Kumpulan Cerita Rakyat dari Dunia Dongeng

1197 views

Dunia dongeng adalah dunia yang sangat menarik untuk anak-anak. Menbaca dongeng atau dibacakan dongeng akan membuat anak menjadi memiliki imajinasi. Seperti telah kita ketahui imajinasi merupakan sumber kreativitas dan inovasi yang sangat dibutuhkan ketika si anak sudah besar nanti. Oleh karenanya mari kita perkenalkan dunia dongeng kepada anak-anak sejak dini.

Dunia Dongeng Cina : Dibalik Anugerah dan Bencana

Di perbatasan Cina sebelah utara, ada seorang bapak yang baik. Suatu hari, tanpa sebab yang jelas, kudanya pergi ke wilayah suku-suku utara yang telah lama menjadi musuh Kerajaan Cina. Semua orang merasa kasihan kepada si bapak.

Tapi, si bapak tidak bersedih. "Mungkin kejadian ini akan berubah menjadi anugerah," katanya.

Dunia Dongeng Cina  Dibalik anugrah dan bencana

Dunia Dongeng Cina Dibalik anugrah dan bencana

Beberapa bulan berlalu. Si bapak tidak Iagi memikirkan kudanya yang hilang. Tiba-tiba, kuda itu kembali dengan membawa seekor kuda lainnya. Semua orang mengucapkan selamat kepada si bapak.

Namun si bapak tidak terlalu bersuka cita. Ia tetap rendah hati. "Mungkin anugerah ini akan berubah menjadi bencana," kata si bapak.

Putra tunggal si bapak senang sekali naik kuda. Suatu kali, ia terjatuh dari kuda dan kakinya patah. Semua orang merasa kasihan pada si bapak.

Tapi, si bapak tetap bersabar dan tidak patah semangat. "Mungkin kejadian ini akan berubah men- jadi anugerah," kata si bapak.

Sebulan kemudian, suku-suku utara menyerang Kerajaan Cina. Semua anak muda yang sehat di- panggil untuk ikut berperang. Anak si bapak tidak diwajibkan ikut perang karena kakinya patah akibat kecelakaan berkuda.

Seorang ibu mendatangi si bapak sambil menangis. "Kau sungguh beruntung, Bapak. Anakmu tidak harus pergi berperang. Sementara, anak kami harus berperang. Entah kami akan melihatnya lagi atau tidak," kata ibu itu.

Si bapak mencoba menghibur ibu itu. "Sabarlah, mungkin kejadian yang menimpa kalian akan berubah menjadi anugerah," kata si bapak.

Pesan moral dari Dunia Dongeng Cina : Dibalik anugrah dan bencana adalah jangan mudah puas dengan anugerah yang kamu terima. Jangan iri pada nasib baik orang lain. Syukurilah nikmat yang Tuhan berikan kepadamu. Kemudian, bersikaplah rendah hati, bukan rendah diri. Sebab, rendah diri itu tidak percaya diri. Tidak percaya diri merupakan sifat yang tidak baik.

Kumpulan Dongeng Dunia : Gadis Penjual Korek Api (Denmark)

Pada malam Natal yang dingin bersalju, ada seorang gadis kecil berpakaian compang-camping sedang menjual korek api.

"Ibu, belilah korek api ini," tawarnya kepada seorang ibu yang lewat. Tapi, si ibu itu tak menghiraukannya.

Kumpulan Dongeng Dunia Gadis Penjual Korek Api Denmark

Kumpulan Dongeng Dunia Gadis Penjual Korek Api Denmark

Malam mulai larut, tidak satu korek api pun terjual. Akhirnya gadis itu pulang. Saat ia menyeberang jalan, sebuah kereta kuda berlari kencang sekali.

"Hyaaa! Awaaaaas!" teriak orang yang ada di kereta kuda tersebut. Gadis kecil itu melompat karena terkejut sehingga korek apinya jatuh berserakan. la pun segera memungut dan merapikannya.

Si gadis kecil berjalan lunglai. la melihat sinar terang dari jendela sebuah rumah. la mendekatinya. Penghuni rumah yang hangat itu sedang bersuka cita menikmati hidangan Natal. Gadis kecil itu meneteskan air mata.

Malam bertambah larut, salju yang dingin turun semakin deras menerpa tubuh gadis kecil itu. La duduk menggigil menahan dingin. Agar lebih hangat, gadis kecil itu menyalakan korek api jualannya, "Crrrs." Dalam nyala api, muncul bayangan berbagai macam makanan.

"Wow, enaknya," ucap si gadis kecil. Tetapi, saat apinya padam, bayangan makanan menghilang.

Gadis kecil itu menyalakan korek api lagi. Tiba- tiba, ia sudah berada di bawah pohon Natal yang besar.

"Wow! Ini lebih indah dibandingkan dengan pohon Natal di rumah tadi," ujar si gadis kecil.

Saat apinya padam, hilanglah bayangan pohon Natal itu. Lalu, gadis itu menyalakan korek api lagi. Tiba-tiba, muncul nenek yang dirindukannya. la memeluk neneknya dan berkata, "Nenek, sudah lama aku ingin bertemu."

Gadis kecil itu menceritakan kepedihan yang dialaminya. "Nenek, jangan pergi lagi. Bawalah aku ke tempatmu."

Saat korek api akan padam, si gadis kecil segera mengumpulkan korek api yang tersisa, lalu menyalakan semuanya. Tidak lama, ia dan neneknya melayang naik ke langit.

"Nenek, kita mau pergi ke mana?" tanya si gadis kecil.

°Ke tempat Tuhan berada. lbumu telah menyiapkan makanan yang enak untuk kita di surga." Gadis kecil itu tertawa senang.

Pagi harinya, orang-orang yang lewat menemukan gadis penjual korek api tertelungkup di dalam salju. Gadis itu telah meninggal dunia karena kedinginan dan kelaparan pada malam Natal.

Pesan moral dari Kumpulan Dongeng Dunia : Gadis Penjual Korek Api (Denmark) adalah jadilah anak yang dermawan dan biasakan memberi sedekah kepada orang miskin. Kasihanilah mereka yang hidupnya sengsara. Orang yang suka bersedekah, akan rnendapat tempat istimewa di sisi Tuhan.

Baca cerita dongeng dunia lainnya pada artikel kami berikut ini Kumpulan Dongeng Dunia Terbaik – Edisi Dongeng Mancanegara dan Contoh Cerita Pendek Anak – Dongeng Dunia

Video anak islami
author
dongeng cerita rakyat adalah orang tua yang sangat yakin bahwa dengan membacakan dongeng untuk anak akan membuat ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak semakin kuat. Sebagian besar dari isi blog ini kami terjemahkan dari cerita dongeng dunia dan sebagian lagi merupakan legenda yang ada di masyarakat Indonesia. Jika anda merasa dongeng anak atau cerita rakyat yang ada di blog kami melanggar hak cipta, mohon bantuan untuk mengisi form dan informasikan cerita anak mana yang melanggar tersebut. Akan kami hapus pada kesempatan pertama.