5 Cerita Inspirasi Terbaik untuk Perkembangan Anak-Anak

Ketika anak Anda tumbuh, Anda akan melihat sifat kepribadian mereka akan dibangun setiap hari. Seiring berjalannya waktu, anak Anda mungkin ada sifat yang berubah dan membentuk yang baru.

Membacakan cerita adalah salah satu cara membentuk kebiasaan anak melalui nilai-nilai kehidupan.

Kumpulan Cerita Pendek yang Menginspirasi dan Memotivasi untuk Anak-anak

Kali ini kami sajikan 5  cerita anak terbaik yang kami pilih dari kisah-kisah inspirasional anak lainnya. Sering membacakan dongeng sebelum si kecil tidur akan membuat ikatan emosional dengan anak Anda menjadi semakin kuat dan membentuk pengalaman yang menyenangkan.

1. Merak yang Sedih (The Sad Peacock)

Cerita Inspirasi Merak yang Sedih (The Sad Peacock)
Cerita Inspirasi Merak yang Sedih (The Sad Peacock)

Kisah ini menceritakan pentingnya rasa syukur. Memiliki ambisi dan keinginan boleh-boleh saja namun jangan menjadi orang yang serakah.

Dalam banyak contoh orang tua yang memiliki keinginan untuk diraih oleh anaknya, mungkin akhirnya mendorong anak-anak mereka begitu keras, sehingga anak-anak akhirnya frustrasi. Di sisi lain, anak-anak kadang menuntut lebih banyak kepada orang tua, tanpa memperhatikan apa yang sudah mereka miliki.

Untuk hal tersebutlah dongeng ini kami posting.

Pada zaman dahulu ada seekor burung merak yang cantik dengan bulu-bulu yang indah. Namun burung merak itu sedang bersedih karena merasa memiliki banyak kekurangan.

Dia merasa suaranya sangat kasar dan buruk. Karenanya dia merasa menjadi hewan yang sangat tidak beruntung, dan selalu bersedih bahkan kadang menangis meratapi nasibnya.

Pada suatu hari dia mendengar burung bulbul bernyanyi di dekatnya.

Mendengarkan suara burung bulbul yang indah, kekurangannya sekali lagi menjadi sangat jelas.

Dia mulai bertanya-tanya mengapa dia sangat sial seperti itu.

Pada saat itu, Juno, pemimpin para Dewa, muncul dan berbicara kepada burung merak.

"Kenapa kamu kesal?" Juno bertanya pada merak.

Burung merak mengeluh tentang suaranya yang kasar dan bagaimana dia sedih karenanya. “Burung bulbul memiliki suara yang sangat indah. Kenapa saya tidak? "

Setelah mendengarkan burung merak, Juno menjelaskan, “setiap makhluk hidup istimewa dengan caranya sendiri. Burung bulbul diberkati dengan suara yang indah, tetapi kamu juga diberkati - dengan bulu yang begitu indah dan berkilauan! Kuncinya bersyukur atas semua yang Anda miliki. "

Burung merak mengerti betapa bodohnya dia membandingkan dirinya dengan hewan lain dan melupakan kelebihannya sendiri. Dia menyadari hari itu, bahwa semua orang memiliki keunikannya masing-masing.

Pesan moral dalam cerita inspirasi ini adalah bersyukur dan menerima keadaan diri sendiri adalah langkah pertama menuju kebahagiaan. Manfaatkan yang terbaik dari yang kita miliki, daripada iri dengan apa yang tidak Anda miliki.

Baca juga:

Dongeng Cerita Pendek Yang Menarik Dengan Pesan Moral Untuk Anak

2. Kura-kura dan Kelinci (The Turtle and the Hare)

Dongeng Inspiratif Kura-kura dan Kelinci (The Turtle and the Hare)
Dongeng Inspiratif Kura-kura dan Kelinci (The Turtle and the Hare)

Kisah ini telah diceritakan dan diceritakan kembali selama berabad-abad, tetapi tentu saja ini adalah kisah yang akan mengajarkan anak Anda pelajaran penting yang akan tetap ada seumur hidup.

Anda dapat tetap menggunakan cerita klasik atau membuat versi Anda sendiri untuk memberikan pelajaran berharga yang perlu dipelajari anak Anda.

Kelinci bukan hanya makhluk kecil yang cantik tetapi dikenal karena kecepatan dan kepintarannya. Kura-kura, di sisi lain, adalah hewan amfibi yang lambat jika berjalan di darat.

Suatu hari, kelinci itu menyombongkan diri dan muncul ide mengadakan perlombaan dengan kura-kura. Kura-kura setuju, dan perlombaan dimulai.

Kelinci berhasil berada didepan kura-kura karena dia adalah pelari yang hebat. Namun demikian, ego dari kelinci itu tidak hanya berlari di depan kura-kura, tetapi memutuskan untuk tidur siang beberapa saat, tepat sebelum garis finish.

Dia yakin bahwa dia akan dengan mudah menang, bahkan jika dia tidur selama beberapa waktu.

Kura-kura, di sisi lain, jauh lebih lambat daripada kelinci. Namun, ia terus mengikuti balapan, tanpa berhenti.

Kura-kura itu berhasil mencapai garis finish, tepat saat kelinci itu bangun! Dia, bagaimanapun memenangkan perlombaan, meskipun dia adalah pelari yang jauh lebih lambat dari kelinci.

Walaupun demikian kura-kura tidak menyombongkan kemenangannya kepada Kelinci.

Pesan moral dalam dongeng inspiratif ini adalah selama Anda stabil dan teguh, Anda akan selalu menang, tidak peduli berapa kecepatan Anda. Kemalasan adalah musuh Anda, seperti juga kesombongan.

Baca juga :

3. Dua Tukang Kebun (The Two Gardeners)

Dongeng Anak Dua Tukang Kebun (The Two Gardeners)
Dongeng Anak Dua Tukang Kebun (The Two Gardeners)

Memberikan kebebasan kepada anak mungkin adalah salah satu pelajaran berharga yang bisa diambil baik untuk anak maupun orang tua.

Anak-anak sangat mudah dipengaruhi dan sensitif, dan ada kalanya Anda, sebagai orang tua, harus memberikan kelonggaran agar anak-anak anda bisa hidup secara mandiri.

Suatu ketika, hiduplah dua tetangga yang sama-sama menanam tanaman di kebun masing-masing. Seorang tetangga sangat cerewet dan merawat tanamannya dengan sangat hati-hati. Dia memotong akar yang terlihat tidak bagus, memotong daun agar terlihat cantik, memotong batang yang tumbuh tidak teratur dan merawat semuanya dengan sangat hati-hati.

Tetangga lain menanam dengan baik, merawat dan memberi makan tanamannya, tetapi membiarkan daun tanaman, akar dan batang tumbuh sendiri sesuka hati.

Suatu malam, ada badai besar, disertai dengan hujan lebat. Badai menghancurkan banyak tanaman.

Keesokan paginya, ketika tetangga yang hati-hati bangun, dia menemukan bahwa semua tanaman telah dicabut dan dihancurkan oleh badai. Namun, ketika tetangga yang lebih santai bangun, dia menemukan bahwa tanamannya masih berakar kuat di tanah, setelah melewati badai.

Tanaman tetangga yang lebih santai telah belajar untuk melakukan sesuatu sendiri. Jadi, ia menumbuhkan akar yang dalam, menumbuhkan batang yang kuat, sehingga membuat pohonya kuat tertanam di tanah. Dengan demikian, ia berdiri kokoh bahkan di tengah badai. Namun, tetangga yang cerewet dan sangat hati-hati itu biasa melakukan apa saja untuk tanaman itu, sehingga tidak mengajarkan tanaman itu cara mempertahankannya sendiri.

Pesan moral dalam kisah inspirasi pendek ini adalah cepat atau lambat, Anda harus melepaskan anak anda dan menjadi mereka mandiri. Biarkan mereka mengalami kesulitan dan menyelesaikan permasalahan dengan cara mereka, itulah salah satu cara agar anak anda segera mandiri dan sukses dimasa yang akan datang.

Baca juga:

20 Contoh Cerpen Pendidikan Anak Sekolah Dasar dan Pesan Moralnya

4. Tikus dan Singa (The Mouse and the Lioness)

Fabel Inspiratif Tikus dan Singa (The Mouse and the Lioness)
Fabel Inspiratif Tikus dan Singa (The Mouse and the Lioness)

Pilihan kami berikutnya adalah dongeng inspiratif klasik lainnya. Kisah antara tikus dan singa betina ini selalu menjadi pilihan untuk mengajarkan anak-anak pelajaran yang luar biasa. yang harus tetap bersama mereka dan membantu mereka tumbuh.

Singa betina, seperti yang kita tahu, ganas, angkuh, dan cenderung memandang rendah hewan yang lebih kecil. Salah satu singa betina suatu hari melewati hutan ketika duri menusuk kakinya.

Karena kesombongannya singa betina memutuskan untuk tidak meminta bantuan. Dia berkeliling hutan, semakin lemah dan berdarah karena duri menusuk kakinya semakin dalam.

Suatu hari, dia menemukan seekor tikus yang rendah hati. Singa betina sangat kesakitan. Tikus, meskipun cukup takut, cukup berani untuk menawarkan bantuan.

Tikus kecil itu, dengan penuh perjuangan, berhasil mengeluarkan duri dari kaki singa betina dan membebaskannya dari rasa sakit.

Meskipun singa betina begitu besar dan kuat, dan tikus itu sangat kecil dan rendah hati, itu adalah tindakan  baik hati dari tikus yang menyelamatkan nyawa singa betina.

Pesan moral dalam cerita inspiratif untuk anak ini adalah bersikaplah rendah hati dan jangan pernah lupa bahwa ukuran bukanlah jaminan kekuatan atau kegunaan.

Baca juga :

5. Tiga Ikan (The Three Fish)

Cerita Fabel Inspirasi Tiga Ikan (The Three Fish)
Cerita Fabel Inspirasi Tiga Ikan (The Three Fish)

Mengakhiri daftar kisah indah inspiratif kali ini kami akan bercerita tentang tiga ikan. Sekali lagi, cerita ini tentang mengajar anak Anda bagaimana menjadi bijak ketika menghadapi masalah dan tidak pernah lupa untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Ada tiga ikan yang hidup di kolam. Mereka berteman dan praktis melakukan semuanya bersama.

Suatu hari, seorang nelayan datang ke kolam dan senang melihat ikan. Dia membuat rencana untuk memasang jaring dan menangkap mereka.

Ikan-ikan yang paling bijaksana membuat rencana untuk menemukan kolam yang berbeda. Sementara salah satu ikan setuju, yang lain membantah, mengatakan bahwa kolam itu rumah mereka banyak makanan disitu dan airnya sangat cocok untuk kehidupan mereka.

Ikan ketiga lebih lanjut mengatakan bahwa tidak pernah ada bahaya di kolam. "Saya tidak melihat gunanya meninggalkan kolam ini. Saya pikir itu pengecut. "

Dua ikan pertama tidak dapat meyakinkan teman mereka, jadi mereka memutuskan untuk berpisah.

Keesokan harinya, ketika para nelayan melemparkan jaringnya, dua ikan pertama lolos. Namun, yang ketiga tertangkap. Dia tidak dapat mengidentifikasi dan menindaklanjuti ketika masalah datang, dan sekarang membayar harga mengabaikan bahaya.

Pesan moral dalam cerita fabel terbaik ini adalah sangatlah penting bisa mengidentifikasi masalah sehingga kita bisa mengambil tindakan yang paling tepat.

Baca juga : Cerpen Anak Sekolahan dengan Pesan Moral untuk Dipetik

Tips Membaca Cerita Inspirasional

  • Waktu terbaik untuk membaca cerita inspirasional adalah pada siang hari, karena anak Anda akan siap menerima pelajaran, dan tidak lelah. Ini memungkinkan konsentrasi dan pemahaman cerita yang lebih baik.
  • Hanya karena itu adalah kisah yang menginspirasi, bukan berarti itu harus dibaca dengan cara yang membosankan. Baca seperti yang Anda lakukan ketika mendongeng. Gunakan suara dan nada yang berbeda di seluruh cerita, untuk membuatnya menarik.
  • Ajukan pertanyaan kepada anak Anda di akhir cerita. Anda dapat bertanya kepada anak Anda apa yang akan dia lakukan sebagai jika dia menjadi karakter tertentu, atau tanyakan apa moral dari cerita itu.
  • Anda dapat mengubah cerita agar lebih sesuai dengan anak Anda.
  • Pada saat jeda cerita, anda bisa menanyakan menurut anak anda apa kelanjutan dari ceritanya. Menanyakan prediksi anak Anda akan membantu meningkatkan imajinasi mereka.

Jadi, ini adalah beberapa kisah terbaik yang akan Anda dan anak Anda hargai. Namun jangan lupa bahwa kita masing-masing memiliki kisah dalam diri kita - sebuah kisah yang tidak hanya memotivasi anak-anak, mengajarkan mereka pelajaran yang berharga, dan juga mendorong mereka untuk membayangkan dan bermimpi.

Anda dapat lebih lanjut mendorong anak Anda untuk mengembangkan imajinasinya dan keterampilan kata-katanya dengan berbagai mainan edukatif yang pernah kami posting sebelumnya.

Baca juga posting terbaik kami seperti:

Pranala luar : https://parenting.firstcry.com/articles/5-best-inspirational-stories-for-kids/

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.