Contoh Cerita Rakyat Nusantara : Kambing Tua yang Bijaksana

Contoh cerita rakyat nusantara yang berkualitas dan layak didongengkan kepada adik-adik kecil sudah banyak Kami posting di blog kesayangan kita ini. Kami sangat berterima kasih jika rekan-rekan pengunjung bersedia membagikan link dongengceritarakyat.com melalui facebook, twitter, google plus atau email. Selamat membaca dongeng terbaik kami lainnya.

Contoh Cerita Rakyat Nusantara : Kambing Tua yang Bijaksana

Contoh Cerita Rakyat Nusantara Kambing Tua yang Bijaksana

Contoh Cerita Rakyat Nusantara Kambing Tua yang Bijaksana

Pada suatu hari, Induk Kambing mengajak anaknya untuk mencari makan bersama. Namun, tiba-tiba datanglah seekor Serigala menerkam sang anak dan segera membawanya pergi dari pandangan sang Induk. Induk Kambing hanya menangis dan menangis.

Akhirnya, ia pergi menemui Kambing Tua yang sangat bijaksana untuk meminta nasihat.

‘’ Tuan, anakku baru saja di terkam oleh Serigala. Bagaimana aku dapat menyelamatkan anakku?’’ kata Induk Kambing menangis

Kambing Tua pun terus berpikir dan berpikir. Akhirnya, ia pun mendapatkan sebuah ide. Kambing Tua pergi ke sebuah tebing yang sangat tinggi dan mulai memanjatnya. Pada awalnya, ia pun terjatuh. Tapi, lama-lama ia pun berhasil memanjatnya.

Di atas tebing, ia tidak menemukan rumput. Ia hanya melihat lumut. Ia pun mencoba memakannya. Pada awalnya, makanan tersebut terasa aneh untuk di makan. Namun, lama kelamaan Kambing Tua pun terbiasa untuk memakannya.

Ia pun segera kembali kerumah, dan pada keesokan harinya. Ia pun mengajak para Kambing untuk tinggal di tebing. Ia juga mengajarkan mereka bagaimana caranya memanjat. Tidak menunggu waktu yang terlalu lama. Akhirnya, para Kambing tinggal di tebing tersebut.

Pada suatu hari, Serigala keluar dari sarangnya. Perutnya terasa sangat lapar. Ia pergi mencari makanan favoritnya, yaitu daging Kambing segar. Namun, ia sangat terkejut karena tidak menemukan satu ekor Kambing di padang rumput tempat biasa ia menangkap makanan favoritnya tersebut.

‘’ Pergi kemana semua Kambing ini?’’ Serigala bertanya pada dirinya sendiri.

Ia pun melanjutkan perjalanan untuk mencari para Kambing tersebut. tiba-tiba, ia melihat para Kambing di atas sebuah tebing.

‘’ Apa yang sedang kalian lakukan di atas tebing?’ Tanya Serigala.

‘’ Kami semua sekarang tinggal disini! Dan sekarang kamu tidak dapat memakan kami satu persatu. Cukup anakku yang menjadi makanan trakhirmu!’’ jawab Induk Kambing.

Serigala pun mencoba untuk memanjat tebing tersebut. Tapi, usahanya sia-sia. Ia selalu terjatuh dan terjatu. Melihat usaha Serigala yang selalu gagal untuk memanjat. Para Kambing pun menertawakan Serigala.

Karena merasa di ejek oleh para Kambing tersebut. ia pun menyuruh Kambing-kambing untuk turun dari tebing.

‘’ Cepatlah turun. Di sini banyak sekali rumput segar.’’ Kata Seigala marah dan menggeram.

‘’ Kau saja yang memakan rumput segar tersebut. makanan itu lebih cocok untuk mu.’’ Kata Kambing tua, dan di sambut tawa seluruh Kambing.

Serigala sangat marah. Ia pun mencoba kembali untuk memanjat tebing. Namun, usahanya tetap sia-sia. Akhirnya, ia pun dengan perasaan marah dan kecewa ia pergi meninggalkan tempat tersebut. para Kambing tetap tinggal padang rumput. Dan tidak pernah di ganggu Serigala lagi, karena Serigala berpikir para Kambing tetap tinggal di atas tebing tersebut.

Pesan moral dari Contoh Cerita Rakyat Nusantara : Kambing Tua yang Bijaksana adalah gunakan pikiran yang jernih untuk bisa memecahkan masalah. Selain itu untuk mencapai tujuan yang besar kadang kita memang harus berjuang dan berkorban terlebih dahulu.

Baca cerita anak dunia lainnya pada artikel berikut Cerita Rakyat Dunia – Dongeng Anak Dunia dan Teks Cerita Rakyat Dunia : Raja Emas

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.