Kumpulan Koleksi Cerita Rakyat Cina Terbaik untuk Anak

Koleksi cerita rakyat yang qberasal dari Cina Negeri tirai bambu di blog ini sangatlah banyak. Kali ini kami akan sajikan dua cerita rakyat Cina yang paling populer. Selain dari Negara Cina banyak juga dongeng anak dari negara lain seperti cerita rakyat india.

Koleksi Cerita Rakyat Cina 1 : Biksu dan Pesuruh

Suatu hari, seorang biksu yang licik terbukti bersalah. Ia pun harus menerima hukuman. Kedua tangan biksu diborgol, agar tak bisa melarikan diri. Setelah dinyatakan bersalah, biksu itu harus dimasukkan ke penjara. Biksu itu diantar oleh seorang pesuruh ke sana.

Di tengah perjalanan, biksu itu melaksankan rencana jahatnya

"Hari sudah malam. Lebih baik kita mencari untuk tempat istirahat terlebih dahulu. Akan kutraktir engkau, kau bisa makan sepuasnya," ucap si biksu kepada pesuruh.

Kebetulan, si pesuruh sudah amat lapar. Ia juga membutuhkan waktu untuk istirahat. Tanpa berpikir panjang, si pesuruh menerima ajakan biksu itu.

Di penginapan, si biksu sengaja memesan banyak makanan enak. Semua yang diinginkan oleh si pesuruh dipenuhinya. Pesuruh itu pun sangat senang. Ia langsung memakan semua hidangan yang ada.

"Makanan ini sungguh enak. Aku tak pernah makan makanan seenak ini," ucap si pesuruh sambil makan. Olala, saat perutnya kekenyangan, ia mulai mengantuk. Pesuruh itu pun tertidur

Inilah kesempatan yang ditunggu-tunggu biksu. Ia bergegas mengambil golok milik si pesuruh, dan memotong habis rambut si pesuruh. Sekarang, si pesuruh sudah botak, persis seperti biksu.

Setelah menggunduli si pesuruh, biksu itu mengambil kunci borgol dan membukanya.

Kumpulan Koleksi Cerita Rakyat Cina
Kumpulan Koleksi Cerita Rakyat Cina

Biksu itu pun terbebas dari borgol, lalu kabur dari penginapan. Namun, sebelum keluar dari penginapan, si biksu mematikan lampu.

Setelah lama tertidur, akhirnya si pesuruh terbangun. Betapa kagetnya ia mendapati penginapan gelap gulita. Ia semakin kaget ketika biksu tahanannya tak ia temukan.

"Hai, biksu! Di manakah engkau?" teriak si pesuruh. Namun, tak ada jawaban.

Olala, saat si pesuruh memegang kepalanya sendiri, terasa botak. Ia pun berpikir bahwa biksu masih bersamanya.

"Rupanya engkau di situ, biksu. Jangan pernah berpikir untuk kabur dariku. Tapi, jika ini kepala biksu, lalu di mana aku?" ucap si pesuruh yang kebingungan.

Itulah akibatnya jika tidak pandai, seperti si pesuruh yang mudah dikelabui oleh biksu.

Pesan moral dari Koleksi Cerita Rakyat Cina 1 : Biksu dan Pesuruh adalah belajarlah yang rajin agar menjadi pintar. Jika kamu pintar, kamu akan sulit dikelabui oleh orang.

Koleksi Cerita Rakyat Cina 2 : Rubah dan Harimau

Harimau berjalan dengan gontai. Itu karena ia kelaparan. Sejak pagi, tak ada binatang yang bisa ia mangsa. Tiba-tiba, Harimau melihat Rubah yang berjalan sendirian.

"Untunglah kau datang, Rubah. Aku sudah kelaparan. Aku akan memangsamu," ucap Harimau dengan garang.

Sebenarnya, Rubah takut. Tapi, ia berusaha tenang dan mencari cara untuk menghindar dari Harimau.

"Jangan ganggu aku, Harimau. Aku hendak menghadiri perkumpulan raja. Kau tahu, Harimau? Aku adalah raja di hutan ini," balas Rubah.

Harimau tak percaya. Ia tak pernah mendengar tentang seekor rubah yang menjadi raja hutan.

"Jika kau tak percaya, aku akan membuktikannya kepadamu. Aku akan mengajak kau keliling hutan. Mereka pasti takut melihatku." Rubah mencoba meyakinkan Harimau.

Ternyata Harimau setuju. Rubah pun mengajak Harimau berkeliling hutan. Tempat pertama yang dituju adalah padang rumput. Biasanya, banyak binatang mencari makan di sana.

Benar saja. Ada banyak binatang di padang rumput. Saat melihat Rubah datang, semua binatang itu lari tunggang-langgang ketakutan. Melihat hal itu, Harimau pun berpikir bahwa Rubah tidak berbohong.

"Lihatlah, Harimau. Apa kau masih belum percaya?" tanya Rubah.

Harimau bingung. Ia masih sangat raga.

"Ajak aku ke tempat lain. Buktikan jika mereka benar-benar ketakutan karenamu." tantang Harimau.

Rubah pun mengajak Harimau ke kawanan banteng. Banteng-banteng itu tampak sedang berendam di sungai. Namun, tiba-tiba mereka berlari ketakutan saat Rubah datang.

Sungguh sulit dipercaya, ternyata Rubah benar-benar ditakuti oleh semua binatang di hutan. Harimau tak sadar, jika para binatang berlari ketakutan bukan karena Rubah, melainkan karena melihat dirinya. Ya! Mereka takut dimangsa oleh Harimau.

Akhirnya, Harimau percaya bahwa. Rubah adalah raja hutan. Ia pun pergi meninggalkan Rubah dengan perut kelaparan. Harimau tak mungkin memangsa raja hutan. Sementara itu, Rubah merasa sangat senang karena berhasil lolos dari Harimau.

Hikmah yang dapat dipetik dari Cerita Rakyat dari Cina 2 : Rubah dan Harimau adalah jadilah anak yang pandai, agar tak mudah dibodohi orang.

Baca juga koleksi cerita rakyat indonesia terbaik kami lainnya seperti cerita rakyat Malin Kundang Jangan lupa untuk ikuti kami di facebook yah https://www.facebook.com/dongengceritarakyat/

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.