Legenda Cerita Rakyat India : Asariya, Ular yang Berbisa

Legenda cerita rakyat India sangatlah banyak yang menarik, sama seperti
kumpulan cerita rakyat nusantara. Salah satunya adalah kisah asal muasal kenapa ular berbisa. Memang ini hanyalah dongeng namun cukup menarik untuk disimak. Selamat membaca.

Legenda Cerita Rakyat India : Kisah Asariya, Ular yang Berbisa

Pada zaman dahulu, ada seekor ular berbisa bernama Asariya. Asariya terkenal di seluruh dunia. karena kemampuannya mengeluarkan bisa yang mematikan. Tidak ada ular yang sanggup mengeluarkan bisa seperti Asariya.

Kabar tentang kehebatan Asariya pun rerdengar oleh Raja Ular. Raja Ular ingin sekaIi bertemu dengan Asariya. Ia juga ingin tahu, bagaimana Asariya dapat mengeluarkan bisa, sementan ular lainnya tidak mampu. Bahkan, Raja Ular juga tidak mampu mengeluarkan bisa.

"Pengawal. carilah Asariya dan bawa dia ke istana untuk menghadapku." ujar Raja Ular.

Pengawal pun segera pergi untuk mencari Asariya. Tidak perlu waktu lama, mereka menemukan Asariya.

Legenda Cerita Rakyat India

Tak lama kemudian, mereka sampai di istana. Asariya merasa sangat takjub, karena baru kali ini ia masuk ke istana. Ia pun disambut dengan baik oleh Raja Ular. Bahkan, Raja Ular menyuguhkan berbagai makanan yang lezat untuk Asariya.

"Asariya, aku telah mendengar tentang dirimu. Ceritakan kepadaku, bagaimana kau mampu mengeluarkan bisa yang beracun dari mulutmu? Padahal. dewa ular sudah mengutuk bangsa ular tidak akan dapat mengeluarkanbisa." kata sang raja.

"Wahai baginda, hamba sendiri juga tidak tahu bagaimana hamba dapat mengeluarkan bisa. Hamba hanya melaksanakan perintah dalam mimpi hamba," jawab Asariya.

"Perintah apakah itu?" tanya Raja Ular, penasaran.

Asariya pun menceritakan mimpinya. Ia didatangi oleh dewa ular. Dewa ular meminta Asariya untuk berhenti meminum susu.Asariya pun menjalankan perintah tersebut. Seminggu kemudian, ia kembali didatangi dewa ular dalam mimpinya.

"Sekarang kamu mampu mengeluarkan bisa beracun lagi dari tubuhmu. Jangan pernah sekalipun kamu meminum susulika kamu tidak meminum susu, maka kamu akan menjadi ular berbisa untuk selamanya," kata dewa ular.

Setelah mendengar cerita tersebut, Raja Ular memerintahkan seluruh rakyatnya untuk berhenti meminum susu. Benar saja, bangsa ular kembali berbisa. Sayangnya, ada beberapa ular yang meminum susu. Ular-ular yang meminum susu itu pun tidak dapat mengeluarkan bisa lagi.

Pesan moral dari Legenda Cerita Rakyat India : Asariya, Ular yang Berbisa adalah patuhilah nasihat orang tua, agar kamu menjadi anak yang baik.

Baca juga  kumpulan cerita rakyat pendek yang ada di blog ini. Salah satunya dapat ditemukan pada posting  cerita rakyat lutung kasarung

Jangan lupa ikuti kami di https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.