Kumpulan Kumpulan Dongeng Anak : Roki Si Raksasa

Cerita Roki si Raksasa adalah cerita yang kakak ambil dari kumpulan kumpulan dongeng anak dunia. Ingat kakak sekalu menyisipkan pesan moral yang baik untuk kalian. Simak ceritanya dengan seksama tentu kalian akan tahu apa pesan kasih sayang yang ada didalamnya. Selamat membaca.

Kumpulan Kumpulan Dongeng Anak : Roki Si Raksasa Pemalas

Roki Raksasa sedang bermain tanah di luar rumah. Tangannya sibuk menangkapi cacing yang menggeliat-geliat kegelian. "Hoho, ayo kalian pindah ke pot cabai Ibu," ajak Roki. Belum sempat Roki memindah cacing-cacing itu, tiba-tiba terdengar teriakan Ibu. "Rokiii!"

Roki melepas cacing-cacingnya. Dengan tangannya yang belepotan tanah, dia tergopoh masuk ke dalam rumah.

Barn ... barn ... barn, suara langkah kakinya mengguncang bumi.

Ibu melotot melihat penampilan Roki yang amburadul. Akan tetapi, dalam sedetik, Ibu langsung ingat untuk apa dia memanggil Roki. Telunjuk Ibu mengacung lurus ke kamar Roki yang berantakan.

"Bersihkan sekarang juga!" perintah Ibu.

Roki cemberut. Mukanya ditekuk. "Aku capai, Bu. Kepalaku pusing karena kepanasan," katanya.

Ibu Raksasa tak peduli. "Kenapa kalau main kamu tidak capai? Sedangkan, kalau Ibu suruh membersihkan kamar, kamu pasti bilang capai. Lihat sampah-sampah itu. Kamu jorok sekali, nanti kamarmu didatangi semut."

Roki malah terbahak meremehkan. "Semut, kan, kecil. Mengapa aku harus takut pada semut? Raksasa dan semut, pasti menang raksasa, kan?"

Ibu Raksasa tak peduli dengan jawaban Roki. Dia meninggalkan Roki sambil berpesan dengan tegas, "Pokoknya, kamu harus membersihkan kamarmu."

Roki pun menjawab dengan memonyongkan bibir. Tentu tanpa sepengetahuan ibunya. Jika Ibu tahu, bisa-bisa Roki diomeli selama satu jam tanpa putus. Sepeninggal ibunya, Roki malah bersantai-santai. Dia menemukan perrmen tangkai di bawah bantalnya.

"Wah, lumayan nih, masih bisa dimakan," katanya            sambil mengulum permen itu.

Sambil makan permen, Roki mengambil buku ceritanya. Dia membaca kisah tentang raksasa yang jahat.

"Ih, kenapa tokoh raksasa di buku ini jahat? Padahal, raksasa, kan, baik-baik.

Aku, misalnya."Roki mengguman sendiri. Tak terasa, Roki tertidur. Saat enak-enak tidur, Roki berteriak kencang. "Auuuwww," tanpa sadar, Roki meloncat dari tempat tidurnya.

BUUUM ... Roki tergeletak di lantai kamar. Dia berguling dan berteriak sambil mengorek-korek telinga.

Kumpulan Kumpulan Dongeng Anak

Kumpulan Kumpulan Dongeng Anak

"Hoaa, sakit. Ibuuu ...," teriaknya.

Ibu Raksasa datang tergopoh-gopoh. Dia kaget sekali melihat ranjang Roki yang penuh semut. Permen tangkai Roki lengket di bantalnya. Ibu lebih kaget lagi saat melihat Roki berguling-guling di lantai.

"Hei, jangan berguling-guling begitu. Lihat, perabotan kamar ini jadi berantakan terkena tubuhmu!" tegur Ibu.

"Aku sakit, Bu. Huhu ... telingaku sakit. Sepertinya, dimasuki semut."

Ibu Raksasa terbelalak. Dia buru-buru menolong Roki. Ternyata benar, kuping Roki merah dan bengkak. Ibu melihat beberapa semut masih berkeliaran di sekitar daun telinga Roki.

"Nah, sekarang kamu tahu mengapa Ibu menyuruhmu membersihkan kamar, kan? Sekarang terbukti, kalau raksasa kalah juga pada semut?" kata Ibu sambil menetesi telinga Roki dengan salep anti gatal. Roki mengangguk. Sejak saat itu, tiap pagi Roki selalu merapikan kamar dan menyapu lantai.

Pesan kasih sayang dari Kumpulan Kumpulan Dongeng Anak : Roki Si Raksasa adalah

Pernahkah kalian diomeli Mama gara—gara kamar kalian berantakan?

"Bersihkan kamarmu, sekarang!" Begitu kata Mama.

Apa itu artinya Mama tak sayang pada kalian? Tunggu dulu, tidak perlu berprasangka buruk dulu pada Mama, ya. Jika  Mama cerewet soal kebersihan, artinya Mama sedang melatih kalian untuk menjaga kebersihan dimulai dari kamar kalian sendiri. Sika kamar kalian bersih dan wangi, tentu kalian sendiri yang akan menikmatinya, kan?

Temukan kumpulan dongeng terbaik dari seluruh penjuru dunia lainnya pada posting kakak berikut ini kumpulan dongeng anak

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.