Kumpulan Legenda Rakyat Dari Afrika Barat dan Yunani

Sudah banyak kumpulan legenda rakyat dari Yunani pernah kakak posting diblog ini, begitu juga dongeng legenda dari Afrika. Posting kali ini untuk melengkapi koleksi legenda rakyat dari kedua negara tersebut. Dua cerita rakyat Yunani dan Afrika barat ini untuk menyemangati adik-adik minggu ini. Setelah membaca dongeng jangan lupa selesaikan pekerjaan rumahnya yah. Selamat membaca.

Kumpulan Legenda Rakyat Afrika Barat : Anak Yang Tidak Melupakan Ayahnya

Seorang pemburu yang hebat hilang saat berburu. Setelah sebulan tidak kembali, seluruh keluarganya telah melupakannya dan menganggapnya sudah mati. Hanya si anak bungsu yang tetap berharap ayahnya kembali.

"Mana ayahku? Mana ayahku?" Setiap hari, si bungsu terus menanyakan ayahnya. Akhirnya, sang ibu menyuruh tiga kakaknya mencari ayah mereka. Sebelum pergi, ketiga anak itu dibekali ilmu sihir oleh kepala suku.

Berhari-hari, ketiga anak itu mencari ayahnya. Suatu hari, sampailah mereka di sebuah sungai. Mereka menemukan tulang-belulang dan tengkorak manusia. Berdasarkan kalung yang ada di dekat tulang belulang itu, mereka yakin bahwa itu tulang-belulang dan tengkorak sang ayah.

Lalu, dengan kemampuan sihir yang mereka dapatkan dari kepala suku, anak tertua mengumpulkan tulang dan tengkorak menjadi sosok manusia. Anak kedua menempeli tulang dan tengkorak dengan daging dan kulit. Lalu, anak ketiga meniupkan roh sehingga hiduplah kembali ayah mereka.

Kumpulan Legenda Rakyat Afrika Barat

Kumpulan Legenda Rakyat Afrika Barat

Ayah dan ketiga anaknya pulang ke desa dan disambut oleh penduduk desa dengan sukacita. Perayaan besar dilangsungkan untuk menyambutnya.

Dalam perayaan itu, sang ayah membuat pengumuman. "Aku akan memberikan hadiah kepada orang yang telah menghidupkanku kembali!" katanya

Ketiga anak itu langsung berdiri dan masing-masing berteriak, "Berikan hadiahnya padaku karena telah menghidupkan Ayah kembali!"

“Tidak, aku tidak akan memberikan hadiah kepada kalian. Aku akan berikan hadiah kepada si bungsu. Sebab, dia tak pernah melupakan aku. Jika ia tidak menanyakan aku, kalian tidak akan mencariku dan menghidupkanku kembali." Hadiah pun diberikan pada si bungsu.

Semua orang setuju dengan keputusan sang pemburu. Perayaanpun dilanjutkan dengan meriah.

Pesan moral dari Kumpulan Legenda Rakyat Afrika Barat : Anak Yang Tidak Melupakan Ayahnya adalah Sayangilah ayahmu karena ia sudah bersusah payah bekerja untuk memenuhi kebutuhanmu. Lakukan yang terbaik untuk orang yang kamu sayangi dan jadilah anak yang berbakti kepada kedua orang tuamu.

Kumpulan Cerita Rakyat Yunani : Semak Belukar Yang Ingin Jadi Pohon Cemara

Dahulu kala, saat binatang dan pohon bisa berbicara seperti manusia, ada semak belukar yang iri kepada pohon cemara. "Andai saja tubuhku tinggi dan indah seperti engkau, Cemara, aku pasti akan sangat senang dan bahagia," kata semak belukar mengeluh mengenai nasibnya.

"Ya, tentu saja. Cemara bisa menikmati angin dan hujan yang segar. Sementara, engkau hanya mendapatkan angin dan sisa air hujan," kata rubah memanas-manasi.

Tidak lama kemudian, datanglah kura-kura yang bijaksana. "Kau sebaiknya mensyukuri keadaanmu," kata kura-kura.

"Ah, tidak," kata rubah.

"Wajar saja jika semak ingin menjadi cemara. la ingin menjadi lebih baik," lanjut rubah.

"Baiklah, kalau begitu kita tanyakan kepada cemara apakah ia senang dengan dirinya sendiri," kata kura-kura. Lalu, mereka membangunkan cemara yang sedang tidur.

"Cemara, bangunlah!" teriak rubah.

"Ada apa, Rubah," tanya cemara yang terbangun.

"Semak belukar ingin menjadi seperti engkau. Katanya, hidupmu menyenangkan," ujar kura-kura.

"Ah, kalian mengganggu tidurku saja. Katakan pada semak belukar, lebih baik ia menjadi dirinya sendiri," jawab cemara lalu kembali tidur.

Kumpulan Cerita Rakyat Yunani

Kumpulan Cerita Rakyat Yunani

Suatu hari, datang seorang penebang dari sebuah desa. la menebang pohon cemara yang tinggi itu dan memotong-motong batangnya. Matilah pohon cemara itu.

"Lihatlah!" kata kura-kura kepada semak belukar.

"Apakah kau masih ingin menjadi cemara?" ucap kura-kura.

Semak belukar ketakutan melihat nasib pohon cemara. Sejak saat itu, ia tidak mau menjadi pohon cemara lagi. la lebih mensyukuri dirinya sendiri.

Pesan Moral dari adalah syukurilah dirimu apa adanya. Jangan suka iri pada apa-apa yang dimiliki oleh orang lain. Sebab, tuhan telah menciptakanmu dengan sebaik-baiknya.

Temukan legenda menarik lainnya di blog dongengceritarakyat.com ini, kami yakin adik-adik akan menyukainya. Salah satu legenda yang paling kakak sukai adalah 2 Contoh Cerita Rakyat Legenda Paling Populer di Nusantara

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.