Kumpulan Contoh Dongeng Pendek Bergambar

2227 views

Seluruh contoh dongeng pendek hewan bergambar kami masukan dalam kategori kumpulan cerita fabel. Seperti dua dongeng bintang yang akan kami ceritakan kali ini. Selamat membaca.

Contoh Dongeng Pendek : Kus Tikus Penolong

Suatu hari, sebuah masalah besar terjadi. Pipa air di kebun binatang tersumbat. Secara kebetulan, seluruh kegiatan di kebun binatang diliburkan karena suatu alasan. Sementara itu, yang bertugas di sana hanya kakek tua. Ia tidak tahu ada kesalahan semacam itu. Para binatang jadi sangat sulit mendapatkan air. Jika tidak segera diatasi, besar kemungkinan seluruh binatang akan mati.

"Jalan satu-satunya adalah masuk ke dalam pipa, kemudian mencari tahu apa yang menyumbat saluran airnya," ucap Jiji Jerapah.

"Tetapi siapa yang bisa masuk ke dalam pipa? Pipa itu sangat kecil.Tidak mungkin muat untuk kita, bahkan aku," kata Kiki Kelinci.

Semua binatang mencoba. Tapi, tetap tidak bisa masuk ke dalam pipa.

"Aha! KusTikus pasti bisa masuk ke dalam sana," ucap Giro Gajah. Benar, Kus Tikus punya tubuh yang kecil.

"Tapi apa dia mau membantu?" tanya Kiki Kelinci.

Untungnya Kus Tikus mau membantu. Perlahan tubuhnya masuk ke dalam pipa. Terus masuk hingga ke dalam.

"Bagaimana Kus Tikus, apa kau tahu kerusakannya?" teriak Jiji Jerapah.

"Ya, sepertinya gundukan plastik ini penyebabnya. Biar aku gigit dulu agar hancur dan bisa keluar dengan mudah!" seru Kus Tikus dari dalam pipa. Setelah beberapa lama, Kus Tikus keluar dari pipa.

"Coba nyalakan kerannya. Plastiknya nanti akan hanyut," ucap Kus Tikus.

Contoh Dongeng Pendek Kus Tikus Penolong

Contoh Dongeng Pendek Kus Tikus Penolong

Olala... benar kata Kus Tikus.Tidak berapa lama, plastik-plastik yang sudah koyak oleh gigi Kus Tikus keluar. Banyak sekali. Sepertinya ini ulah manusia yang membuang sampah sembarangan, Akhirnya berkat Kus Tikus, seluruh binatang di sana terselamatkan

Pesan moral dari Contoh Dongeng Pendek : Kus Tikus Penolong adalah kemampuan seseorang tidak diukur dari seberapa besar tubuh orang itu. Seperti tikus yang tubuhnya kecil dapat menolong beratus-ratus hewan yang jauh lebih besar dari dirinya

Cerita Dongeng Fabel Singkat : Keanggunan Angsa Saat Menari

Salsa Angsa sangat cantik.Tetapi, dia tidak punya cukup kepercayaan diri. Dia begitu pemalu hingga tidak pernah sekalipun bermain dengan teman-teman yang lain. Karena itulah banyak yang mengira bahwa Salsa Angsa adalah binatang yang sangat sombong.

Mendengar hal itu, tentu saja Salsa Angsa sangat sedih. Dia tidak pernah bermaksud untuk bersikap sombong. Untuk mengatasi masalah itu, ia pun memutuskan untuk menyudahi sifat pemalunya. Sifat itu hanya membuat masalah saja. Kebetulan, keluarga Burung Unta akan mengadakan pesta. Salsa Angsa berniat untuk datang ke sana serta menampilkan sesuatu yang spesial untuk teman-temannya.

Pada hari dilaksanakannya pesta, Salsa Angsa sengaja memakai baju terbaiknya. Ia menyapa satu per satu teman-temannya.

"Ada apa dengan Salsa hari ini? Kenapa ia begitu ramah?" tanya Flo Kupu-kupu, terheran-heran.

"Tidak tahu juga," jawab Kumbang.

Di tengah acara, diadakan pesta dansa. Salsa Angsa ikut acara itu untuk meramaikan.

"Ini untuk teman-teman yang sangat kusayangi selama ini," ucap Salsa Angsa. Lantas ia mulai menari dengan sangat indah. Semua mata tertuju kepadanya. Ia melenggak-lenggok ke sana kemari. Berbagai decak kagum mulai terdengar. Salsa begitu anggun saat sedang menari. Usai menari, ia mendekati teman-temannya.

Cerita DongengFabel Singkat Keanggunan Angsa

Cerita DongengFabel Singkat Keanggunan Angsa

"Sungguh aku tidak menyangka kau bisa

menari sebagus tadi, Salsa," puji Flo Kupu-kupu.

Salsa tersipu malu."Sedari dulu aku tidak punya keberanian dan rasa percaya diri. Bahkan untuk sekadar menyapa kalian. Maaf kalau selama ini aku terkesan sombong. Tapi aku janji akan Iebih baik setelah ini," ucapnya.

Para binatang yang mendengarkan Salsa bicara begitu langsung terdiam. Mereka tidak menyangka bahwa ternyata selama ini mereka salah menduga.

"Oho, tentu saja kami memaafkanmu.Tapi dengan satu syarat. Kau harus mau menari seperti tadi. Karena itu sangat anggun. Dan aku menyukainya," sahut Kumbang.

"Tentu. Aku pun menyukai itu. Karena kepercayaan diriku akan muncul saat aku menari," ucap Angsa.

Begitulah, akhirnya Salsa Angsa memiliki teman dan kepercayaan diri yang ia impikan. Bahkan sekarang Salsa Angsa sudah menjadi penari yang terkenal.

Hikmah dari Cerita Dongeng Fabel Singkat : Keanggunan Angsa Saat Menari  adalah jangan merasa minder, sebab setiap orang memiliki kelebihan. Tinggal bagaimana kita mau menunjukkannya kepada orang lain. Yuk, tunjukkan bakatmu, teman.

author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.