Dongeng dan Cerita Anak : Serigala dan Landak

No comment 4179 views

Blog dongengceritarakyat.com selalu mencoba menghadrikan kumpulan dongeng dan cerita anak terbaik dengan pesan moral yang dapat ditangkap dan diterima oleh anak-anak. Kisah kali ini sangat sederhana namun mengandung pesan moral yang sangat baik. Ini dia ceritanya.

Kumpulan Dongeng dan Cerita Anak : Serigala dan Landak

Seekor serigala berjalan dihutan untuk mencari makanan seperti seekor kambing hutan, kelinci, uncal, rusa, dan apapun itu sesuatu yang dapat dimakan. Hutan itu sangat lebat hingga pada saat siangpun hutan itu tetap gelap karena cahaya matahari hanya mampu menembus dasar hutan itu dengan sedikit cahaya. Hutan itu dipenuhi hewan-hewan pemakan tumbuhan sehingga beberapa serigala sering berburu di hutan itu. Serigala yang sedang berjalan itu mendekati sebuah sungai untuk minum. Dia mulai mendekati sungai dengan perlahan ketika dia hampir pada bibir sungai terdengar suara langkah hewan yang sedang berjalan serigala itu mulai mendekati hewan tersebut.

Dongeng dan Cerita Anak Serigala dan Landak

Dongeng dan Cerita Anak Serigala dan Landak

Ternyata yang dilihat oleh serigala itu adalah beberapa ekor kelinci yang sedang makan seketika itu serigala itu langsung berlari mengejar kelinci-kelinci tersebut dengan cepat. Kelinci-kelinci itu pun melihat bahaya mengancam, mereka segera berlarian ke arah lubang tempat tinggalnya dengan cepat bahkan lebih cepat dari larinya serigala. Belum sempat serigala itu menerkam kelinci-kelinci tersebut mereka telah masuk kedalam lubang. Putuslah harapan serigala mendapatkan kelinci.

Lalu dia melanjutkan keinginannya untuk minum setelah itu dia kembali masuk ke hutan lebat itu dia berjalan mulai mencari mangsanya, ditengah perjalanan dia mendengar suara langkah seperti suara kelinci sebelumnya tanpa berpikir panjang serigala itu berlari sangat kencang. Ketika sampai pada suara itu serigala itu langsung menerkan hewan itu tapi hewan itu tidak seperti apa yang diharapkan oleh serigala hewan itu adalah seekor landak. Akhirnya mulut, tangan dan tenggorokannya tertusuk duri-duri tajam dari landak itu.

Melihat apa yang dialami serigala. landak itu hanya berlari meninggalkan serigala itu dan Serigala itu hanya merasa kesakitan yang sangat luar biasa dia berusaha terus untuk melepaskan duri-duri itu dari tubuhnya namun duri-duri itu menancap sangat kuat dan sulit untuk dilepaskan.

Hingga akhirnya serigala itu menyerah dan kembali ke kawanannya dengan penuh duri di beberapa bagian tubuhnya. Setelah serigala itu kembali ke kawanannya salah satu serigala dari kawanannya bertanya “Kenapa mulut, tenggorokan dan tanganmu tertusuk duri-duri itu berani sekali kau mencoba memakan landak?”. “Aku tidak tahu itu adalah seekor landak, yang aku tahu aku mendengar suara langkah hewan dan tanpa pikir panjang aku berlari dan menerkamnya, lagi pula landak itu bersembunyi di balik semak-semak dan pohon hingga aku tidak bisa melihatnnya dengan jelas”. Jawab serigala penuh duri itu.

“Hahaha, terkadang bertindak terburu-buru akan mengakibatkan hal buruk terhadap kita jadi sekarang apa kau masih akan melakukan hal yang sama? Jika kau mau melakukan hal itu lagi mungkin nanti bukan duri landak yang kau dapatkan tapi hal yang lebih menyakitkan dari itu”. Celoteh serigala dengan tertawa.

“Aku tidak akan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan”. jawab serigala itu dengan rasa sakit di beberapa tubunnya.

Pesan moral dari Dongeng dan Cerita Anak : Serigala dan Landak adalah terburu buru dan tergesa gesa dalam mengambil keputusan hanya akan membuat keputusan yang diambil tidak maksimal. Berhati-hati dan berpikir sebelum bertindak merupakan ciri orang yang bijaksana dan cerdas.

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.