Cerita Dongeng Legenda Anak Dunia

2759 views

Dongeng legenda anak yang kakak posting malam hari ini berasal dari beberapa negara yang terkenal dengan sejarahnya. Negara pertama adalah India yang merupakan negara dimana peradaban dunia berasal. Dan salah satunya adalah Yunani, tempat dimana banyak sekali contoh cerita legenda tercipta. Penasaran cerita legenda yang kakak posting malam hari ini. Ini dia kisahnya.

Dongeng Legenda Dari India Asal-Usul Pohon Kelapa

Dongeng Legenda Dari India Asal-Usul Pohon Kelapa

Dongeng Legenda Dari India Asal-Usul Pohon Kelapa

Raja Trishanku adalah manusia suci yang ingin masuk surga dengan roh dan badannya sekaligus. Biasanya, hanya roh saja yang bisa masuk surga, sementara badan seseorang akan dikubur dan membusuk di dalam tanah.

la meminta tolong pada Resi Vishwamitra. Resi adalah orang yang bijaksana. Setelah lama berdoa dan berbuat baik, Vishwamitra bersedia membantu keinginan Raja Trishanku.

Pada suatu hari, Raja Trishanku melakukan tapa siang malam selama 40 hari 40 malam. la juga memberikan kurban. Pada hari keempat puluh, roh dan tubuh Raja Trishanku mulai melayang menuju surga.

Ketika itu, Dewa Indra, raja para dewa, memergoki Raja Trishanku berada di gerbang surga bersama tubuhnya. Dewa Indra pun marah. "Kau harus melepaskan dulu rohmu dari badanmu sebelum pergi ke surga," kata Dewa Indra.

Dewa Indra lalu menangkap dan melemparkan Raja Trishanku kembali ke bumi. Di bumi, Vishwamitra melihat Raja Trishanku terlempar dari surga. la berteriak, "Trishanku berhenti di situ!"

Maka, Raja Trishanku melayang di antara bumi dan langit. la tidak bisa ke atas karena ditahan oleh Dewa Indra. la juga tidak bisa jatuh ke bumi karena ditahan Vishwamitra.

Orang India mengatakan, itulah asal-usul pohon kelapa. Vishwamitra tahu jika Raja Trishanku tidak ditahan, ia akan jatuh. la pun menyangga badan Raja Trishanku dengan galah yang panjang.

Galah itu lama-lama berubah menjadi batang pohon kelapa, kepala Raja Trishanku menjadi buah kelapa, dan janggut Raja Trishanku berubah menjadi serabut kelapa.

Pesan Moral dari Dongeng Legenda Dari India Asal-Usul Pohon Kelapa adalah janganlah meminta sesuatu yang bukan hakmu. Syukurilah apa adanya dirimu. Tuhan menyayangi anak yang pandai bersyukur.

Cerita Legenda Rakyat Yunani : Lebah Pekerja dan Lebah Jantan

Cerita Legenda Rakyat Yunani Lebah Pekerja dan Lebah Jantan

Cerita Legenda Rakyat Yunani Lebah Pekerja dan Lebah Jantan

Beberapa ekor Iebah pekerja membuat sarang di dahan pohon ek. Tapi tiba-tiba, Iebah jantan mengakui sarang itu sebagai sarangnya.

"Kami yang membuat sarang itu. Sarang itu milik kami," kata lebah jantan.

“Kalian tidak membuat sarang itu. Jangan pura-pura mengakuinya. Kamilah yang membuat sarang itu," jawab Iebah pekerja.

“Tidak, sarang itu milik kami dan kami akan menempatinya," lebah jantan bersikeras.

Akhirnya, Iebah pekerja mengadukan permasalahan itu pada hakim. Sang hakim adalah seekor lebah tua yang bijaksana. Hakim memanggi, lebah pekerja dan lebah jantan.

"Menurutku, masalah ini bisa diselesaikan. Caranya, masing-masing harus membuat sarang dan madu seperti yang ada di sarang yang kalian perebutkan. Siapa pun yang berhasil membuat sarang dan madu seperti yang ada di sarang itu, dialah pemilik sarang itu," kata hakim.

"Baiklah, kami setuju," kata lebah pekerja.

Tapi, Iebah jantan yang pemalas keberatan, "Aku tidak setuju."

Hakim pun memutuskan, "Ini adalah sebuah tes untuk memutuskan siapa yang membuat sarang itu. Karena Iebah jantan menolak dites, terbuktilah sarang itu sebenarnya milik Iebah pekerja."

Lebah jantan marah dan pergi. Tapi, ia tidak berani melawan Iebah pekerja dan hakim. Jika melawan, Iebah jantan akan dikeroyok oleh lebah lainnya.

Pesan Moral dari Cerita Legenda Rakyat Yunani : Lebah Pekerja dan Lebah Jantan adalah jadilah pekerja keras seperti lebah pekerja. Jangan malas seperti lebah jantan. Dan jika karnu ada perselisihan dengan temanmu, selesaikanlah dengan cara yang baik-baik

Contoh Dongeng Legenda dari Yunani

Contoh Dongeng Legenda dari Yunani

Contoh Dongeng Legenda dari Yunani

Mengapa Kelelawar Takut Keluar Pada Siang Hari?

Dahulu kala, di sebuah hutan, berlangsung peperangan dahsyat antara bangsa burung dan bangsa singa. Telah berpuluh-puluh tahun mereka berperang tapi tidak satu pihak pun bisa dinyatakan sebagai pemenangnya.

Sementara itu, bangsa kelelawar menolak berperang. Mereka selalu berkata, "Kami bukan burung dan bukan pula singa. Jadi, kami tidak akan bertempur untuk satu pihak mana pun."

Suatu hari, bangsa singa berhasil mengalahkan bangsa burung dalam sebuah pertempuran. Para kelelawar terbang menemui bangsa singa dan berkata, "Kami termasuk bangsa singa. Lihatlah badan kami yang mirip singa. Mulai sekarang, kami akan berperang di pihak kalian."

Tiba-tiba, sekelompok besar burung yang perkasa datang dari negeri yang jauh untuk membantu bangsa burung di hutan itu melawan bangsa singa. Pertempuran dahsyat kembali terjadi. Kali ini, bangsa burung yang mengalahkan bangsa singa.

Kelelawar terbang menemui bangsa burung dan berkata, "Kami termasuk bangsa burung. Buktinya, kami punya sayap dan bisa terbang."

Akhirnya, perang berakhir dan semua binatang berdamai. Kelelawar kebingungan, mereka kini menjadi musuh kedua belah pihak. Masing-masing pihak menganggap bangsa kelelawar telah berkhianat dan tidak punya pendirian.

Bangsa singa dan bangsa burung hendak mengeroyok bangsa kelelawar. Kelelawar Ian ketakutan. Sejak saat itulah, kelelawar tidak berani berkeliaran pada slang hari. Mereka hanya muncul jika malam telah tiba untuk mencari makan.

Pesan moral dari Contoh Dongeng Legenda dari Yunani adalah jangan jadi anak yang tidak punya pendirian seperti kelelawar. Lalu, jika kamu berkhianat kepada teman- temanmu, kamu akan kehilangan teman dan tidak punya teman lagi.

Baca cerita cerita legenda lainnya pada artikel berikut ini Cerita Dongeng Nusantara : Legenda Batu Rantai dan Cerita Dongeng Anak Dunia : Legenda Putri Tikus

author

dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.