Cerita Rakyat Fabel Dunia : Rumah Kura-Kura dan Burung

Kali ini kembali kami terbitkan salah satu cerita rakyat fabel dunia yang seru dan layak di ceritakan kepada si kecil. Dongeng fabel ini memiliki pesan moral yang baik untuk di petik.

Cerita Rakyat Fabel : Dongeng Kura-Kura Dan Burung

Cerita Rakyat Fabel Dunia Rumah Kura-Kura dan Burung

Seekor kura-kura sedang beristirahat di bawah pohon, di mana seekor burung membangun sarangnya.

Kura-kura berbicara kepada burung itu dengan mengejek, “Betapa rumah kumuh yang Kamu miliki! Itu terbuat dari ranting yang rusak, tidak memiliki atap, dan terlihat Jelek. Yang lebih buruk adalah Kamu harus membangunnya sendiri. Lihatlah rumah saya, yang merupakan kulit saya, jauh lebih baik dan kuat daripada sarang Kamu yang menyedihkan ”.

“Ya, ini memang terbuat dari ranting yang patah, terlihat lusuh karena itu terbuat dari yang saya temukan di alam. Mungkin bagimu ini terlihat jelek, tetapi saya membuatnya sendiri, dan saya menyukainya. “

Advertising
Advertising

“Saya kira sarang kamu seperti sarang hewan lainnya, tidak ada yang lebih baik dari sarang saya,” kata kura-kura itu. “Dan aku tahu kamu pasti cemburu dengan cangkangku.”

“Sebaliknya”, jawab burung itu. “Rumah saya memiliki ruang untuk keluarga dan teman-teman saya, mereka bisa berada disini dan kami saling mengunjungi; Cangkang kamu memang sangat kuat namun tidak ada ruangan untuk orang lain selain Kamu. Mungkin Kamu memiliki rumah yang lebih kuat dan bagus. Tapi saya juga punya rumah yang nyaman dan membuat hidup saya behagia, ”kata burung itu dengan gembira.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Fabel : Kura-Kura Dan Burung ini adalah

Jangan menghina atau menganggap remeh orang lain, semua orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kadangkala lebih baik rumah kecil yang ramai daripada rumah besar yang sepi.

Baca juga cerita rakyat fabel dunia lainnya pada posting sebelumnya yaitu: