Kumpulan Cerita Dongeng Pendek Untuk Anak

2450 views

Kami tidak akan bosan memposting kumpulan cerita dongeng pendek untuk anak anak Indonesia. Kali ini ada dua cerita fabel yang akan kami persembahkan untuk anda semua. Selamat membaca.

Kumpulan Cerita Dongeng Pendek : Hidup Bersama Memang Sulit

Seekor cerpelai dan seekor kucing bersahabat baik. Mereka selalu berbagi dalam banyak hal. Setiap pagi hingga sore menjelang, mereka selalu bersama-sama. Berbagi makanan dan berbagi isi hati pun mereka lakukan. Pokoknya cerpelai dan kucing sudah seperti saudara yang tidak bisa dipisahkan. Hanya saat malam mereka berpisah, sebab keduanya tidak tinggal bersama.

Suatu ketika, rumah Cerpelai terkena banjir dan tidak bisa ditempati untuk sementara waktu. Kucing yang mengetahui hal itu langsung turun tangan membantu.

Kumpulan Cerita Dongeng Pendek : Hidup

Kumpulan Cerita Dongeng Pendek : Hidup

"Rumahku tidak tersentuh air sedikit pun, Cerpelai. Kau ke rumahku saja. Pasti akan menyenangkan jika kita tinggal bersama," ucap Kucing.

Cerpelai setuju dengan tawaran kucing. Ide untuk tinggal bersama memang sepertinya menarik bagi mereka berdua. Awalnya memang seperti itu. Setiap malam Cerpelai dan Kucing bisa bercakap-cakap sepuasnya. Tapi lama-kelamaan selalu saja timbul masalah di antara mereka berdua. Cerpelai dan kucing jadi sering bertengkar hanya karena masalah sepele. Misalnya Cerpelai yang tidak menaruh barang dengan benar, atau Kucing yang tidak menghargai keberadaan Cerpelai di rumahnya.

Kali terakhir, mereka saling mendiamkan satu sama lain. Sungguh sangat berbeda keadaannya dibanding saat mereka tidak tinggal satu rumah. Suasana jadi tidak menyenangkan lagi.

"Kucing, tadi aku mendatangi rumahku, dan banjir di sana sudah surut. Aku bisa kembali dan membersihkannya," ucap Cerpelai.

Kucing tampak kaget mendengar ucapan Cerpelai.

"Oh, benarkah? Kalau iya, besok kita sama-sama membereskan rumahmu, Cerpelai," sahut kucing.

Setelah Cerpelai tidak lagi tinggal di rumah Kucing, entah kenapa keadaan kembali membaik. Mereka pun coba membicarakan hal itu saat sedang berada di tepi sungai.

"Sepertinya kita memang lebih cocok jadi teman akrab dibandingkan hidup bersama seperti kemarin, Kucing," ujar Cerpelai.

"Benar. Sulit ternyata berbagi segala hal walaupun dengan teman sendiri, hehehe...," sahut Kucing yang disambut dengan gelak tawa Cerpelai.

Pesan moral dari Kumpulan Cerita Dongeng Pendek : Hidup Bersama Memang Sulit adalah merasa nyaman dengan orang lain saat berbicara dan bermain berbeda rasanya dibanding nyaman jika hidup bersama dalam satu rumah atau satu kamar.

Dongeng Fabel Singkat Anak : Koala Yang Menggemaskan

Koala adalah binatang yang sangat unik. Dia punya tubuh kecil, tetapi matanya bulat dan besar. Siapa pun yang melihatnya pasti gemas pada koala.

Tersebutlah koala yang hidup di sebuah kebun binatang ternama di kota. Setiap kali manusia datang, maka para manusia itu pasti akan rnengelus-ngelus koala dengan penuh kasih sayang. Sikap manusia membuat penghuni kebun binatang lain merasa iri kepada koala. Mereka mencoba berbagai cara untuk menyingkirkan koala. Tetapi selalu gagal. Penjagaan untuk koala memang diperketat.Tapi setiap kali penjaga lengah, binatang-binatang itu akan coba menyakiti koala.

"Hai badut! Kamu bangga ya sudah jadi kesayangan manusia?! Kamu itu masih kecil, Koala!" ucap Ular sambil mendesis.

Dongeng Fabel Singkat Anak : Koala

Dongeng Fabel Singkat Anak : Koala

"Aku... aku salah apa? Mereka yang mau sama aku, kenapa kalian marah?" tanya Koala, ketakutan.

“Kami marah, karena kamu tidak seharusnya menjadi pusat perhatian! Hanya karena wajahmu yang sendu, kamu jadi disayang dan diistimewakan,"  ucap Kura-kura.

Mereka terus-terusan mengancam Koala agar tidak dekat dengan manusia. Jika mereka melihat Koala masih mau bermain dengan manusia, maka ketika manusia sudah pulang semua, para binatang itu akan mendatangi Koala. Ular mempertegas ancamannya dengan melilit tubuh Koala. Koala jadi sangat ketakutan. Tak seharusnya Ular dan teman-temannya melakukan itu.

Sejak saat itulah setiap kali ada manusia yang menyentuhnya, Koala langsung menjauh. Jadi, sekarang Koala hanya bisa dilihat saja dan tidak boleh disentuh.Tetapi nyatanya koala tetap diminati. Bahkan anak-anak sering membawa boneka koala saat berkunjung ke kebun binatang. Oh, kasihan koala yang menggemaskan.

Sejak saat itu pula para binatang dipisahkan kandangnya.Tetapi, hal itu tetap saja tak membuat koala menjadi dekat lagi dengan manusia.

Pesan moral dari Dongeng Fabel Singkat Anak : Koala Yang Menggemaskan adalah menjaga ketenangan orang lain itu harus. Teman-teman jangan suka mengerjai teman, ya. Jika bermain bersama, berbagilah kasih sayang agar temanmu nyaman berada bersamamu.

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.