Cerita Rakyat Yunani dan Dongeng Eropa

3588 views

Cerita rakyat Yunani yang kakak dongengkan berkisah tentang persahabatan seorang budak dengan Singa. Tentu adik-adik penasaran bagaimana singa yang buas bisa bersahabat dengan manusia. Temukan jawabannya di kisah dongeng Yunani berikut ini. Selain itu Kakak juga akan bercerita dongeng dari Jerman dan Cerita Rakyat Prancis.

Cerita Rakyat Yunani : Persahabatan Androcles dan Singa

Cerita Rakyat Yunani Persahabatan Androcles dan Singa

Cerita Rakyat Yunani Persahabatan Androcles dan Singa

Dahulu kala, pada masa kejayaan Kerajaan Romawi, ada seorang budak yang berasal dari Yunani bernama Androcles. Suatu malam, ia berhasil lari dari rumah tuannya. Ia masuk ke dalam hutan.

Setelah lama berlari, Androcles keletihan. Badannya sudah tidak kuat lagi. Perutnya juga sangat lapar. Ia duduk di bawah sebuah pohon yang rindang. Tiba-tiba, ia mendengar auman seekor singa, "Aurgghhhh..."

Androcles takut sekali mendengar suara binatang buas itu. Dengan sisa tenaganya, ia berlari kencang sekali. Tapi, kakinya tersandung sebuah akar. Saat ia hendak bangun, singa itu telah berada di depannya.

Androcles menutup wajahnya ketakutan. Tapi, singa itu tidak juga menyerangnya. Androcles melihat singa itu mengangkat satu kaki depannya yang terluka. Dengan hati-hati, Androcles memutuskan untuk merawat kaki singa yang terluka.

Paginya, saat Androcles bangun, ia kaget melihat singa membawa bangkai rusa hasil buruannya. Ternyata, singa itu ingin memberi Androcles makanan. Itu cara singa berterima kasih. Androcles kemudian tinggal bersama singa itu di hutan.

Suatu hari, beberapa prajurit Romawi yang berburu di hutan menemukan Androcles dan menangkapnya. Tuan pemilik Androcles marah besar. Ia menghukum Androcles dengan memasukkannya ke arena adu singa.

Saat Androcles masuk arena, keluarlah seekor singa. Tapi, itu adalah singa sahabatnya. Ia tidak menyerang Androcles, justru berlaku sangat jinak.

Melihat itu, tuan pemilik Androcles memanggilnya dan bertanya mengapa singa itu jinak padanya. Androcles menceritakan pengalamannya di hutan. Tuan pemilik Androcles kagum mendengar cerita itu. Androcles akhirnya dibebaskan dan ia pulang ke Yunani bersama singa sahabatnya.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Yunani : Persahabatan Androcles dan Singa adalah siapa yang menanam kebaikan, akan menuai kebaikan. Bahkan, binatang yang buas pun tahu membalas budi pada penolongnya. Oleh karenanya kamupun harus membalas budi kepada orang tua dan orang-orang disekitarmu.

Dongeng Prancis : Pangeran Berhidung Besar

Dongeng Prancis Pangeran Berhidung Besar

Dongeng Prancis Pangeran Berhidung Besar

Dahulu kala, raja membuat lelucon tentang penyihir yang berhidung besar. Penyihir marah mendengar lelucon raja dan mengutuknya, "Raja, suatu saat kau akan punya anak yang berhidung besar."

Benar saja, beberapa bulan kemudian, ratu melahirkan seorang bayi yang berhidung besar. Anak itu diberi nama Pangeran Andre.

Tidak mau mengalah dengan kutukan penyihir, raja memerintahkan para pembantunya agar mengajarkan pada Pangeran Andre bahwa hidung besar adalah hidung yang normal. Sedangkan, hidung kecil adalah hidung yang tidak normal.

Saat Pangeran Andre dewasa, raja menjodohkannya dengan Putri Rosebud dari kerajaan tetangga. Pangeran Andre bersama pembantunya pergi ke istana Putri Rosebud.

Di sepanjang jalan, orang terheran-heran dan tersenyum kecil melihat hidung Pangeran Andre yang besar. Pangeran Andre kebingungan melihat orang-orang itu.

"Mereka iri dengan hidung Anda. Sebab, hidung mereka kecil dan tidak normal," kata pembantu Pangeran Andre.

Keesokannya, Pangeran Andre sampai di istana Putri Rosebud. Ayah Putri Rosebud dan para pembesar istana tertawa melihat hidung Pangeran Andre.

Pangeran Andre kebingungan dengan sikap mereka yang mempermasalahkan hidungnya. "Bukankah hidung kecil mereka yang tidak normal? Mengapa mereka justru menertawakan hidungku?" pikirnya.

Putri Rosebud datang, Pangeran Andre hendak mencium tangannya. Ia tidak bisa mencium tangan sang putri karena terhalang hidungnya yang besar. Akhirnya ia sadar, "Ah, rupanya hidungkulah yang tidak normal," katanya.

Tiba-tiba, hidungnya mengecil. Ternyata, kutukan penyihir itu akan hilang jika Pangeran Andre dengan jujur mengakui keanehan hidungnya. Sejak saat itu, Pangeran Andre dan Putri Rosebud hidup bahagia selamanya.

Pesan Moral dari Dongeng Prancis : Pangeran Berhidung Besar adalah jadilah anak yang jujur. Jangan malu dengan kondisi mu. Sebab, itu adalah ciptaan Tuhan. Jika kamu malu, kamu akan menjadi orang yang tidak percaya diri menyulitkanmu dalam mencapai kesuksesan.

Cerita Rakyat Jerman : Simpleton dan Angsa Emas

Cerita Rakyat Jerman Simpleton dan Angsa Emas

Cerita Rakyat Jerman Simpleton dan Angsa Emas

Simpleton adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Ia dan dua kakaknya adalah tukang kayu. Suatu hari, kakak tertuanya pergi ke hutan dan bertemu manusia kerdil.

"Maukah kau membagi makananmu denganku?" pinta manusia kerdil.

"Enak saja, pergi sana," kata kakak tertua mengusir. Esoknya, kakak kedua Simpleton pergi hutan. Manusia kerdil datang lagi menemuinya.

"Maukah kau berbaik hati membagi makananmu denganku?" katanya pada kakak kedua Simpleton.

"Siapa kau? Berani sekali meminta makananku hardik kakak kedua Simpleton.

Esoknya, Simpleton yang pergi ke hutan. Manusia kerdil mendatanginya juga.

"Kau pasti tidak mau membagi makananmu denganku?" kata manusia kerdil sedih.

"Kenapa tidak? Ayo, makanlah bersamaku," kata Simpleton.

"Aku suka kalau ada yang menemaniku makan," katanya lagi.

Manusia Kerdil senang sekali. Mereka berdua makan dengan lahap. Setelah selesai, manusia kerdil membisiki Simpleton. "Aku akan memberitahumu sebuah rahasia. Kau tebanglah pohon pinus yang besar disana. Kau akan menemukan sesuatu yang luar biasa di antara akar pohon itu," kata manusia kerdil.

Simpleton berterima kasih dan melakukan apa yang dikatakan manusia kerdil. Di sana, ia menemukan seekor angsa emas. Ia membawa angsa emas itu ke rumahnya. Ternyata, angsa emas itu juga mengeluarkan telur emas.

Sejak itu, Simpleton hidup kaya raya. Ia juga berhasil menikahi gadis tercantik di desa dengan memberikan telur angsa emas sebagai hadiah pernikahan.

Pesan moral dari Cerita Rakyat Jerman : Simpleton dan Angsa Emas adalah sayangilah semua makhluk ciptaan Tuhan.Bersikaplah adil kepada semua orang tanpa melihat baik atau jelek. Jika kamu berbuat kebaikan, suatu saat kamu pasti akan mendapat balasan atas kebaikanmu.

Baca dongeng Yunani lainnya pada artikel kakak sebelumnya yaitu Cerita Dongeng Legenda Anak Dunia dan Terjemahan Cerita Dongeng Dalam Bahasa Inggris dari Yunani

 

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.