Cerita Dongeng Rakyat : Itupwa si Pengrajin Kayu

Cerita dongeng rakyat yang akan kami posting di malam hari ini bercerita mengenai Itupwa si Pengrajin Kayu. Sama seperti cerita dongeng anak kami lainnya, cerita anak kali inipun mengandung pesan moral yang baik. Penasaran dengan kisahnya? Yuk kita baca bersama-sama.

Cerita Dongeng Rakyat : Kisah Itupwa si Pengrajin Kayu

Di sebuah tempat yang sangat subur, tumbuh berbagai jenis tumbuhan. Di sana juga ada pohon-pohon yang tinggi menjulang. Pepohonan tersebut dipenuhi dedaunan yang sangat lebat. Saat musim gugur, daun-daun akan berguguran dengan indahnya.

Cerita Dongeng Rakyat : Kisah Itupwa si Pengrajin Kayu

Orang-orang mulai menempati tempat itu. Lambat laun, tempat tersebut menjadi perkampungan. Mereka pun membangun rumah dengan menggunakan pohon-pohon di sana.

Di Ujung kampung tersebut, hiduplah seorang lelaki bernama Intupwa. Ia bekerja sebagai perajin kayu. Intupwa sedang bingung. Ia tidak memiliki alat yang tepat untuk membuat barang dari kayu.

Selama ini, ia hanya menggunakan bebatuan yang tajam. Namun, alat itu tidak bisa membuat barang yang bagus. Intupwa pun tidak puas dengan hasil karyanya.

Intupwa lalu memutuskan untuk pergi berkelana. Ia ingin menemukan suatu alat yang bisa ia gunakan untuk bekerja. Sebenarnya, ia tak tahu tempat mana yang akan ia tuju. Ia hanya terus berjalan mengikuti langkah kakinya.

Saat sore hari, Intupwa merasa sangat lelah. Ia memutuskan untuk beristirahat di bawah pepohonan. Tiba-tiba, Intupwa merasa sangat mengantuk. Ia pun tertidur.

Olala, Intupwa bermimpi. Ia bermimpi tentang suatu benda baru bernama besi. Tak hanya itu, Intupwa juga diberi tahu tentang manfaat besi untuknya. Sayangnya, ia tidak tahu bentuk besi. Saat lntupwa terbangun, ia segera pergi mencari besi

"Aku bermimpi tentang besi. Apakah kau tahu besi dan di mana aku bisa menemukannya?" tanya Intupwa kepada pepohonan.

"Kami tahu besi. Tapi, kami tidak akan memberi tahumu. Karena begitu kau tahu, maka kau akan membuat kapak untuk menebang kami," jawab pepohonan.

Intupwa pun sedih. Kemudian, ia bertanya kepada binatang. Namun, jawaban mereka juga sama seperti pohon. Mereka tahu tentang besi, tapi mereka tidak mau memberi tahu. Mereka takut, Intupwa akan menyakiti mereka dengan besi.

Hingga suatu malam, Intupwa kembali bermimpi tentang besi. Kali ini ia diberi tahu di mana tempat menemukan besi, serta bagaimana bentuk besi tersebut. Rupanya, besi itu ada di pinggir sungai di hutan.

Keesokan harinya, Intupwa bergegas menuju sungai tersebut. Setelah melihat benda yang ia yakini sebagai besi, Intupwa pun langsung mengambilnya.

Dengan telaten, Intupwa membuat besi-bes, tersebut menjadi beberapa alat yang bisa mempermudah pekerjaannya. Namun, tak disangka, banyak orang yang justru memesan berbagai peralatan dari besi kepada Intupwa.

Alhasil, Intupwa pun menjadi kaya raya, tanpa harus menjadi perajin kayu.

Kini, ia telah menjadi perajin besi.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Rakyat : Itupwa si Pengrajin Kayu adalah jika kau memiliki mimpi, maka berusahalah untuk meraihnya. Terus semangat, ya

Baca juga kumpulan dongeng indonesia legenda terbaik kami yaitu cerita dongeng tentang putri raja.

Ikuti kami diĀ https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.