10 Cerita Dongeng Dunia Populer untuk Anak-Anak

50 views
cerita dongeng untuk anak
cerita dongeng untuk anak

Putri duyung, peri, sihir, keajaiban dan hewan yang berbicara adalah yang terlintas dalam pikiran ketika kita memikirkan Dongeng. Kisah-kisah ini jauh lebih dari sekadar cerita. Mereka juga dapat digunakan untuk mengajar anak-anak Anda tentang nilai-nilai, seperti kebaikan dan perjuangan. Cerita anak di bawah ini, merupakan kumpulan dongeng dunia yang paling banyak disukai oleh anak-anak. Anda bisa menyisipkan pelajaran saat mendongeng cerita-cerita ini.

10 Dongeng Yang Menarik Untuk Anak-Anak

1. Cinderella

Cinderella
Dongeng Anak Bergambar Cinderella

Kisah Cinderella bercerita tentang seorang wanita muda yang baik hati yang diperlakukan dengan kejam oleh ibu tirinya dan saudara perempuannya, tetapi, dia tidak pernah menyerah, dan tetap bersikap rendah hati.

Suatu hari, raja memutuskan untuk mengadakan pesta dan mengundang semua gadis muda di kerajaan. Sementara saudara perempuan Cinderella membuatnya membantunya bersiap-siap untuk pesta, tidak sekali pun mereka bertanya apakah dia ingin pergi bersama mereka.

Begitu mereka pergi, ibu baptisnya yang merupakan Peri Biru muncul dan membantu Cinderella pergi ke pesta dansa dengan sedikit sihir yang hanya akan bertahan sampai tengah malam. Di pesta dansa, Cinderella terlihat mata sang pangeran, karena dia adalah gadis paling cantik di sana, dan mereka menari sepanjang malam.

Ketika tengah malam tiba, Cinderella harus meninggalkan pesta, dan dengan tergesa-gesa, salah satu sepatu kacanya jatuh dari kakinya. Sang pangeran menemukan sepatu itu dan bersumpah untuk menikahi gadis pemilik sepatu.

Sang pangeran datang dari rumah ke rumah, mencari gadis yang kakinya pas dengan sepatu kaca, dan dia tiba di rumah Cinderella. Meskipun saudara tiri dan ibu tiri Cinderella berusaha mencegahnya untuk mencobanya, sepatu kaca itu sangat pas, dan dia segera menikah dengan sang pangeran dan hidup bahagia selamanya.

Ini adalah kisah luar biasa yang menceritakan bagaimana menjaga sikap rendah hati akan menuai hasilnya.

Baca versi kisah lengkapnya di link berikut ini Cinderella

2. Si Cantik dan si Monster (Beauty and the Beast)

Si Cantik Dan Buruk Rupa
Dongeng Anak Prancis : Si Cantik Dan Buruk Rupa

Berasal dari Perancis, ini adalah kisah Belle, seorang gadis petani cantik yang menggantikan ayahnya, ketika ia ditawan oleh seekor binatang buas.

Pada awalnya ini sangat menakutkan bagi Belle. Namun seiring waktu dia mulai menyukai binatang itu, karena dia tidak melakukan apa-apa selain memperlakukannya dengan baik. Ketika Belle mengetahui bahwa ayahnya sakit, dia memohon pada binatang itu untuk membiarkannya pergi kepadanya dan berjanji untuk kembali.

Tetapi saat Belle akan kembali ke rumah si binatang buas, dia ditahan oleh Gaston yang jahat, seorang pemburu terkenal dari desa yang ingin menikahi Belle.

Ketika desa mengetahui tentang binatang itu, mereka bersumpah untuk membunuhnya dan menyerbu istananya. Meskipun si binatang buas hampir mati, dia diselamatkan dan berubah menjadi pangeran tampan karena cinta Belle untuknya. Ternyata dia adalah seorang pangeran yang, bersama seluruh rumah tangganya, dikutuk oleh seorang penyihir karena dia tidak memperlakukannya dengan baik.

Belle dan Pangeran menikah, dan hidup bahagia dan damai bersama.

Dari kutukan sang pangeran, anak-anak dapat belajar tentang pentingnya bersikap baik. Dan jika berbuat hal yang jahat maka akan menerima keburukan. Dari Belle, kita belajar untuk menghargai apa yang ada di hati seseorang, daripada penampilan luarnya.

Baca versi cerita lengkapnya pada link berikut ini Si Cantik dan Si Buruk Rupa

3. Putri Tidur (Sleeping Beauty)

Putri Tidur
Cerita Dongeng Anak Putri Tidur

Ini adalah kisah Puteri Aurora, putri raja dan ratu yang sangat ditunggu-tunggu, yang dikutuk oleh penyihir jahat, untuk mati oleh tusukan dari jarum pemintalan benang karena Raja tidak mengundang peri ke Pembaptisannya. .

Untungnya, salah satu peri baik yang diundang ke Pembaptisan dapat membantu. Meskipun sang putri masih harus ditusuk, dia tidak akan mati, tetapi tidur selama seratus tahun. Dia diberkati oleh peri-peri baik lainnya, dan tumbuh menjadi gadis muda yang cantik, baik, dan taat yang sering disebut Briar Rose.

Seperti yang diperkirakan, pada hari ulang tahunnya yang keenam belas, Aurora ditusuk di jarinya dengan jarum pada roda pemintal benang yang berputar. Sesaat setelah tertusuk dia tertidur lelap, bersama dengan setiap pria, wanita, anak-anak dan hewan di kerajaan tersebut.

Seratus tahun kemudian, seorang pangeran muda mencoba datang ke kastil Istana, untuk melihat keindahan terkenal yang telah tertidur begitu lama. Ketika dia menemukannya, dia tertegun oleh kecantikannya dan tidak dapat menahan dorongan untuk mencium.

Hal ini ternyata mematahkan kutukan, dan tak lama kemudian semua orang di kastil dibangunkan dari tidur panjang mereka yang seratus tahun.

Pangeran dan puteri menikah, dan kerajaan sekali lagi bahagia dan damai.

Kisah putri tidur mengajarkan kita bahwa meskipun kejahatan kadang-kadang dapat mengganggu hidup kita, ketika kebaikan datang, maka kejahatan dan keburukan akan diatasi.

Baca kisah lengkap dongeng ini pada posting berikut Putri Tidur

4. Rapunzel

Rapunzel
Rapunzel

Sepasang suami istri miskin mendapat masalah besar ketika mereka mencuri buah dari kebun tetangga mereka. Tetangga ituadalah seorang penyihir.

Mengetahui tentang pencurian itu, si penyihir menuntut agar mereka memberinya anak ketika dia lahir, dan pasangan itu menerimanya.

Gadis muda itu, dinamai Rapunzel oleh sang penyihir, tumbuh menjadi sangat cantik, tetapi dikurung di dalam menara oleh penyihir jahat, yang darinya tidak ada jalan keluar atau masuk.

Ketika penyihir itu ingin masuk dan mengunjungi Rapunzel, dia akan berkata "Rapunzel, Rapunzel, biarkan rambutmu turun, sehingga aku bisa menaiki tangga emas."

Suatu hari, ketika Rapunzel bernyanyi untuk menghabiskan waktu, dia kebetulan menarik perhatian seorang pangeran muda, yang begitu terpesona oleh suaranya yang merdu.

Sang pangeran akhirnya tiba di menara Rapunzel dan naik keatas.

Sementara Rapunzel sangat terkejut dengan kedatangan sang pangeran, namun tidak begiru lama mereka segera jatuh cinta. Kebetulan Rapunzel tanpa sengaja memberi tahu penyihir itu, "Ya ampun, kamu jauh lebih berat dari pangeranku!"

Mengetahui hal itu si penyihir, menjadi geram, memotong rambutnya serta mengusir Rapunzel ke padang belantara.

Sang pangeran dibutakan oleh duri dan berpetualang mencari Rapunzel yang dicintainya.

Ketika mereka kembali bertemu satu sama lain, dimana sang pangeran dituntun oleh suara Rapunzel yang indah, mereka menangis bahagia.

Air mata Rapunzel jatuh ke kedua mata sang pangeran, dan menyembuhkan kebutaanya. Keduanya hidup bersama dalam damai selama sisa hidup mereka.

Hal yang penting untuk diambil dari kisah ini adalah bahwa seseorang tidak boleh mencuri karena dapat memiliki konsekuensi buruk, seperti dalam kasus orang tua Rapunzel, yang kehilangan anak perempuan mereka yang cantik karena mereka rakus dan mencuri buah-buahan.

Ikuti kisah lengkapnya pada terbitan berikut ini Rapunzel

5. Putri Salju dan Tujuh Kurcaci (Snow White and the Seven Dwarfs)

putri salju
Putri Salju

Nama Putri Salju diambil dari warna kulitnya, yang putih seperti salju, rambut sehitam ebony, dan bibir semerah mawar.

Namun sayang ibunya sang Ratu meninggal tidak lama setelah Putri Salju lahir.

Ayahnya menikah lagi dengan sorang Ratu yang cantik namun angkuh.

Sang Ratu baru sering bertanya kepada cerminnya, “Cermin Cermin, di dinding; Siapa yang paling cantik di dunia? ”

Saat Putri Salju mulai tumbuh, dia menjadi semakin cantik, dan cermin ajaib sang ratu segera mulai berkata demikian.

Rasa marah dan dipenuhi dengan kecemburuan, sang ratu mengirim seorang pemburu untuk membunuh Putri Salju dan membawakan jantungnya.

Pemburu, mengasihani Putri Salju yang tidak bersalah, menyuruhnya melarikan diri dan meninggalkannya di hutan. Dia, sebaliknya membawakan sang ratu jantung babi. Ketika ratu berkonsultasi cerminnya dan menemukan bahwa dia telah ditipu, dia bertekad untuk membunuh Putri Salju sendiri dan mulai menyiapkan apel beracunnya.

Didalam hutan Putri Salju menemukan tempat tinggal tujuh kurcaci, yang tinggal bersamanya dan merawatnya.

Suatu hari, ketika Para Kurcaci sedang bekerja di tambang, sang ratu datang menemui Putri Salju, menyamar sebagai seorang wanita petani tua yang menjual apel.

Putri Salju diyakinkan untuk menggigit apel dan langsung jatuh pingsan, seolah mati. Ketika kurcaci menemukannya, mereka bingung dan membaringkannya di peti mati kaca.

Suatu hari, ketika seorang pangeran lewat, dia memperhatikan para kurcaci berduka atas seorang gadis cantik yang tertidur (karena dia tetap secantik dulu) dan terpesona oleh kecantikannya.

Dia mencium tangannya untuk mengucapkan selamat tinggal padanya, dan pada saat itu, apel terlepas sendiri, dan Putri Salju membuka matanya.

Sang pangeran begitu bahagia sehingga dia meminta Putri salju untuk menikah dengannya dan sang Putripun menerima. Ada perayaan besar, dan mereka hidup dan memerintah bersama dengan bahagia. Sang ratu jahat jatuh sakit karena rasa cemburunya dan akhirnya mati.

Kita harus selalu ingat, dari nasib sang ratu, bahwa jika hanya menginginkan kecantikan fisik, maka kamu akan,  kehilangan kedamaianmu, dan akan sangat tidak bahagia ketika kamu tidak dianggap yang paling cantik.

Sebaliknya, kebaikan dan kelembutan memenangkan hati banyak orang.

Baca selengkapnya pada Putri Salju

6. Putri Duyung (The Little Mermaid)

Putri Duyung Ariel
Putri Duyung

Di kerajaan bawah laut Atlantica, hidup putri duyung kecil yang tidak mencintai apa pun selain melihat hal-hal di permukaan dan mengamati bagaimana manusia hidup.

Dia ingin menjadi manusia, dan ketika dia akhirnya menyelamatkan seorang pangeran tampan dari tenggelam, dia memutuskan bahwa dia harus menjadi manusia dengan cara apa pun, karena dia ingin bersama sang Pangeran.

Ini membawanya untuk mengunjungi seorang penyihir laut yang meminta putri duyung untuk mengorbankan suaranya, dengan imbalan kaki manusia.

Dengan syarat bahwa putri duyung akan menjadi budak si Penyihir jika pangeran tidak menikahinya.

Sang putri duyung kemudian pergi ke pangerannya, tetapi menghadapi serangkaian tantangan.

Awalnya pangeran yang tidak mengenalinya dan bahkan akan menikah dengan anita lain.

Namun, pada akhirnya, keduanya, putri duyung dan pangeran bersatu kembali, mengalahkan penyihir dan hidup bahagia selamanya.

Anak-anak dapat belajar tentang menjadi cukup berani untuk menghadapi tantangan untuk mendapatkan apa yang dicita-citakan.

Baca kisah lengkapnya pada Putri Duyung

7. Goldilocks dan Tiga Beruang (Goldilocks and the Three Bears)

Yang ini pasti akan mengajari anak-anak Anda untuk menjadi perhatian dan menghormati orang lain, karena ini menceritakan tentang seorang gadis kecil yang penasaran bernama Goldilocks, yang masuk tanpa izin di rumah keluarga tiga beruang, yang telah pergi ke hutan sementara bubur mereka didinginkan.

Dia tersesat di hutan ketika dia tersandung pondok, dan memperhatikan melalui jendela, bahwa ada tiga mangkuk bubur di atas meja dan bahwa tidak ada orang di rumah.

Seharusnya dia akan menunggu beruang pulang, tetapi, sebaliknya, dia membiarkan rasa ingin tahunya menguasai dirinya, dan membiarkan dirinya masuk ke dalam rumah.

Bahkan, Goldilocks tidak hanya melakukan pelanggaran, tetapi dia juga memakan bubur bayi beruang, mematahkan kursinya, dan tidur di tempat tidurnya. Ketika para Beruang kembali, Goldilocks bangun dan sangat ketakutan sehingga dia melompat keluar jendela dan melarikan diri.

Seandainya Goldilocks berlaku baik, beruang-beruang itu akan memperlakukannya dengan baik, dan dia akan mendapatkan teman-teman baru. Sebaliknya, dia tidak menghargai rumah orang lain.

8. Putri dan Kacang (The Princess and the Pea)

Putri dan Kacang Polong
Putri dan Kacang Polong

Pernah ada seorang pangeran yang bertekad untuk hanya menikahi seorang putri. Meskipun dia melakukan perjalanan jauh dan luas untuk mencari putri yang memenuhi syarat, dia tidak pernah bisa melihat apakah mereka benar-benar putri atau hanya mengatakannya.

Suatu malam badai, dia dan ibunya ada di rumah, ketika mereka mendengar ketukan di pintu. Sang pangeran membuka pintu, dan di sana berdiri seorang gadis, basah kuyup, meminta untuk mencari perlindungan.

Ibunya memutuskan untuk menguji apakah dia memang seorang putri. Dia menyimpan kacang di bawah 10 kasur, meminta sang putri untuk tidur di sana.

Pagi berikutnya, sang putri terbangun dengan mengeluh bahwa kasurnya tidak nyaman dan dia tidak bisa tidur sepanjang malam.

Seketika, mereka tahu gadis ini memang seorang putri, karena bagaimana lagi dia bisa begitu sensitif merasakan kacang di bawah kasur? Oleh karena itu, pangeran dan putri menikah dan hidup bahagia selamanya.

Anak-anak dapat belajar nilai dari pemikiran yang unik, karena hanya pikiran kreatif yang dapat mengetengahkan tes 'kacang' yang cerdas untuk menentukan apakah gadis itu benar-benar seorang putri.

Baca cerita lengkapnya di Putri dan Kacang Polong

9. Bebek Buruk Rupa (The Ugly Duckling)

bebek buruk rupa berenang paling akhir cerita rakyat fabel
bebek buruk rupa berenang paling akhir cerita rakyat fabel

Kisah yang menghangatkan hati ini, ditulis oleh Hans Christian Anderson, menceritakan tentang seekor itik kecil yang disebut jelek oleh semua orang di pertanian tempat ia tinggal.

Dia diintimidasi dan dianiaya oleh semua orang, sampai suatu hari dia dipaksa untuk melarikan diri. Bebek kecil yang sengsara itu diejek dan dicemooh oleh semua orang yang bertemu dengannya, dan mendapati dirinya berkeliaran di musim dingin yang membeku, sendirian dan nyaris tidak berhasil bertahan hidup.

Ketika dia terbang ke danau untuk berenang, dia bertemu tiga angsa cantik yang menyambutnya dengan riang. Dia bingung dengan salam ramah mereka, karena selama ini dia diusir.

Ketika dia melihat bayangannya di air, dia terkejut melihat bahwa dia telah tumbuh menjadi angsa yang indah! Seorang gadis kecil yang melempar remah roti untuk angsa bangsawan bahkan mengatakan bahwa dia adalah yang paling cantik dari semuanya.

Kita seharusnya tidak pernah menilai orang lain dari penampilan mereka karena bukan penampilan yang penting. Tidak hanya seseorang dapat mengembangkan kecantikan dari waktu ke waktu, tetapi kecantikan sejati adalah apa yang ada di dalam, jadi jika kita bertahan dan terus bergerak maju dalam kehidupan, seperti yang dilakukan oleh anak itik kecil, maka suatu hari, kita mungkin menemukan diri kita dianggap yang paling cantik. dari semua.

Temukan kisah lengkapnya di Kisah Bebek Buruk Rupa

10. Pangeran Kodok (The Frog Prince)

Dongeng Cerita Pangeran Kodok dan Putri Bungsu yang Cantik
Pangeran Kodok

Pernah ada seorang raja yang memiliki anak perempuan yang cantik. Yang termuda sering suka bermain dengan bola emas di dekat kolam, di tengah hutan dekat istana. Suatu hari, bolanya jatuh ke dalam kolam, dan itu terlalu dalam untuk didapat sang putri.

Saat sang Putri mendapatkan kesulita tersebut datang seekor katak yang baik hati yang menawarkan bantuan.

Dia mengatakan padanya bahwa dia akan mendapatkan bola untuknya, jika dia mengizinkannya menjadi teman bermainnya dan makan dari piringnya, minum dari cangkirnya dan tinggal bersamanya.

Dia setuju, tetapi dia tidak menepati janji ketika katak mengembalikan bolanya ke arahnya.

Sebaliknya, dia berlari pulang dan meninggalkannya.

Pagi berikutnya, katak muncul di rumahnya, dan dia menagih janjinya.

Raja, setelah mendengar apa yang terjadi, memerintahkan putrinya yang tercinta untuk menepati janjinya.

Akhirnya sang Putri terpaksa membiarkan katak makan dari piringnya, minum dari cangkirnya dan tinggal bersamanya.

Pagi berikutnya, katak memberi tahu sang putri bahwa dia akan meninggalkannya selamanya jika dia melakukan satu hal terakhir untuknya, yaitu memberinya ciuman. Sang Putri, karena senang bisa menyingkirkan sang katak segera setuju dan segera menciumnya.

Seketika, katak itu berubah menjadi pangeran muda yang tampan. Dia telah dikutuk, dan satu-satunya hal yang bisa mematahkan kutukan adalah ciuman seorang putri.

Pelajaran lain untuk tidak menilai siapa pun dari penampilan mereka, cerita ini juga memiliki manfaat tambahan untuk mengajar anak-anak Anda untuk menepati janji mereka.

Baca kisah lengkapnya di Dongeng Pangeran Kodok

Manfaat Dongeng untuk Anak Anda

Berikut adalah beberapa manfaat dongeng untuk anak-anak Anda:

1. Merangsang Imajinasi

Dongeng membantu menyulut imajinasi anak-anak, karena membawa mereka ke dunia lain yang sangat berbeda dengan dimana kita berada, disana ada peri, putri duyung, dan sihir.

2. Meningkatkan Pemahaman tentang Abstrak

Konsep abstrak adalah konsep ide atau pemikiran. Misalnya, konsep kehendak bebas adalah konsep abstrak. Karena dongeng ini paling sering melibatkan hal-hal yang tidak terjadi dalam kenyataan, ada baiknya anak belajar memahami konsep hal-hal yang tidak konkret.

3. Nilai Pelajaran Yang Dapat Dipetik

Kita dapat melihat dari tindakan antagonis, bahwa kejahatan, kesombongan, dan keserakahan semuanya memiliki konsekuensi. Goldilocks adalah contoh bagus mengapa kita harus menghargai orang lain. Dalam dongeng, konsep yang baik menaklukkan kejahatan adalah lazim dan layak dipertahankan.

4. Memecahkan Masalah

Sebagian besar karakter akan melalui sesuatu, dan itu adalah pemikiran cepat dan kecerdikan mereka yang membantu mereka untuk menang. Anak kecil perlu belajar ini, karena mereka juga akan mengikuti contoh-contoh ini dan belajar bagaimana menyelesaikan masalah.

5. Memperkenalkan Pemahaman Psikologis

Saat membacakan cerita untuk anak-anak Anda, Anda selalu dapat terlibat dengan mereka dan bertanya kepada mereka mengapa menurut mereka orang-orang tertentu berperilaku seperti itu. Misalnya, dalam cerita si cantik dan si buruk rupa, kita melihat bahwa binatang buas itu dikutuk karena menjadi kejam, tetapi kemudian, dia diubah menjadi seorang pangeran yang tampan. Anak-anak Anda dapat memiliki latihan mental yang baik, mendiskusikan perubahan apa dalam karakternya yang memungkinkan Belle mengembangkan perasaan untuknya dan akhirnya memecah kutukan.

6. Meningkakan Belajar Hal Baru

Anak Anda akan belajar kata-kata baru, frasa, dan aspek kehidupan lainnya saat ia membaca dongeng. Ini adalah bentuk pembelajaran insidental, yaitu ketika orang belajar tanpa benar-benar berniat untuk belajar apa pun. Misalnya, ketika membaca tentang itik buruk rupa, seseorang diperkenalkan dengan kehidupan binatang dan belajar tentang bagaimana angsa bermigrasi setiap musim dingin, meskipun itu bukan tujuan membaca cerita.

8. Mengungkap Realitas Kehidupan yang Keras

Anak-anak sering belajar melalui dongeng bahwa dunia bukanlah tempat yang indah dan indah, dan bahwa untuk melakukan hal yang benar dan menjadi orang yang baik, Anda harus dapat bertahan dan menjaga sikap yang baik. Setiap orang tua lebih suka anak mereka belajar kenyataan baik dan jahat dari cerita, sehingga mereka bisa menjadi kuat ketika mereka mengalami situasi sulit dalam kehidupan mereka sendiri.

9. Mengetahui Budaya

Anak-anak dikenalkan dengan berbagai budaya dan gaya hidup dalam cerita yang berbeda, karena penulis berasal dari tempat yang berbeda dan memiliki budaya dan tradisi yang berbeda. The Beauty and the Beast berasal dari Prancis, sementara Hansel dan Gretel berasal dari Jerman.

Saat Anda membacakan cerita untuk anak Anda, keterampilan menyimak dan linguistiknya berkembang lebih baik dan lebih cepat. Ditambah dengan kosakata yang diperkaya sejak usia dini! Kisah-kisah memikat ini sempurna untuk anak-anak yang selalu ingin tahu.

Membaca dongeng bersama anak-anak Anda adalah salah satu hadiah terbaik yang dapat Anda berikan kepada mereka, semakin awal Anda memulai, semakin besar kemungkinan kebiasaan itu akan melekat.

Sumber

Posting ini merupakan terjemahan dari https://parenting.firstcry.com/articles/10-popular-fairy-tale-stories-for-kids/

dan terinspirasi dari Princess Disney

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.