Anak SD Dengan Pesan Moral dari Yunani dan Cerita Bergambar Anak SD Terkenal dari Amerika dan Portugal