Kisah Cerita Anak Terpopuler Jerman dan Spanyol

Negara di Eropa termasuk Jerman dan Spanyol memiliki banyak kisah cerita anak terpopuler  yang sangat seru untuk diikuti. Beberapa diantara cerita dongeng anak tersebut akan kakak ceritakan malam hari ini. Selain seru dua cerita anak dari Jerman dan Spanyol ini memiliki hikmah yang dapat dipetik. Selamat membaca.

Kisah Cerita Anak dari Jerman Kejujuran Tukang Kayu

Wajah Tukang Kayu terlihat murung. Sudah beberapa kali ia mencari kapaknya, tetapi tak jua menemukannya. Padahal, ia yakin kapaknya pasti ada di salah satu tempat yang ia datangi. Hingga waktu hampir sore, tukang kayu tak jua menemukan kapak miliknya. Ia jadi semakin sedih. Ia pun pulang dengan hati gundah, sebab hari ini tak memperoleh apa pun.

"Bagaimana aku bisa bekerja besok? Aku tak punya uang untuk membeli kapak baru," keluh si tukang kayu.

Tukang kayu duduk di depan rumahnya. Ia termenung memikirkan hari esok. Ia harus bekerja untuk memberi makan anak dan istrinya. Namun, jika kapaknya tak ditemukan, tentu Ia jadi tidak bisa bekerja.

Tiba-tiba ada orang asing Iewat di depan rumahnya. Melihat tukang kayu bersedih, orang asing itu bertanya kepada tukang kayu. Tukang kayu lantas menceritakan masalahnya.

"Tadi aku menemukan kapak ini di hutan. Apakah ini milikmu?"tanya orang asing itu seraya menyodorkan kapak yang terbuat dari emas.

“Bukan, itu bukan milikku. Kapakku bukan terbuat dari emas," ucap tukang kayu, jujur.

Kisah Cerita Anak dari Jerman Kejujuran Tukang Kayu

Kisah Cerita Anak dari Jerman Kejujuran Tukang Kayu

"Atau mungkin kapak ini?" orang asing tersebut menyodorkan kapak Iainnya, kali ini terbuat dari perak."Aku juga menemukan kapak ini di hutan. Barangkali ini milikmu."

"Itu juga bukan milikku. Aku tak mungkin mampu membeli kapak yang terbuat dari perak.” jawab tukang kayu.

Orang asing itu tersenyum. Kemudian ia menyodorkan satu kapak lagi yang terbuat dari besi."Kalau kapak ini, apakah bukan milikmu juga?" tanya orang asing itu.

"Betul sekali, itu adalah kapak milikku seru si tukang kayu, senang."Kapak milikku terbuat dari besi biasa."

Orang asing itu sungguh heran sekaligus kagum. Ia senang bertemu dengan orang yang jujur seperti si tukang kayu. Maka, sebagai hadiah atas kejujuran tukang kayu. Orang asing itu memberikan semua kapaknya kepada si tukang kayu.

Pesan moral dari Kisah Cerita Anak dari Jerman Kejujuran Tukang Kayu adalahBerkata jujur dapat mendatangkan kebaikan. Yuk kita belajar dari si tukang kayu yang jujur itu! Ia hanya mengakui dan mengambil apa yang memang menjadi miliknya.

Kisah Cerita Anak Spanyol : Balas Budi Semut Pada Merpati

Matahari semakin terik. Hal itu membuat semut kehausan. Apalagi sudah seharian ini ia bekerja keras mengangkut makanan. Semut menyeka keringat yang ada di dahinya. Kemudian ia duduk dan beristirahat sejenak. Semut menoleh ke arah kanan. Olala... rupanya ada sungai yang tak jauh dari tempat semut beristirahat.

"Lebih baik aku minum dulu di sungai itu," ucap Semut. Ia Iangsung menuju sungai. Tetapi ketika akan mengambil air, tiba-tiba semut terpeleset, lalu terbawa arus yang deras. Tubuhnya yang kecil tak bisa melawan arus.

"Tolong... tolong... tolong akur teriak semut.”

Burung Merpati yang sedang bertengger di pohon di dekat sungai, mendengar teriakan semut. Merpati Iangsung memetik selembar daun, lalu terbang dan menjatuhkan daun itu di dekat semut untuk menolong hewan kecil itu.

"Terima kasih, merpati. Jika tak ada kau, pasti aku sudah hanyut," ucap Semut.

"Sesama makhluk hidup memang harus saling menolong," jawab Merpati, bijaksana.

Setelah berbincang sejenak, mereka pun berpisah. "Semoga kita bisa berjumpa lagi di lain waktu," seru Merpati, meninggalkan semut. Semut sangat senang bertemu dengan Merpati yang baik dan ramah itu.

Beberapa hari kemudian, ada seorang pemburu datang ke hutan. Pemburu itu mengincar merpati yang sedang bertengger di pohon.

la mengacungkan senapannya ke arah merpati. Olala... merpati tak mengetahui hal itu. Ia sedang berada dalam bahaya!

Kebetulan semut sedang berada di dekat situ. Melihat hal tersebut, Ia merasa sangat cemas. “Aku harus menolong merpati dari pemburu itu," ujar Semut. Ia pun langsung merayap ke kaki pemburu itu, lalu menggigitnya dengan keras. Pemburu itu mengaduh kesakitan. Peluru pun meleset. Merpati segera menyadari keadaan itu.

Kisah Cerita Anak Spanyol : Balas Budi Semut

Kisah Cerita Anak Spanyol : Balas Budi Semut

Merpati langsung terbang dan menjauh dari pemburu. Ia tahu, semutlah yang telah  menyelamatkannya."Terima kasih semut,"'batin Merpati.

Semut merasa lega. Akhirnya ia bisa membalas budi baik merpati.

Pesan moral dari Kisah Cerita Anak Spanyol : Balas Budi Semut Pada Merpati adalah Kebaikan akan selalu mendatangkan kebaikan. Jadilah anak yang suka menolong, maka suatu saat nanti, jika kau kesulitan, akan ada banyak teman yang menolongmu.

Baca juga dongeng terbaik kami lainnya yaitu dongeng kisah cerita anak fabel lebah pekerja dan kisah cerita anak kura-kura dan monyet pembohong

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.