Teks Cerita Rakyat Dunia : Raja Emas

3433 views

Teks cerita rakyat yang kakak ceritakan malam hari ini bercerita tentang raja yang suka dengan emas. Suatu kejadian membuat dia berubah pikiran? Kejadian apakah itu? Yuk kita ikuti cerita rakyat dunia ini sampai selesai. Kakak yakin pesan moral pada teks dongeng rakyat ini sangat baik untuk kita semua. Selamat membaca.

Teks Cerita Rakyat Dunia : Raja yang sangat Suka dengan Emas

Teks Cerita Rakyat Dunia Raja Emas

Teks Cerita Rakyat Dunia Raja Emas

Pada suatu hari, hiduplah seorang Raja yang senang sekali mengadakan sebuah pesta. Pesta yang di adakan Raja begitu sangat meriah. Tamu undangan pun berdatangan dari berbagai penjuru. Namun, lebih istimewa lagi karena Raja mengundang para Dewa dalam pesta tersebut. Semua makanan dan minuman di hidangkan. Mereka semua bersuka ria.

Akhirnya, pesta pun selesai. Semua tamu pulang dengan membawa banyak hadiah yang di berikan oleh Raja. Namun, selesai pesta salah satu dari Dewa yang bernama Banchus datang menghampiri sang Raja.

‘’ Sebagai ucapan rasa terima kasih, karena telah mengundang kami dalam acara pesta ini. Apa yang harus aku berikan?’’ Tanya Dewa Banchus.

Raja pun berpikir sangat keras. namun, karena ia sangat menyukai emas dan ingin lebih kaya. Raja pun meminta, agar semua yang ia sentuh berubah menjadi emas. Dewa Banchus pun mengabulkan permintaan Raja. Kini, semua benda yang ia sentuh akan berubah menjadi emas. Raja sangat senang. Ia mulai menyentuh benda-benda di sekitarnya. Ia menyentuh bunga, daun, pohon. Semua yang Raja sentuh telah berubah menjadi emas. Raja pun senang karena sekarang ia menjadi lebih kaya.

Saat malam tiba, Raja yang sudah kelelahan dan merasa lapar. Ia pun segera memanggil Pelayan Istana untuk menyiapkan makanan. Namun, ketika ia menyentuh satu potong Ayam goreng. Tiba-tiba, Ayam tersebut berubah menjadi emas. Begitu juga dengan makanan yang lainnya. raja pun sedikit marah dan akhirnya ia memutuskan untuk tidur dan menahan rasa laparnya.

Keesokkan harinya, Raja bangun dari tidurnya dan masih menahan rasa laparnya. Raja pun berpikir bagaimana ia dapat makan dengan cara tidak menyentuhnya. Namun, di tengah kebingungannya tersebut Raja pun memutuskan untuk mandi. Ia menyentuh Sabun, handuk, sikat gigi, dan pakaian yang akan ia pakai. Raja lupa jika ia menyentuh sesuatu, yang disentuh akan berubah menjadi emas.

Raja pun sangat kesal karena tidak dapat berbuat apa-apa. Raja pun keluar dari kamarnya, ia memutuskan untuk pergi jalan-jalan. Namun, tiba-tiba datanglah Putrinya dan langsung memeluk Raja. Raja sangat terkejut dan menahan pelukan Putrinya tersebut. Tetapi, seperti biasa. Apapun yang ia sentuh akan berubah menjadi emas. Putrinya pun telah berubah menjadi emas. Raja menangis melihat Putri kesayangannya kini tidak dapat bergerak.

Akhirnya, Raja memohon kepada Dewa Banchus agar semuanya berubah kembali seperti semula. Dewa Banchus pun datang dan mengabulkan permintaan Raja tersebut. Raja sangat bahagia dan segera memeluk Putrinya dengan sangat erat.

Raja mengucapkan rasa terima kasih kepada Dewa Banchus. Sejak saat itu Raja pun sadar dan tidak menjadi orang yang serakah.

Pesan moral dari Teks Cerita Rakyat Dunia : Raja Emas adalah jangan lah jadi orang yang serakah. Selalu bersyukur dengan apa yang kamu miliki akan membuat kamu lebih bahagia.

Baca cerita rakyat dunia lainnya pada artikel kami berikut ini Cerita Rakyat Dunia (Kumpulan Dongeng Dunia) dan Cerita Dongeng Anak Dunia : Legenda Putri Tikus

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.