Dongeng Terpopuler Dunia dari Yunani dan Afrika Selatan

Banyak sekali dongeng terpopuler dari Yunani dan Afrika selatan sudah kami posting di blog ini. Kali ini kami akan memposting kembali dua cerita rakyat terpopuler dari kedua negara tersebut. Kakak yakin kalian akan menyukai cerita anak terpopuler dari Yunani dan Afrika Selatan ini. Selamat membaca.

Dongeng Terpopuler Yunani : Kerja Keras Gagak

Gagak merasa sangat lelah dan haus. Ia sudah terbang ke sana kemari, tapi tak berhasil menemukan air. Hingga tibalah ia di sebuah taman. Di taman itu ada sebuah tempat berisi air. Sungguh senang hati Gagak.

Namun, kendi berisi air itu tak penuh. Meskipun begitu, Gagak berusaha meminum air dalam kendi itu. Tetapi paruhnya tak mampu rnenjangkau air tersebut.

“Aku harus mencari akal agar aku bisa meminum air dari dalam kendi ini," celetuk Gagak.

Beberapa saat kemudian, Gagak kembali lagi ke kendi itu. Ia mematuki kendi itu dengan paruhnya untuk mencoba memecahkan kendi. Tetapi bukannya pecah, malah justru paruh Gagak yang sakit. Gagak pantang menyerah, meskipun paruhnya sakit, tetapi dia terus berusaha. Hingga ia merasa begitu lelah.

Gagak belum menyerah. Ia terus saja mencari ide agar air dalam kendi itu bisa diminum. Gagak mencoba mengangkat kendi itu. Ah! kendi itu terlalu berat untuk ia angkat.

"Duh, bagaimana ini," dengus Gagak, merasa lelah.

Gagak lantas duduk sejenak. Ia kembali berpikir. Di taman itu, ia melihat banyak kerikil. Aha! Gagak menemukan sebuah ide. Gagak segera mengambil kerikil itu satu per satu, lalu memasukkannya ke dalam kendi yang berisi air.

Dongeng Terpopuler Yunani

Dongeng Terpopuler Yunani

Hari sudah hampir sore, Gagak terus saja memasukkan kerikil itu ke dalam kendi. Oalala... permukaan air dalarn kendi itu semakin lama semakin naik. Gagak semakin senang. Ia semakin bersemangat untuk mengambil kerikil-kerikil di taman dan memasukannya ke dalam kendi.

Usaha Gagak tak sia-sia. Akhirnya permukaan air di dalam kendi sudah bisa dijangkau oleh Gagak sehingga Gagak bisa meminumnya dan menuntaskan dahaganya.

"Ah, segar sekali air dalam kendi ini. Memang jika mendapatkan sesuatu dengan susah payah, maka hasil yang didapat pun akan terasa Iebih nikmat," ucap Gagak.

Pesan moral dari Dongeng Terpopuler Yunani : Kerja Keras Gagak adalah

Yuk, kita contoh sifat Gagak yang penuh semangat itu! Jangan mudah menyerah untuk meraih apa yang kamu inginkan ya, kawan. Untuk mencapai apa yang kita inginkan, yang kita butuhkan adalah kerja keras dan doa.

Cerita Anak Terpopuler dari Afrika Selatan : Ayam Dan Serigala

Hari ini serigala sangat senang. Ia berhasil menangkap ayam yang selama ini diincarnya. Sudah lama ia mengincar ayam, tetapi beberapa kali ayam bisa lolos dari terkamannya.

"Akhirnya kau berhasil aku tangkap juga, ayam," ucap Serigala, senang. Ia memegang dua kaki ayam, sambil terkekeh.

Ayam terus saja berkokok.Tetapi tak digubris oleh serigala. Serigala segera membawa mangsanya pulang. Ia sudah sangat lapar, jadi ia buru-buru pulang.

Sesampainya di rumah, Serigala segera memasukkan ayam tersebut ke dalam sebuah kandang kecil di rumahnya. Kemudian ia berpikir, hendak diapakannya ayam itu.

"Aku masak dulu, atau langsung aku makan saja, ya?" gumam serigala.

"Ah, lebih baik langsung kumakan saja. Lagi pula perutku sudah sangat lapar," dengus serigala. Serigala langsung mengambil ayam, lalu menaruhnya di meja makan.

“Kau yakin akan memakanku hidup-hidup, serigala? Pastilah dagingku tak enak," ucap ayam.

"Kau mau mencoba mengelabuiku, ayam?" jawab serigala, terkekeh.

Ayam merasa ketakutan. Namun, ia tak kehabisan akal. Ia terus saja merayu serigala untuk berbuat sesuatu agar tak langsung memakannya.Tetapi, usahanya tak berhasil.

“Baiklah jika kau mau memakanku. Tetapi aku minta kau berdoalah terlebih dahulu. Jadi nanti aku pun jadi bahagia ketika kau makan," ujar ayam.

Serigala berpikir, mungkin ini adalah permintaan terakhir ayam. Ia merasa berkewajiban untuk memenuhi permintaan itu.

Cerita Anak Terpopuler dari Afrika Selatan

Cerita Anak Terpopuler dari Afrika Selatan

"Bagaimana caranya berdoa? Aku tak pernah melakukan itu sebelumnya,"jawab serigala, bingung.

"Angkat kedua tanganmu. Pejamkan matamu, dan berdoalah agar nanti dagingku enak tanpa dimasak," ucap ayam.

Serigala menuruti apa yang dikatakan oleh ayam. Saat serigala sedang berdoa dan menutup matanya, ayam dengan cepat langsung lari ke arah jendela. Dia pun bisa kabur dari serigala. Serigala merasa sangat jengkel. Sekali lagi, ia harus kehilangan ayam.

Pesan moral Dongeng Terpopuler dari Afrika Selatan adalah dalam cerita di atas, ayarn mengandalkan kecerdasannya untuk keluar dari masalah. Begitulah, kecerdasan memang bisa kita andalkan untuk menyelesaikan masalah apa pun. Karena itu, asahlah terus kecerdasan kalian dengan rajin belajar.

Temukan dan jangan lewatkan dongeng dunia terbaik lainnya pada artikel kakak berikut ini Cerita Rakyat Yunani : Petani dan Ketujuh Putranya dan Kumpulan Cerita Fabel Terbaru Dari Afrika Selatan

 

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.